Jumat, 29 Maret 2013

RAMUD….( Resep Awet Muda )


RAMUD….( Resep Awet Muda )

Sering kan kita jumpai ada seorang yang usianya sudah tua tapi kelihatannya masih muda. Demikian juga sebaliknya terkadang kita juga menemui orang yang masih muda usianya akan tetapi sudah kelihatan tua. Lalu bagaimana dengan anda…..?

Pernah salah seorang anak didik saya bertanya, pak..? umur bapak tu berapa sih? Ooo…saya itu sudah berkepala empat nak, jawabku. Masak sih pak kirain umur bapak baru dua puluh limanan. Memang tidak salah kamu, umurku duapuluh lima tahun lebih sedikit..he he. Tapi koq kelihatanya seperti seusia itu, apakah ada resepnya pak?  Weleh-weleh ada si komo lewat, memangnya saya apotik , koq ada resep-resep segala.? Ya sapa tahu pak temen-temen juga pengin seperti bapak awet muda, tolong ya pak kasih resepnya?  Ya udah ni saya kasih resep awet muda ( RAMUD ).  Tapi ingat lho yang namanya resep ada yang cocok tapi ada juga yang kurang cocok, Dan semoga saja ini banyak yang cocok.

Ini Resepnya…..camkan…terus laksanakan….!!!!!!!!!!     

1.       Hadapi masalah dengan  SATE  ( Santai dan Tenang ), tanpa melupakan masalah itu sendiri.
2.      Jika bersedih jangan berkepanjangan, cari kesibukan yang positif
3.      Jauhkan amarah, karena hanya menguran energy dan berpengaruh buruk terhadap fisik
4.      Bila sesuatu bisa diselelaikan dengan tenang kenapa harus dibarengi dengan ketegangan.
5.   Jangan iri dan dengki terhadap sesame karena berpenagruh buruk terhadap jantung dan peredaran darah anda.
6.     Terimalah ujian dengan pasrah dan takwa kepada Allah, karena setiap ujian membawa hikmah
7.      Jaga fisik anda dengan berolah raga.

Itu ya resepnya segera setelah mendapatkan cepat diminum biar lekas sembuh,  menjadi kelihatan lebih muda lagi……..” SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES”!!!!!!

Senin, 25 Maret 2013

BOLEHKAH AKU CEMBURU ????

BOLEHKAH AKU CEMBURU  ????








Cemburu..., adalah suatu sifat yang terkadang bisa menambah rasa cinta mesra, akan tetapi ini jugalah yang bisa meretakkan rumah tangga. Cemburu yang pada tempatnya akan menjadikan semangat dan perhatian bertambah. Namun bila keterlaluan akan menjadikan rumah tangga retak, karena tidak ada kepercayaan lagi.  Hubungan suami istri harus ditegakkan atas dasar rasa saling percaya agar kehidupan rumah tangganya berjalan tenang dan tentram.

Rasulullah saw bersabda : "Ada sifat cemburu yang disenangi Allah, tetapi juga ada yang dibenci Allah. Ada orang berpurbasangka tetapi dicintai Allah, tetapi juga ada yang dibanci Allah. Cemburu yang dicintai Alllah adalah cemburu karena keraguan. Sedangkan cemburu yang dibenci Allah adalah cem,buru yang tidak ada faktor yang menimbulkan keraguan. Purbasangka yang disenangi Allah adalah purbasangka seseorang atas (keselamatan dirinya) dalam peperangan dan ketika terjadi perbenturan. Sedangkan purbasangka yang di benci Allah adalah purbasangka mengenai sesuatu yang batil " ( HR. Abu Dawud, Nasa'i, Inu Hibban)

Cemburu yang dibolehkan adalah sebagaimana yang ditunjukkan oleh Sa'ad bin Muadz ra. Sa'ad melihat istrinya memberikan buah apel yang digigit kepada budaknya. Perbuatan ini dimungkinkan menimbulkan pengaruh seksual kepada budak yang diberi, apalagi jika budak tersebut membayangkan hal-hal lain. Misalnya mulut orang yang telah menggigitnya danlain sebagainya.

Sikap yang tepat jika suami atau istri sedang cemburu adalah dengan bersikap santun. Cemburu dengan sikap demikian akan memberikan dampak positif, karena cemburu demikian ini disertai dengan rasa cinta dan KHAWATIR akan kehilangan. Aisyah ra meriwayatkan rasa cemburunya ketika merasakan bahwa Rasulullah saw pada suatu malam keluar dari sisinya. Aisyah  ra terbangun dan tidak dapat tidur lagi. Melihat demikian Rasulullah datang bertanya : "Cemburukah kamu hai Aisyah?"

"Apakah orang semacam anda tidak pantas aku cemburui ? " jawab Aisyah ra ( Ditakhrij dari Muslim dan   An Nasa'i).

