Rabu, 27 Februari 2013

UNTUNG RUGI KEHIDUPAN

UNTUNG RUGI KEHIDUPAN

Ditanya siapa yang pengin untung pasti semua akan mengatakan bahwa semua ingin beruntung, sebaliknya jika ditanya siapa yang ingin rugi pastilah tak seorangpun menginginkan rugi. Padahal untung dan rugi adalah sebuah kemestian yang terjadi dalam kehidupan kita ini. Untung dan rugi silih berganti menemani  dan akrab dengan kita.

Namun sob, kita semua tentunya berharap supaya keberuntungan itu tetap ada dalam diri kita baik di dunia ini sampai akhirat nanti, kenapa demikian ? 

Ada empat kelompok yang memungkinkan kita untuk masuk didalamnya. Yang pertama adalah kelompok yang Untung di dunia Untung pula di akhirat ( UD UA ). Untung di dunia artinya kelompok ini dari sisi duniawi serba kecukupan, segala fasilitas dalam kehidupan sudah ada dari mulai yang kecil sampai yang besar, dari mulai yang sederhana sampai yang mewah semua ada. Sementara kelompok ini juga aktif dalam Ibadah, dakwah dan berbagai macam kegiatan amal sosial yang lainnya. Singkatnya kelompok ini meski duniawinya kecukupan tapi tak melupakan bagian akhiratnya.

Yang kedua untung di dunia akan tetapi rugi di akhirat ( UD RA ). Masih ada kelompok yang secara duniawinya serba kecukupan tak satupun yang kurang, namun kelompok ini melupakan bagian lain yang mestinya lebih baik dari pada sekarang yang mereka nikmati. Bahkan hari-harinya dihabiskan untuk menumpuk harta kekayaan dan seolah hidup hanya di dunia saja. 

Kelompok yang ketiga rugi di dunia untung di akhirat ( RD UA ), Artinya kelompok ini dari sisi duniawi tak begitu berada, yang ada dan sering kita jumpai bahwa sehari bekerja untuk mencari nafkah namun dihari itu juga hasil yang diperoleh seharian itu habis untuk menghidupinya. Namun demikian kelompok ini tidak lantas melupakan kehidupan setelahnya, masih ada keyakinan bahwa hidup didunia hanya sementara masih ada kehidupan yang kekal dan abadi, dan satu keyakinan lagi bahwa semua itu sudah dijatah oleh Allah SWT.

Dan kelompok yang keempat adalah kelompok yang rugi  di dunia rugi pula di akhirat ( RD RA ). Tentunya kita tidak berharap masuk dalam kelompok ini. Hidup di dunia serba kekurangan dan juga tidak mememperhatikan atau masa bodoh terhadap kehidupan yang akan datang. 

Begitulah sob, sedikit peringatan semoga bermanfaat...


Selasa, 26 Februari 2013

RUMID....

RUMID....





Siapa juga yang ingin rumit sich...gak ada kan? yang ada semua urusan itu simple, sederhana dan tak berbelit-belit. Eh....itu kan RUMIT lain dengan judul diatas RUMID, ya iya lah...kalau diucapkan kedengarannya hampir sama tapi kalau ditulis berbeda dan maknanya pun juga berbeda. Tapi saya yakin kalau yang RUMID pasti banyak orang yang suka, Mau tahu ya ?

Sob, RUMID yang saya maksud adalah RUMAH IDEAL, nah dah tahu kan ? tapi apa ya yang dimaksud rumah ideal itu? apakah rumah yang sekarang kita huni sudah termasuk ideal, atau bahkan tidak ideal sama sekali ya ?

Rumah ideal itu kalao menurut saya sich ada beberapa kriterianya, yang pertama bahwa rumah itu dibangun atas dasar takwa, artinya tidak mungkin kan di dalam sebuah keluarga dalam mengarungi kehidupannya tanpa masalah, nah rumah yang didirikan diatas dasar ini jika terjadi perseilisihan maka semau akan dikembalikan pada rujukan yang benar yaituu Al Qur 'an.

Yang kedua rumah ideal itu adalah rumah yang luas dari segala sisi. Baik sisi material ataupun nonmaterial. jauh dari pemborosan, baik berupa makanan, minuman maupuin perabotan rumah tangga itu. Dan yang perlu diingat bahwa yang dilarang dalam agama kita adalah sikap berlebih-lebihan.

Yang ketiga rumah itu harus mencerminkan kebersihan penghuninya. Rumah yang senantiasa bersih dari segala macam kotoran dan juga dihuni oleh orang-orang yang mencintai kebersihan, baik itu kebersihan lingkungannya maupun kebersihan jiwanya. Bisa kita bayang kan rumah yang demikan ini begitu nyaman dan teduhnya jika kita berada didalamnya.

Yang keempat bahwa rumah ideal itu rumah yang dibangun atas dasar SAMARA ( Sakinah, mMwaddah wa Rahmah ). Banyak dari kita yang menginginkan keluarga yang dibina menjadi keluarga yang samara. Sebab prinsip ini merupakan pondasi awal untuk membentuk masyarakat, dan masyarakat tidak lain adalah kumpulan keluarga atau rumah tangga. Salah satu hal yang ringan dan sering dilakukan adalah bagaimana kita membiasakan salam jika masuk ataupun keluar rumah dan selalu diahdirkan senyum dalam keluarga itu.

Yang kelima adalah jika rumah itu bisa dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak-anak kita dan bisa memberi rasa tanggung jawab pada setiap anggota keluarga. Jelas sekali disisni bahwa setiap anggatoa keluarga masing -masing mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda beda dan tentunya juga tanggung jawab yang berbeda juga. Namun yang terpenting bagaimana kita memaksimalkan semua anggota keluarga kita supaya bisa tahu akan tanggung jawab ataupn amanah yang dilakoninya.

Demikanlah seharusnya, rumah bagi setiap muslim harus mampu memberikan ketenangan syaraf dan jiwa kepada penghuninya. DAn dengan demikian kebahagiaan berumah tangga akan terwujud.

Nah bagaimana dengan rumah anda??????






Minggu, 24 Februari 2013

DUIIT,.....DUIIT......

DUIIT,.....DUIIT......

Duit....
Duit duit yang namanya duit yo
Duit duit duit semua butuh duit

Dicari-cari setiap hari
Ditunggu-tunggu setiap minggu
Bahkan dinantikan setiap bulan gajihan
Duit duit aku perlu duit
Duit duit semua orang butuh duit

Wiiich, dangdutan nich ye.... Masih ingt kan sob potangan lagui diatas? tu lagunya mas Alam....

