Ranking

Selasa, 14 Januari 2014

BELAJAR DARI " LEBAH "

BELAJAR DARI " LEBAH "

Tak ada waktu tanpa belajar, yach itulah kalimat yang pas untuk kita semua. Mengapa demikian? karena setiap saat kita dapatkan hal yang baru, hal yang kemaren belum kta dapatkan. Dan inilah yang menjadikan kita akan merasa haus akan ilmu itu, semakin kita tahu ternyata semakin bodohlah kita. Ternyata masih banyak sekali hal-hal yang belum kita ketahui. Ini pula yang menunjukkan betapa luasnya ilmu Allah SWT.

Contoh yang sederhana saja misalnya, ketika melihat seekor lebah. Apa yang kita dapatkan dari seekor lebah itu. Mungkin saja karena terbiasa melihatnya jadi gak ada yang istimewa  tentang lebah itu. Padahal jika kita mencoba sedikit memperhatkannya pasti akan menemukan ilmu yang sangat bagus darinya.

Coba perhatikan ketika lebah itu makan, apa yang dimakan lebah itu. Oh ternyata lebah itu makan sesuatu yang sangat baik, yang bersih dan sangat enak. Nah,   dari situ mestinya kita semua pengin mencontoh ketika makan maka kita hanya akan makan makanan yang baik atau istilahnya halalan toyyiban.


Yang kedua bahwa ketika yang dimakan adalah sesuatu yang baik jelas saja yang dikeluarkannyapun harus baik juga. Lebah mengeluarkan madu yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Melihat itu ada baiknya ketika kita sudah mengkonsumsi barang yang baik maka yang kita keluarkanpun juga harus baik maksudnya kalo lebah mengeluarkan madu kita mengeluarkan perkataan yang baik, ucapan yang baik, tidak memfitnah, tidak bohong dan lain sebagainya. 



Yang ketiga ketika lebah itu hinggap di dahan ataupun ranting ternyata lebah tak merusak dahan atau ranting tersebut. Demikianlah lebah mengajarkan kepada kita bahwa dimanapun kita berada kita tidak boleh membuat kerusakan. Entah itu dirumah, di tempat kerja ataupun dimana saja. Justru yang bisa kita lakukan keberadaan kita hendaklah bisa membawa manfaat yang besar bagi lingkungan yang kita tempati.



Yang terakhir bahwa lebah itu juga bisa marah, dan ketika marah maka kemanapun musuh lari akan dikejarnya. Demikian pula kita bila ingin mencontoh perilaku lebah ketika melihat suatu ketidakadilan misalnya kita akan kejar terus agar supaya masalah itu bisa tuntas, meski resiko yang diterima itu sangatlah besar. Demi kehormatan, demi kebenaran dan demi kebaikan kita rela untuk mengorbankan jiwa kita.




1 komentar:

  1. ye betul2..terkedu sekejap..sgt tersusun penuh makna..

    lama juga tak berkunjung kesini..

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...