Anas ra meriwayatkan satu kecemburuan Aisyah ketika melihat ada salah satu istri beliau mengirimkan semangkok kolak untuk Rasulullah. Saat itu beliau tidak ada dirumah Aisyah ra. Aisyah langsung memukul tangan pelayan dan tumpahlah kolak itu. Rasulullah saw yang datang kemudian berkata: "Benahilah hai pelayan, ibumu cemburu !!!

Abu Dawud dan Nasa'i mentakhrij bahwa Aisyah menyesali perbuatan tersebut dan bertanya:
"Wahai Rasulullah, apakh dendanya perbuatan ini?" 
"Wadah sama dengan wadah, makanan sama dengan makanan," jawab Rasulullah saw.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dalam kisah itu, mungkin sobat bisa menyebutkannya??









Minggu, 24 Maret 2013

PELANGI…


PELANGI…




Pelangi-pelangi
Alangkah indahmu     
Merah kuning hijau                                            
Dilangit yang biru                                              
Pelukismu agung, siapa gerangan
Pelangi-pelangi
Ciptaan Tuhan
                  
Sob, pernahkan lihat pelangi ? Ooh…pernah donk. Pastinya indah kan? Ya tentu saja bukan indah tapi sangat indah. Kenapa pelangi itu menjadi indah ya? Salah satu hal kenapa pelangi itu nampak indah karena ada perpaduan warna yang banyak yang sering dikenal dengan MEJIKUHIBINIU ( Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila dan Ungu), begitulah kira –kira pelangi yang sering terlihat oleh mata kita.
                                                                                                                                        
Akan tetapi sob, gimana ya jika persaudaraan itu kita samakan dengan pelangi itu kira-kira baik atau malahan menjadi tidak baik? Tolong donk jawab ya? Saya bisa merasakan betapa ketika ukhuwwah itu jika tidak memilah-milah, tidak mengkhususkan golongan nya saja, atau juga tidak hanya satu warna saja niscaya ukhuwwah yang kita bangun akan menjadi sebuah kekuatan yang besar. Sebagaimana kita pahami ketika bersatu maka akan menjadi kuat, seperti lidi yang ketika disatukan akan menjadi sapu yang insya Allah banyak manfaatnya.

Namun pada kenyataannya susah juga untuk membangun sebuah persaudaraan yang demikian ini. Memang pada awalnya sering diserukan tentang pentingnya kita bersaudara, bahkan juga sering ditekankan dari yang paling kecil tingkatannya yaitu tidak ada rasa ghil dalam diri seseorang sampai pada tataran Itsar ( mementingkan orang lain ). Namun itu semua masih dalam angan-angan saja. Banyak hal yang membuktikan ketika sudah tidak dalam lingkaran mereka meski masih berpegang teguh pada ajaran Islam tidak dianggap saudaranya. Jangankan berjabat tangan, ucap salam saja berat. Koq sampai segitunya ya?

Andaikan saja ukhuwwah itu benar-benar seperti  pelangi, mestinya warna apaun akan bisa bergabung, karena dengan warna yang berbeda itu akan menjadikan pelangi itu semakin indah.

Kapan ya ukhuwwah itu bisa seperti pelangi ????

                                                                                                                      

Jumat, 22 Maret 2013

U FO….



U FO….

UFO…dalam pikiran kita adalah sosok makhluk dari luar angkasa dengan wajah dan tubuh yang mengerikan,,…. Akan tetapi  saya tidak bermaksud untuk membahas itu. Saya pakai istilah UFO untuk sekedar menyingkat judul dalam postingan kali ini.

UFO yang saya maksud disini adalah “Ukhuwwah Formalitas”. Kenapa saya katakana demikian? Sob,..sebagaimana kita harapkan bersama alangkah indahnya jika kehidupan ini diwarnai dengan ukhuwwah. Ukhuwwah Islamiyyah, yang telah dicontohkan oleh para sahabat Muhajirin dan Anshor, betapa para sahabat itu rela memberikan slah satu istrinya diperuntukkan sahabatnya. Dan masih kita ingat pula ketika terjadi perang Yarmuk, tiga sahabat Rasul waktu itu sedang terluka parah dan membutuhkan air minum, akan tetapi karena mementingkan saudaranya yang lain akhirnya ketiga-tiganya syahid dalam pertempuran itu. Sungguh kisah itu menjadi  impian kita semua. Kapan ya itu bisa kita rasakan…..

Ukhuwwah Formalitas ini bisa kita lihat dalam beberapa tanda diantaranya:

1.     Tidak merasakan semangat persaudaraan terhadap yang lain
2.    Tidak menanyakan ketika saudaranya sedang kesusahan
3.    Tidak menjenguknya ketika sakit atau takziyah ketika ada yang meninggal
4.    Tidak menyapa atau memberi salam ketika bertemu
5.    Tidak berhubungan, baik lewat telepon maupun main kerumahnya, ketika aktifitasnya berlainnan
6.    Tidak mau membantu ketika saudaranya sedang membutuhkan

Begitulah indikasi UFO itu sob, namun hal yang perlu juga kita ketahui bahwa ternyata UFO juga mempunyai latar belakang, lho….apa itu?