He he mang paling enak jika lagi ngomongin masalah duit ya,.... gak ada salahnya juga kan sob, karena setiap saat, setiap waktu kita disibukkan aktivfitas yang berujung pada UUD, tahu kan   apa itu UUD..? Ya tahu lah UUD itu kan Undang Undang Dasar,  bukan itu maksudku UUD itu Ujung Ujungnya Duit. Tidak semua sich kegiatan itu harus ber UUD, akan tetapi kebanyakan yang dilakukan haruslah menghasilkan Duit. semoga saja kita bisa membagi waktu kapan kita kerja untuk cari duit dan kapan kita berusaha dan beraktiviftas untuk sosial dan yang lainnya. Artinya kelas kita bukan lagi kelas SD ( Semua dihitung Duit ).

Nah sob, kali ini saya akan berbagi DUIIT sama kalian mau gak nich, ..tapi ingat setelah kebagian jangan lupa lho pilih no.....he he koq malah kampanye sich...ya nggak laah. DUIIT di sini bukan sembarang duit, bukan recehan dan juga bukan lembaran kertas. Tetapi DUIIT yang mempunyai arti lebih dari itu, apa ?

D ( Doa), yang jadi pertanyaan kita sekarang adalah pernahkah kita berdoa? kapan ? dan berapa lama kita berdoa? kemudian kepada siapa kita berdoa? ini yang harus kita jawab bersama. Sob, doa yang kita senandungkan setiap saat merupakan bentuk kelemahan yang ada dalam diri kita. Sebagai manusia biasa tak mungkin semua keinginan dan keperluan kita bisa terpenuhi jika kita tidak memohon pada Nya. Berbahagialah orang - orang yang selalau berdoa kepada Tuhan Nya, karena keyakinan kita setiap doa yang kita ucapkan akan terkabulakan asalkan memenuhi syarat-syaratnya. Kalaupun belum diberikan disini aka diberikan nanati di Akhirat. Insya Allah......

U ( Usaha ), doa saja tidak cukup haruslah dibarengi dengan berusaha. seorang murid jika menginginkan mendapatkan nilai yang baik  selain berdoa tentunya juga harus belajar. Demikian juga seorang yang menginginkan dapat uang selain berdoa tentunya juga harus bekerja., meskipun semua itu sudah ada jatah dari Nya.... 

I ( Iman ) , tanpa yang satu ini semua apa yang kita  lakukan tidak lah mempunyai nilai disisi Allah SWT. maka sudah sepantasnyalah jika dalam setiap waktu senantiasa ita meningkatkan keimanan kita pada Allah, dengan melaksanakan segala perintahn Nya dan menjauhi segala larangan Nya. Dan yang lebih penting lagi bahwa salah satu nikmat Allah terbesar yang diberikan kepada kita adalah nikmat iman, harapan kita bersama-sama semoga nikmat ini akan tetap kita miliki sampai bertemu Allah kembali.

I ( Ikhlas ) , semua amal tanpa dilandasi dengan ikhklas nampaknya akan menjadi sia-sia. Apapun yang kita lakukan niat ini haruslah ada. Mau bekerja, berkarya, sampai ngeblogpun demikian juga. Apalah artinya jika semua yang kita lakukan tanpa didasari dengan niatan yang suci yaitu mencari keridhoaan Allah SWT. Bisa-bisa yang kita lakukan hanyalah sebuah fatamorgana.

T ( Taqwa ) inilah merupakan puncak dari segala amal ataupun aktivitas yang kita lakukan. Taqwa merupakan derajat yang paling mulia disisi Allah SWT. Mestinya ini yang harus kita upayakan semua yang kita lakukan bermuara pada UUT ( Ujung Ujung nya Taqwa ) bukan UUD ( Ujung Ujunnya Duit )

Begitu sob, gimana apakah kalian mau DUIT ?











U

Jumat, 22 Februari 2013

BACA QUR'AN YUK......

BACA QUR'AN YUK......

Membaca koran jadi kebutuhan, yeah yeah sedang Al Qur'an cuma perhiasan,.......lanjutin sendiri ya...

Masih ingat kan sobat, penggalan lagu dari bang Haji itu,....so pasti dong. Lagu itu mengingatkan kita semua betapa dizaman sekarang ini banyak orang yang membaca koran, majalah ataupun yang sejenisnya bauk cetak ataupun elektronik setiap waktu, akan tetapi melupakan bacaan yang mulia yaitu membaca Al Quran. Sampai segitunya ya membaca koran dijadikan sebagai kebutuhan sedangkan Al Qur'an yang semestinya wajib dibaca justru menjadi barang perhiasan, hanya menjadi pajangan di ruang tamu dan nyaris tak tersentuh oleh empunya.

Jujur saja sob, berapa lama kita membaca artikel, berita dan mungkin juga cerita yang ada didalam majalah ataupun koran yang ada, coba bandingkan dengan interaksi kita dengan Al Quran. Wow.....sungguh tak terbandingkan? Kita asyik membaca majalah, ( Cetak, Elektroniok ) bisa berjam-jam lamanya, sementara untuk membaca Al Quran maksimal seperempat jam. Atau bahkan kurang dari itu. Sungguh malu diri ini....

Sebenarnya kita semua sudah pada tahu koq, seperti apa sich  perumpamaan orang yang membaca Al Quran itu. Ada empat kelompok yang sering disebutkan di dalam beberapa keterangan yang menjelaskan masalah itu.

Yang pertama Mukmin yang membaca AL Quran itu Diibaratkan sama dengan buah Utrujah mungkin kalau di sini bisa disebut juga dengan buah  Limau. Tahu kan sob, buah Limau tu apa? Buah itu terasa Manis, Baunya pun juga sedap. Orang lainpun pada suka buah itu. Artinya jika kita rajin membaca Al Quran Insya Allah banyak yang sujka dengan kita. Tipe semacam ini mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak, mudah-mudahan saja kita masuk golongan ini.



Yang Kedua Mukmin yang tidak membaca Al Quran sama dengan buah Kurma, Manis akan tetapi tak berbau. Sama dengan yang diatas masih terasa manis akan tetapi tidak berbau. Nah, sob mungkin tipe yang kaya gini juga masih banyak lhoh.... Banyak alasan yang di sampaikan salah satunya aku gak mau baca Al Quran sebab capek sudah seharian kerja, aku gak baca Al Quran sebab sibuk ndak ada waktu untuk itu.



Yang ketiga Munafik yang membaca Al Quran ibarat Minyak Wangi. Wangi, harum baunya akan tetapi pahit rasanya. Masih ada orang munafik yang membaca Al Quran akan tetapi yang mendapat kebaikan adalah orang yang mendengarkannya sementara dia sendiri tidak ngefek dengan apa yang di bacanya.



Yang keempat Munafik yang tidak membaca Al Quran ibarat buah Handholah ( seperti Labu ), pahit juga tidak berbau. Tidak ada orang yang menyukainya.


Nah, begitu sob beberapa perumpamaan orang yang baca Al Quran,..masih kah kita malas untuk membacanya ????...



Rabu, 20 Februari 2013

MANUSIA VS HP

MANUSIA  VS HP







Apa sich judul koq gak bermutu banget, ..mang ada apa manusia koq dilawan HP. Trus kira kira scornya berapa ya...?

Sob,..ngomongin maslah Hp sekarang sudah hal yang biasa, artinya siapa sich hari gini yang tak punya HP, Ya ada juga yang belum punya tapi jumlahnya mungkin tinggal sedikit jika dibandingkan dengan oarang yang punya HP. Bahkan satu orang saja bisa mempunyai dua atau tiga Hp sekaligus . (bukan conter lhoh), Gak percaya ? coba hitung sendiri saja berapa jumlah HP yang ada dirumah anda ?

Sebenarnya antara manusia dan hp itu banyak kesamaannya lhoh..., tetapi karena seringnya kita pegang kadang-kadang pesan dari hp itu sendiri kurang difahami banyak dari kita. Yang biasa ni baca pesan (sms/mms) yang ada di hp.

Nah,...sob, kali ini saya akan mencoba membandingkan antara manusia dengan Hp, tapi ingat  ya jika nanti ada yang kurang tolong ditambahi jika lebih tolong dikembaliin. okey......

Yang pertama kalau manusia itu terdiri dari berbagai macam suku, bangsa dan kabilah juga berbagai macam warna kulit, ada yang putih, kuning merah, sawo matang kuning dan hitam sebagaimana  demikian juga HP itu juga bermacam merek, dan ukuran serta warna yang bermacam-macam. ya kan  ..?

Yang kedua jika Manusia itu bisa beraktifitas, demikian juga HP. Cuman maslahnya bahwa disini tidaklah pernah disamakan antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh ada tipe manusia yang hidupnya hanya untuk makan saja bahkan punya prinsip bahwa hidup ini untuk makan, atau makan untuk hidup. Padahal yang benar itu hidup untuk ibadah. Ada pula yang lebih dari itu banyak kegiatan yang dilakoninya, sehingga waktu yang tersedia habis untuk aktifitas itu. Atau mudahnya sekarang HP sudah banyak aplikasinya tidak sekedar untuk nelpon atau sms an saja, itu ibarat manusia yang banyak aktifitasnya. Nah,...tinggal kita itu termasuk tipe hp yang mana ya..? anda lah yang bisa menjawab.....

Namun perlu disadari juga meskipun sama-sama kita punya masa aktif. tapi ada perbedaan yang signifikan, apa itu ? kalau manusia hanya dikasih satu nyawa artinya satu itu habis ya sudah kita kembali kepada Nya,   ( ingat akan masa aktif anda, segera bertobat sebelum terlambat.) Sedangkan Hp ada Bateray nya yang bisa diisi ulang ( di Charge ). Setiap habis bisa diisi ulang. Disinilah mengapa saya katakan penting, karena  salah dalam menempuh hidup yang hanya sekali maka penyesalan yang akan kita terima. Dan penyesalan itu datangnya selalu diakhir. Tentunya kita semua tidak menginginkan penyesalan itu.... iya kan sob.?






Selasa, 19 Februari 2013

ISTRI KAYA BAGI SUAMI MISKIN...

ISTRI KAYA BAGI SUAMI MISKIN...





Jujur saja sob, judul diatas itu AKU BANGET Lhoh,.....Jika dibandingkan dengan saya istri punya banyak kelebihan termasuk kelebihan dalam harta, karena istilah kaya itu sering diartikan dengan banyaknya harta benda, ya kan sob.... Tapi itulah istri saya yang sudah menemani aku selama delapan belas tahun dan telah memberikan saya empat permata hati. Dan hal lain yang aku banggakan darinya ia tak pernah berubah sikapnya terhadap diriku, apapun keadaannya istri ku selalu setia menemaniku. Terima kasih istriku....

Diantara ciri khas istri yang setia adalah ia akan tetap bersikap sama, baik ketika kaya ataupun miskin. Istri harus selalu berusaha membantu atau ikut ambil bagian dalam segala aktifitas yang ditempuh suaminya. Sebagaimana kisah Asma Binti Abu Bakar yang bekerja keras membantu meringankan beban suaminya. Sejarah telah pula mencatat untuk kisah tentang kesetiaan seorang istri.

Ada seorang Arab dari Bani Uzrah mengadukan Marwan bin Hakam kepada Muawiyah bin bi Sufyan. Marwan saat itu bertugas di Madinah. Dia ingin menceraikan pasangan suami istri itu karena Marwan jatuh cinta kepada istri pasangan itu. Istri lelaki itu memang masih cantik sehingga wajar jika Marwan berkeinginan untuk menikahinya.

"Jandamu ini akan kunikahi kelak," kata Muawiyah bergurau ketika pasangan itu menghadap.
"Ini untukmu wahai Amirul Mukminin,"kata laki-laki itu penuh keyakinan dihadapan istrinya.

Sambil memandang kepada wanita tersebut, Muawiyah berkata : "Wahai perempuan yang berbahagia? Siapakah yang lebih kau cintai? Aku, Amirul Mukminin dengan kohormatan, kemegahan, kemuliaaan ataukah Marwan bin Hakam dengan kemarahan dan kezalimannya? atau justru dengan kemelaratan dan kecompang-campingannya? "(pria itu memang mengenakan pakaian compang--camping).

Sambil memandang suaminya, wanita itu menyenandungkan puisi :
"Walau compang-camping dan lapar,
Bagiku pemuda ini lebih mulia daripada keluargaku juga tetanggaku,
Lebih mulia dari paduka ataupun Marwan dan pegawainya, 
Lebih mulia dibanding semua orang pemilik dirham dan dinar'"

"Demi Allah, wahai Amirul Mukminin! Bukan karena dirham aku menghinakannya. Aku senang hidup bersamanya. Akulah yang lebih berhak bersabar untuk menemaninya, baik dalam keadaan senang maupun susah, longgar maupun sempit yang semua itu atas ketentuan yang telah digariskan Allah untukku bersamanya."

Muawiyah tertegun dan kagum dengan jawaban itu. Akhirnya pasangan itu diberinya hadiah 10.000 dirham yang disamakan dengan sedekah-sedekah Baitul Muslimin.

Begitulah sob istri yang setia, bagaimana dengan anda?


Senin, 18 Februari 2013

MOODS, GAIRAH, SEMANGAT....

MOODS, GAIRAH, SEMANGAT....



Tiga kata yang berbeda tapi bisa jadi semakna, ..pada postingan kali ini saya akan sampaikan pada teman-teman semua semoga saja salah ya......lho koq gitu karena kalau salah temen temanlah yang mau koreksi tulisan ini he he....

Mood, siapa sich yang tak kenal kata ini.., saat inipun saya lagi mood untuk menulis, sehingga lancarlah jari jari ini diatas keybord lagian ide tetep juga mengalir dari otak. Bisa dibayangin jika saja rasa ini tak ada dalam diri ini tak mungkinlah bisa nulis semacam ini. Anda pun demikian kan, jika lagi mood maka ide -ide itu akan tertuang begitu cepatnya. Sebaliknya jika lagi gak mood maka susah sekali menuangkan ide ide kita menjadi sebuah postingan. Yang ada barangkali jika lagi malas hanyalah baca-baca atau pun BW dan itupun sebentar saja. Coba bandingkan jika lagi mood posting, baca BW semua dilakuinya. Ya kan...? Tapi ingat sob, gimana rasanya jika saja lagi ada ide, tiba-tiba saja terus dihentikan karena suatu sebab, sehingga ide itu tertunda,,.....pernah kan?

Gairah, ini juga rasa yang sering berkecamuk dalam diri kita, ada saat nya kita bergairah tapi juiga terkadang tidak bergairah. Salah satu contoh jika sepasang suami istri lagi gairah-gairahnya terus kemudian juga dibatasi dengan waktu ataupun jadwal apa pula yang terjadi. Bisa bayangin gak nih....... Yahhh...meski pun juga pada akhirnya mendapatkannya akan tetapi tidak seperti ketika disaat-saat yang bergairah itu. Sama akan tetapi berbeda.......

Semangat,  ada hubungannya dengan kerja kita, namun sob, bisa kita rasakan dalam satu minggu ini hanya beberapa hari saja kita bersemangat untuk bekerja selebihnya  biasa-biasa saja bahkan terkesan mengendor. Apa penyebabnya ? andalah yang lebih tahu tentang diri anda masing-masing. Artinya semangat seseorang itu tidak bisa kita jadwalkan, hari ini kamu harus semangat...misalkan saja demikian, Gak mungkin kan.?

Jadi, pesan yang ingin saya sampaikan disini bahwa manusia itu punya perasaan, dan perasaan itu muncul tidak dihari-hari yang sudah ditentukan,,,,,?, Terkadang sudah kita jadwalkan, bisa jadi hari itu hari keberuntungan kita tapi juga bisa jadi kita belum beruntung...

Minggu, 17 Februari 2013

NOCAN...., CALL 42443 PASTI TENANG!!!!!

NOCAN...., CALL 42443 PASTI TENANG!!!!!


Apa sich No Can itu......, tentunya sobat sudah pada tahu apa itu No Can..., yang jelas bukan NONA CANTIK lho.... trus apa pula call 42443 itu koq bisa menjadikan tenang.???

Sob, No Can yang kumaksud disini adalah nomor cantik, sedangkan nomornya ya itu 42443. Setiap kita bakalan dijamin merasakan ketenangan dech jika saja mau mengcalling no itu. Cuman permasalahannya berapa kali sobat telpn ke no 42443 itu dalam sehari, lalu berapa kali sobat kirim sms ke no tadi. yang tahu sobat sendiri. 

Ingatlah sob, no 42443 itu sama ketika kita melaksanakan sholat lima waktu Isya' (4) , Subuh (2), Luhur (4), Ashar (4), dan Maghrib (3). Dimana disetiap waktu pagi, sore, petang dan malam senantiasa kita berasyik masyuk dengan Sang Kekasih. Dalam waktu itu seolah tiada yang lain kita kenal kecuali hanyalah si Dia. Dia yang Maha segala-galanya. Alangkah ruginya jika dalam waktu itu kita tidak bia menggunakannya dengan sebaik-baiknya, bahkan tragisnya masih ada yang melupakan Dia, tidak mempunyai No ini, lalu bagaimana bisa dikatakan cinta kalau tak pernah telpon.

Sholat adalah merupakan Mi'roj nya orang Islam, didalamnya kita bisa berdialog langsung pada Nya.....semua keluhan semua yang kita rasakan nampaknya hanya Dia lah yang berhak kita keluhi atas segala permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini. Disinilah mengapa saya katakan kita seolah menelpon langsung karena sholat itu menghubungkan kita dengan Allah.

Sedangkan SMS yang saya maksud adalah sudah berapa Dzikir kita lakukan, baca Tasbih, Tahmid, dan Takbir dalamm sehari semalam. Ini penting kita lakukan. Kenapa? semakin banyak sms yang kita kirimkan maka semakin banyak pula bonus yang akan kita dapatkan. Insya Allah......

" INGATLAH HANYA DENGAN MENYEBUT ALLAH HATI INI BISA TENANG "

Nah, gimana sob?  saya harap anda  selalu meng call ke no cantik itu dan senantiasa kirim SMS sepanjang masa.....Okey...?






Jumat, 15 Februari 2013

BUAH ITU MENYEHATKAN LHOH....

BUAH ITU MENYEHATKAN LHOH....

Siapa sich yang tak pernah makan buah ??...tentu jawabnya nggak ada lah.... masa hari gini masih ada yang belum makan buah. Bukankah sekarang sangat mudah untuk mendapatkannya? harganya terjangkau dan barangnya pun sangat banyak melimpah disekitar kita... ya kan sob ?

Nah,  pada postingan kali ini saya ingin berbagi buah dengan kalian, semoga saja buah yang saya sajikan ini betul-betul bermanfaat bagi anda semua.....

Yup,..makan buah tidak hanya menyehatkan  dan menyegarkan jasmani kita akan tetapi juga rohani kita harapannya setelah kita mengkonsumsinya akan berpengaruh terhadap perilaku kita . Masih ingat kan betapa Allah telah memerintahkan kita untuk memakan sesuatu yang halal dan tayyib. Kalau kita bisa memakan buah itu siap untuk melakukan perubahan. Buah apa saja.....mau tahu nih.....

Okey, sob.... simak baik-baik yaaa ?

1. APEL   :  Antusias dalam Pelajaran



Tahu kan sob, ...hidup ini semua mengandung pelajaran, setiap saat setiap waktu kita kan banyak mengambil pelajaran dari sebuah peristiwa dan kejadian. Apapun yang terjadi merupakan sebuah pelajaran yang berharga bagi kita semua. Antusias dalam pelajaran ini akan membawa kita pada kehidupan yang baik, Insya Allah...

2. ANGGUR  : Anda Gemar Bersyukur
Seperti yang kita lihat buah Anggur itu bergerombol, banyak dan rasanya pun manis, semakin kita bersyukur semakin bertambah nikmat yang kita dapatkan, begitu kan sob  ?

3. BELIMBING  : Belajar Imbang Membimbing


Banyak hal yang harus kita lakukan ketika kita membimbing anak-istri kita, belajar dari buah ini banyak sisi yang perlu kita coba untuk menuju kebaikan. satu sisi belum bisa berhasil bisa ditempuh dengan sisi yang lain. sebagaimana belimbing banyak sisinya (lingirnya)

4. DURIAN : Durhaka Itu Dijauhkan

Durhaka merupakan dosa yang besar wajib kita menjauhinya. Sebagai orang tua ataupun anak tdk pantas kita durhaka kepada ortu kita. kalau ingin dihormati anak-anak kita jangan sekali kali berani pada ortu kita .

5. JERUK  : (Jangan Berbuat Buruk)

Berbuat buruk akan menjauhkan kita dari Sang Pencipta, berbuat buruk juga akan mendapat balasan setimpal dengan perbuatannya. Sudah saat nya meningggalkan hal-hal yang buruk....yuk..

6. KATES : Jauhi Berprasangka dan Protes

Hindari prasangka dan jauhi protes, terlebih berprasangka dan protes terhadap pemberian Allah, sikap yang benar bagaimana kita menjadi hamba yang Nrimo ing Pandum, alias Qonaah. 

7. MARKISA : ( Mari Kita Sabar )

Sabar suatu sifat yang sangat terpuji, jarang orang yang mau bersabar terhadap kondisi yang dihadapinya, yang terjadi adalah banyak mengeluh, bahkan tak jarang keluhannya ditulis di Du May. Dengan buah ini semoga saja kita bisa bersabar terhadap sesuatu yang menimpa kita..

8. MELON  : ( Menolong Orang Lain)

Menolong orang lain merupakan juga sifat sekaligus akhlaq yang terpuji. Menolong tidak harus dengan uang. Tapi apapun yang orang lain butuhkan sementara kita punya kita wajib untuk menolongnya. Sebaik- baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

9. MENTIMUN  : ( Menuntut Ilmu Tak Banyak Melamun )

Ilmu bisa kita dapatkan dimana mana.bisa lewat penglihatan kita lewat pendengaran kita dan semua perangkat yang telah diberikan Allah pada kita. Cuman permasalahnaya sejauh mana kita sudah memaksimalkan panca indra kita itu untuk menuntut ilmu.

10. PISANG ; ( Pantang Iri, Sombong dan Angkuh )


Inilah ketiga sifat yang harus kita jauhi. ISA ( iri, sombong, angkuh) hanya akan menguras energi kita sia-sia. Jadilah pisang yang mencerminkan kelembutan luar dalamnya bahkan semua orang akan menyukainya.

11.RAMBUTAN : (  Ramah, Lembut tak Marahan )

Rambutan memang berambut. rambutnya juga indah. Apalagi sekarang lagi musimnya rambutan. harapan saya sich semoga saja setelah makan buah ini menjadi ramah lembut dan tak lagi marahan.

12. SALAK : ( Selalu Baik Dalam Bertindak )

Selalu baik dalam bertindak. Jadi ingat pesan pak Ustadz Wa la tamutunna illa wa antum Muslimun ( jangalah kamu mati kecuali dalam Islam). Bertindak Baik sampai ajal menjemput karena kita tidak tahu kapan ajal itu datang.

13.STRAWBERYY : ( Selalu Taat Rajin Memberi )

Hidup dalam ketaatan merupakan hidup yang sangat menyenangkan, memberi pun juga perlu dilakukan. Semakin banyak kita memberi akan semakin terbuka pintu rizqi kita,, Insya  Allah...

14. SAWO  : ( Sayang Walaupun Orang Benci )

Sayang sifat yang mulia, sayang tidak hanya khusus di bulan Februari saja. Bahkan sayang itu tidak terbatas pada teman akan tetapi juga pada musuh-musuhnya. Sebagaimana diajarkan Baginda Rasulullah ketika berdakwah di Thaif, meski masyarakat di situ membencinya akan tetapi Rasulullah tetap menyayanginya. Kalaupun tidak sekarang boleh jadi generasi setelahnya.

15. SEMANGKA ; ( Semangat Berkarya )

Hidup harus kita penuhi dengan karya kita. Meski karya kita tak sehebat  dan sebaik karya orang lain. akan tetapi Berkarya merupakan hal yang sangat penting. Apalah artinya hidup jika tanpa berkarya. Sekarang mungkin karya kita belum berarti tapi yakinlah suatu saat karya ini akan menjadi sesuatu yang sangat berharga dilain wakktu. Insya Allah....

16. TOMAT ;  (Tobat Maksiat )

 Berapa kali kita maksiat ? berapa kali kita bertobat ?  ingat- ingatlah akherat.!Tobatlah sebelum terlambat .....itu kata wali...

17. TALAS ; ( Tak Lagi Malas )

Malas bukanlah sifat yang baik, malas hanya akan membawa kesusahan sang pelakunya. Malas belajar mendapat nilai yang jelek, malas bekerja tak kan mendapatkan pendapatan ( gaji), apalagi malas beribadah ya......



Senin, 11 Februari 2013

KENAPA DIK...PRIA SUKA SELINGKUH ???

KENAPA DIK...PRIA SUKA SELINGKUH ???

Adinda, jangan tuduh aku selingkuh, karena aku bukan bang Toyyib,...aku cinta Allah, Yank....masih adakah....harga diri, rasa hati........ Weleh koq malahan nyebutin lagunya wali sich, mang ada  apa dengan judul diatas. 

Seperti yang sering dikatakan sebagian orang, kata selingkuh diartikan selingan keluarga utuh, yaah..mungkin ada yang cocok dengan pendapat ini. Tapi bagiku selingkuh itu selingan keluarga yang mau runtuh. Siapa sich.. yang menginginkan keluarganya runtuh,,,? gak ada kan..?. jika saja ada masalah dalam keluarga anggap saja itu sebagai bumbu dalam mengarungi bahtera keluarga. Karena betapapun tanpa dibumbui ini juga kurang sedap. Lagian kalo saja ada bumbunya justru kita bisa menikmati indahnya berkeluarga sekaligus merasakan semua bumbu itu. baik berupa cinta, kasih sayang hatta cemburu...... rasanya lebih enjoy jika bumbu bumbu itu bercampur menjadi satu...... meski tak menutup kemungkinan hanya ada satu bumbu yang disukai ... ndak maksa koq...terserah kalian semua. Setiap kepala punya selera yang berbeda kita harus menghormati pendapatnya.

Seorang suami atau katakanlah pria bisa melakukan perselingkuhan, bukan karena tanpa sebab, akan tetapi suami ( pria ) itu bisa selingkuh dikarenakan beberapa hal berikut ini :

1. Karena seks
Menurut para wanita, pria akan berselingkuh bila mereka memiliki kesempatan untuk mewujudkannya. Biarpun kehidupan cintanya bahagia, tapi bila ada wanita yang mau berhubungan intim dengannya, kenapa tidak? bahkan pria bisa menjalin kontak seksual tanpa harus punya perasaan dengan wanita lain.

2. Karena lebih mudah ketimbang memperbaiki hubungan
Pria berselingkuh karena malas. Ketimbang memperbaiki hubungan yang sedang terancam krisis dengan pasangan sahnya, ia lebih memilih menjalin hubungan baru dengan wanita lain. Sebab, butuh keberanian besar bagi pria untuk mengakui bahwa ada hal yang salah dalam hubungan yang dibinanya.

3. Untuk memenuhi kekurangan yang terdapat dalam hubungan sekarang
Ketika ada sesuatu yang kurang dalam hubungan yang sedang dijalin sekarang, pria cenderung berselingkuh. "Kekurangan" itu bisa jadi terletak dalam seks atau komunikasi yang tidak sehat. Bila tidak bisa ngomong dengan istri, mudah baginya untuk berpaling ke wanita lain yang bisa memberikan hal itu.

4. Karena mereka egois
Banyak pria berselingkuh hanya karena mereka tidak matang, serakah, dan tidak tahu cara menunjukkan respek terhadap terhadap pasangannya. Boleh jadi mereka juga egois, dan mereka pikir hanya mereka yang mempunyai perasaan, kebutuhan, dan nafsu-nafsu yang dipuaskan. Tak jadi soal siapa yang terluka, selama mereka memperoleh apa yang mereka inginkan. ( Hannie K. Wardhanie )

Minggu, 10 Februari 2013

ADA APA DENGAN FEBRUARI?

ADA APA DENGAN FEBRUARI?

Satu pertanyaan yang mesti kita jawab, ada apa sih  di bulan Februari, saya rasa biasa aja koq, gak ada yang special., ada hari Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya.......hemmm kalo itu sich semua kita juga sudah tahu. gak penting dibicarakan lagi.

Eh..tapi tunggu sebentar sob, kayaknya memang ada yang istemewa dech, di bulan itu. Apaan sich? jadi  penasaran nih, eh..jangan sok tidak tahu.. paling kalian juga sudah pada ngeh, iya kan?

Sob,  pada bulan ini, biasanya banyak warna pink dan coklat laris manis dimana- mana. Majalah-majalah pada ramai ngomongin soal cinta dan kasih sayang, acara televisipun juga demikian maraknya, dan yang paling menghebohkan anak-anak muda berpesta dengan tema-tema cinta, bahkan di seminar keislamanpun juga ngebahas masalah ini, Apa ya ?

Valentinan sob, ! Valentine 's Day yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Dan inilah yang selalu dididentikan dengan CINTA...

Nah sob, tahukah sobat apa sih sebenarnya Valentine;s Day itu,?. 
Mungkin ini sedikit informasi buat anda semua semoga saja tidak asal ikut dalam acara yang tidak kita ketahui. Sebab semua yang kita dengar, kita lihat pasti akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. sebagaimana firman Nya dalam Surat Al Isra' : 36. " Dan janganlah kamu mengikuti sesutau yang kamu tidak ketahui ilmunya. Karena pendengaran, penglihatan dan hati pasti akan dimintai pertanggungjawaban."

Ada beberapa versi yang dikaitkan dengan asal-asul Valentine Day, diantaranya adalah bahwa 14 Februari adalah hari untuk menghormati Juno di masyarakat Romawi kuno. Juno adalah ratu para dewa dewi Romawi. Dia juga dikenal sebagai Dewi para Perempuan dan Perkawinan. hari berikutnya, 15 Februari adalah festival Lupercalia. 

Suatu aktifitas terkenal selama festifal ini adalah penarikan nama. Pada malam sebelum festifal, nama-nama dari gadis gadis Romawi ditulis pada secarik kertas dan dimasukkan kedalam botol-botol. Para pemuda itu nantinya akan mengambil secarik kertas dan menjadi pasangan selama festival dengan gadis yang namanya terpilih. Sering pasangan antar muda-mudi itu berjalan setahun, kemudian saling jatuh cinta dan nikah pada akhirnya.

HARI SANTO VALENTINE

Negeri Romawi pernah diperintah oleh Kaisar Claudius II, kaisar kejam yang membatalkan semua pertunangan dan perkawinan di Romawi demi kebesaran kekuatan militernya (Claudius II percaya bahwa menikah kan melemahkan semngat juang ). Saat itu, Santo Valentine (seorang pastor) bersama dengan Santo Marius dan para martir Kristiani lainnya menikahkan pasangan Romawi secara sembunyi-sembunyi. Ketika ketahuan, Santo Valentine dihukum secara kejam, yaiotu dipukuli dengan tongkat sampai mati dan dipenggal kepalanya. Hukuman ini terjadi pada tanggal 14 Februari ketika orang-orang Romawi mempersiapkan festival Lupercalia.

Jadi, untuk mengenang jasa dan pengorbanan Santo Valentine serta menghormati tradisi rakyat, para pastor Romawi menentukan tanggal 14 Februari sebagai Hari Santo Valentine. Sekarang ini, hari tersebut lebih dikenal sebagai Hari Valentine. Ketika hari itu datang, manusia sedunia, terutama kawula mudanya menyambut dengan antusias.

Nah, sekarang sobat tahu kan asal asul Valentine Day? Yup.,..ia berasal dari ajaran Kristen Romawi, jadi gimana kamu? masih mau ngikutin juga? coba di rasakan dech, betapa saat itu Claudius II memiliki cara pandang yang salah tentang pernikahan. Ia menganggap pernikahan itu melemahkan semangat juang, tetapi dalam Islam pernikahan justru dianggap sebagai syarioat yng kan membawa para pelakunya untukl mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan yang oleh karenanya ia bersemangat untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT.



Jumat, 08 Februari 2013

BBM an YUK........

BBM an YUK..........

Hemmm... sekarang lagi musimnya BBM ya..., gimana kalau BBM sama aku, mau gak? . Sob.....aku nagajak kamu BBM an bukan tanpa alasan, banyak yang ingin akau katakan lhoh.... okey gak usah terlalu berbelit belit ...yuk kita  mulai,...

BBM  : Banyak Banyak Membaca, sob dengan banyak membaca akan banyak informasi yang didapatkan, dengan banyaknya info pada akhirnya juga akan berpengaruh terhadap perilaku kita. Pilih bacaan yang baik dan bermanfaat.

BBM  : Banyak Banyak Menulis, Menulis merupakan sebuah ungkapan rasa hati yang ingin disampaikan setelah kita membaca atau mendapatkan info, banyak hal yang kita dapatakan ketika kita sedang menulis. sob tentunya lebih tahu akan hal ini......

BBM  : Banyak Banyak Mendengar, Kenapa harus banyak mendengar ? salah satu hal  yang perlu kita perhatikan adalah Allah telah memberikan kita dua telinga dan satu mulut, artimya kita diharapkan lebih banyak mendengar dari pada ngomong.

BBM  :  Banyak Banyak Melihat, tentunya melihat keindahan ciptaan Allah, karena dengan demikian banyak hal yang akan kita dapatkan dari ini. semakin bayak yang kita lihat semakin dekatlah kita dengan yang menciptakan Nya. Itulah harapan kita semua.

BBM  :  Banyak Banyak Melakukan amal sholih, bersegeralah untuk berbuat kebaikan sebelum ajal itu menjemput. Rasanya tidak ada ruginya jika saja mau beramal yang sholih, karena semua akan mendapat  balasan dari Allah 

BBM  : Banyak Banyak Merenung, merenung dalam arti kita bermuhasabah diri, untuk menghitung amal kita, bukan amal orang lain. semakin banyak kita merenung akan kita temukan berbagai kekurangan yang ada dalam diri kita sehingga kedepannya kekurangan itu bisa kita tutupi dengan amal yang baik.

BBM  : Banyak Banyak Menangis, menangis bukan tanpa alasan, tapai menangis yang beralasan karena lalai dalam ketaaatan misalkan, karena tidak mamapu melakukan amal kebaikan atau  sebaba-sebab yang lainnya. intinya  kita sebagai manusia tentunya tidak luput dari salah dan dosa. paling tidak kita menangis karena banyak salah dan dosa yang kita lakukan.

BBM  : Banyak Banyak Mohon ampunan dari Allah, so pasti sob semua pernah bahkan sering maksiat . makanya penting untuk memperbanyak istighfar ( mohon pengampunan dari Allah ), semoga saja kita termasuk Hamba Nya yang Bertaubat ya....

BBM  : Banyak Banyak Memberi, seberapapun pemberian dari Allah, tentunya ada sebagian yang harus kita berikan kepada orang lain, karena itu memang haknya. memberi juga tidak harus berupa harta akan tetapi bisa juga dengan ilmu dan tenaga juga fikirian kita, masih ingat kan kita bahwa sebaik baik orang itu adalah yang bermanfaat bagi orang lain?.

BBM  :  Banyak Banyak Memaafkan, betapa dalam kehidupan kita sering bersinggungan dengan orang lain yang pada akhirnya terkadang kita tidak nyaman dibuatnya. oleh karena itu sikap inilah yang harus kita tanamkan dalam diri kita semua sehingga satu kesalahan yang dilakukakan teman kita tidak akan menjadi masalah yang panjang karena kita selalu membuka pintu maaf baginya...

Rabu, 06 Februari 2013

KENAPA MESTI MENANGIS....?


KENAPA MESTI MENANGIS....?






Suatu ketika aku dapati istriku sedang menangis, lalu kutanyakan padanya kenapa kamu menangis dik...? Dengan suara agak berat istriku menjawab :” aku hanya pengin nangis saja mas,…..mendengar jawaban itu akupun bingung, banyak pertanyaan yang aku ajukan dalam hatiku apakah karena sikapku istriku jadi menangis ataupun apakah karena pemberianku yang menjadikan istriku menangis dan apakah…. apakah masih banyak lagi pertanyaan yang belum terjawab. Baru beberapa hari setelah kejadian itu aku mencari-cari penyebab kenapa istriku menangis tanpa sebab yang aku ketahui. Ternyata kudapatkan jawabannya ketika aku membaca sebuah buku yang isinya bahwa seorang yang menangis itu disebabkan beberapa hal terkadang karena rindu, takut, sedih, kasihan ataupun menangis karena bahagia.

Sebab pertama orang menangis itu karena kerinduan, yaitu ketika sedang membaca kemudian disana ditemukan tokoh yang yang dielu-elukan derajatnya yang tidak dimilikinya, sehingga ia menangis maka inilah yang dimaksud dengan tangisan kerinduan dan ini rupanya jawaban yang aku peroleh ketika istriku setelah membaca buku lalu ia menangis.

Yang kedua menangis karena takut, yaitu ketika seorang itu dihadapkan dengan berbagai dosa kemaksiatan yang diperbuatnya dan masih menunda-nunda untuk bertaubat, kemudian ia menangis maka tangisan ini karena takut.

Yang ketiga menangis karena sedih, yaitu ketika seorang dihadapkan dengan kekurangan-kekurangan yang ia tidak mampu menyempurnakannya, lalu ia menangis maka inilah yang disebut dengan tangisan kesedihan.

Yang keempat menangis karena kasihan, yaitu ketika muncul dihadapannya kesempurnaan orang yang dicintainya dan ia melihat jalan untuk menujunya tertutup, lalu dia menangis karena merasa kasihan.

Yang terakhir menangis karena bahagia, yaitu ketika muncul dihadapannya kesempurnaan kekasihnya, sementara ia sibuk dengan yang lain, lalu apa yang di dengarnya itu mengingatkan kesempurnaan kekasihnya. Kemudian terbayanglah keindahannya lalu ia melihat pintu terbuka dan jalan sangat jelas. Sehingga ia menangis karena merasa senang dan bahagia dengan apa yang dilihatnya.

Yang jelas bahwa penyebab tangisan adalah kuatnya keinginan dan lemahnya untuk mencapainya. Ini adalah tangisan orang yang benar-benar tulus. Sementara tangisan itu ada yang tulus ada pula yang munafik.

Nah, sob gimana apakah anda pernah menangis,,?

Selasa, 05 Februari 2013

Berbekalah........



Berbekalah........
berbekalah untuk hari
yang sudah pasti
sungguh kematian adalah
muara manusia

relakah dirimu
menyertai segolongan orang
mereka membawa bekal
sedangkan tanganmu hampa

Rasulullah bersabda
perbanyaklah mengingat
akan pemusnah segala
kenikamtan dunia

itulah kematian......
yang kan pasti datang
kita tak tahu waktunya
kan pasti menjelang

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               





































Minggu, 03 Februari 2013

SIAPA AKU...?

SIAPA AKU...?

Aku bukanlah kamu, dan kamu juga bukan aku, aku adalah aku dan kamu adalah kamu. Setiap kali aku bercermin nampak sekali seluruh tubuhku dari ujung rambut sampai keujung kaki. Jika aku ingin melihat bagian belakangku cukup aku pasang cermin dibelakangku. Itulah aku.....

Aku melihat, memperhatikan setiap langkahku, setiap gerakanku, setiap ucapanku dan apa saja yang  selalu aku lakukan setiap hari. Itulah aku....

Aku bukanlah orang yang berpendidikan tinggi karena memang tak pernah duduk di bangku kuliah, aku juga bukan seorang pendekar karena tak pernah belajar di padepokan dan aku juga sudah tua meski dulunya muda. Itulah aku.... aku dalam gambaran yang sebenarnya.

Akan tetapi orang lain memandangku lain, justu aku dianggap orang yang berpendidikan tinggi (S2), seorang ahli bela diri dan masih muda terus. Ini anggapan kebanyakan orang disekitarku. Pernah suatu ketika dalam majlis pengajian yang dihadiri oleh para haji. Waktu itu mengadakan suatu acara pertemuan rutin, dan disana aku diamanahi untuk memberikan kultum (ceramah singkat). Singkat cerita selesai kultum, salah seorang peserta menanyakan pada ku : " pak njenengan kuliah ten pundi? ( Pak, kuliah dimana? ) dengan jujur aku katakan bahwa saya tidak pernah kuliah, saya hanya mengikuti kuliah pagi saja. Eh...ternyata jawabanku ku yang jujur itu kurang memuaskan. Lalu bertanya lagi pap panjenengan sampun S2 nggih, mendet jurusan nopo? ( Pak, sudah S2 ya, mengambil jurusan apa? ). Nah....untuk pertanyaan ini aku jawab ngampuntene pak kulo mboten S2 naming kulo sampun S3 ( Sd, SMP,SMA) becanda..... Supaya tidak berlarut-larut maka aku katakan bahwa aku adalah salah satu murid dari teman bapak Kyai Abdullah.

Lain lagi dengan yang satu ini,...aku memang suka olah raga, aku juga sering mendaki gunung, dan masih banyka lagi yang ku suka, namun aku tak pernah berguru pada seorang guru di sebuah padepokan. Ternyata orang lain pun salah menduga aku mereka katakan bahwa aku itu seorang pendekar. (pendek dan kekar). Yah...ini juga tidak serta merta mereka menduga aku sebagai pendekar. Slah satu contoh yang bisa aku ceritakan disini. Waktu itu anak anak didik sekolahku yang menjadi juara ditrunamen bela diri tingkat kabupaten, trus waktu ke kantor anak itu minta aku untuk push up, pak coba e njenengan push up kuat berapa kali, oke...aku mengiyakan permintaan anak itu kebetulan pas waktu istirahat jagdi tidak menganggu pekerjaanku. Nah....apa yang terjadi ternyata anak itu kaget ketika aku bisa push up dengan berbagai gaya > waduhh......mudah-mudahan gak sombong ya....dari situ dia menyimpulkan bahwa aku seorang pendekar.

Begitulah sob, sebenarnya aku tahu bahwa aku ya aku sebagaimana yang aku pahami. Namun tidak bagi orang lain, terkadang orang lain memandangku tidak seperti aku yang aku pahami tentang aku. Bagaimana dengan sobat semua...?





Sabtu, 02 Februari 2013

AKIBAT MAKSIAT...

AKIBAT MAKSIAT...

Maksiat....yah sebuah kata yang sering terdengar ditelinga kita, bahkan tanpa kita sadari saat inipun kita juga terjebak dengan kemaksiatan itu. Potensi kita untuk melakukan maksiat berbanding dengan potensi kita untuk melakukan ketaatan. Semua perangkat yang telah di berikan Allah yang berupa panca indra, semua mempunyai potensi untuk itu. Tinggal bagaimana kita menggunakannya di jalan yang diridhoi Nya.

Hati kecil kita ingin selalu melakukan ketaatan, namun pada kenyataanya terkadang kita terkalahkan, sehingga yang dilakukan adalah amal kemaksiatan. entah itu maksiat dari mata kita, telinga kita ataupun anggota tubuh kita yang lainnya. 

Tahukah sob, kenapa kita harus menjauhi maksiat? ternyata maksiat yang dilakukan itu akan mempunyai dampak yang banyak sekali terhadap pelakunya. Nah....ini yang akan saya sampaikan semoga dengan tulisan ini kita terjauhkan dari kemaksiatan :

1. Maksiat akan membentuk torai penyekat yang menghalangi hubungan kita dengan Allah. Setiap  kali melakukan dosa, akan terbentuklah tirai yang melapisi qolbunya, sehingga lama-kelamaan dengan banyaknya dosa dosa yang dilakukannya makin teballah tirai itu hingga yang bersangkutan tidak bisa lagi melihat kebenaran, karena hatinya telah dibutakan oleh lapisan yang menutupinya.

2. Maksiat akan menjauhkan pelakunya dari Sang Pencipta, sebab apabila perbuatan seseorang buruk, seiring itu akan menjadi buruk pula prasangkanya.

3. Maksiat akan mewariskan kesedihan yang kekal dalan qolbu yang bersangkutan karena didera penyesalan selama ia belum tobat dan memperbaiki dirinya.

4. Maksiat akan menyuburkan rasa kecemasan dan keguncangan dalam hati serta akan membuatnya menjadi pengecut dan mudah gentar.

5. Kehidupan pelakunya akan menjadi penuh dengan kesusahan dan kesempitan.

6. Hatinya akan keras dan gelap

7. Wajahnya akan kusam lagi muram

8. Semua orang akan membencinya, dan akan dijauhinya pada akhirnya juga akan memmpengaruhi jalan rezekinya.

9. Kesimpulan dari semua itu sang pelaku maksiat akan dimurkai oleh Allah, keimanannya berkurang dan akan didera oleh berbagai musibah dan kesedihan.

Begitulah sob, bahaya nya jika kita maksiat...mari kita tinggalkan maksiat sekarang juga,..jangan tunda-tunda lagi ya......

Popular Posts

Pengikut