Yang melatarbelakangi UFO adalah :

1.     Minimnya materi keimanan ( ketauhidan )
2.    Perhatian terhadap aspek ukhuwwah sangat lemah
3.    Tidak paham hokum syariat tentang pentingnya dan kewajiban berukhuwwah, sebagaimana yang     dikatakan Umar bin Khathab, “Belajarlah fikih (hokum) sebelum kalian menjadi pemimpin.
4.    Keringnya  jiwa dan tidak tahu cara menyentuh hati

Nah….sob tentunya kita tidak menginginkan UFO itu, oleh karenanya tolong saya bantu ya bagaimana solusinya jika terjadi demikian ini?? Please……..!!!!!!


Kamis, 21 Maret 2013

AWAS PENYAKIT MENULAR DI KANTOR....!!!!!!!!!!!!


AWAS PENYAKIT MENULAR DI KANTOR....!!!!!!!!!!!!

Siapa juga sich orang yang kepengin kena penyakit, ndak ada kan? Ya iya lah selain banyak mengeluarkan biaya sakit itu juga gak enak.

Tapi sob, ada lho penyakit yang sering menghinggapi orang-orang yang kebanyakan kerja di perkantoran ( bukan di persawahan ). Maaf lho bukan berarti menyinggung, kalo kena dengan ini anggap saja sebuah peringatan untuk lebih baik kedepannya. Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mau kan...?

Penyakit yang pertama adalah KUDIS ( Kurang Disipilin ). Wah...kalo yang ini nyinggung aku nih..... Sob,...tanpa kedisiplinan rasanya sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalaupun orang lain belum disiplin jangan sapai itu menjadikan kita untuk ikut—ikutan. Justru keberadaan kita ditempat kerja itu harus menjadi pewarna yangbaik di lingkungan kita itu.

Yang kedua ASMA. Jelas kan ASMA bukan ASMARA. ASMA ( Asal Mengisi Absen ). Masih banyak orang yang bekerja hanya sekedar mengisi Absen, sementara untuk pekerjaan yang utamanya ditinggalkannya. Seolah ketika sudah absen persoalan sudah selesai.

Yang ketiga TBC ( Tidak Bisa Computer ) ,  Sekarang sudah zamannya Computer, tidak bisa computer akan ketinggalan. Paling tidak bisa ketak-ketik seperti ini. Belum terlambat masih ada waktu untuk belajar.

Yang keempat KRAM ( Kurang Terampil ). Kalau yang ini juga masih ada, meski sudah pada mendapat ijazah yang sesuai dengan bidangnya, akan tetapi untuk mencapai tataran terampil butuh waktu dan banyak latihan.

Yang kelima ASAM URAT ( Asal Sampai Kantor Terus Uring-uringan Atau Tidur ). Hayo siapa yang kena penyakit ini? Masak sich baru sampai di tempat kerja terus mencari kesalahan teman-temannya, kalaupun diam sdang tidur. Wichh....enak banget ya?

Yang keenam GINJAL ( Gaji Ingin Naik Tapi Kerjanya Lamban ). Siapa juga yang tidak kepengin gajinya naik. Apalagi barang-barang kebutuhann sekarang melambung tinggi. Pastinya jika gaji ingin naik harus dibarengi dengan kerja keras, Okey...?

Yang ketujuh PUCAT ( Pulang Cepat ). Wah...wah datang sudah terlambat pulang ingin cepat. Seperti kalau pada lagi sholat jamaah ya datangnya diakhir dan di shof paling belakang pulangnya duluan karena dekat dengan pintu.


Rabu, 20 Maret 2013

AMBILLAH WAKTUMU....

AMBILLAH WAKTUMU....

Salah satu karakteristik waktu adalah tidak kan pernah kembali, oleh karena itu bagaiman kita seharusnya mensikapi waktu itu. Ambillah waktu itu untuk berfikir, sebab dengan itulah kita akan mempunyai sumber kekuatan. Ambillah waktu untuk bermaian, sebab dalam bermain itu ada rahasia dari masa muda yang abadi. Ambillah waktu untuk berdoa, sebab dalam do'a itu akan kita jumpai sumber ketenangan. Ambilah waktu untuk belajar, sebab dalam belajar itu akan kita temui kebijaksanaan. Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, sebab itulah hak istimewa yang diberikan Allah pada kita semua. Ambillah waktu untuk bersahabat, sebab dengan bersahabat akan kita dapatkan kebahagiaan. Ambillah waktu untuk tertawa, sebab tertawa adalah musik yang bisa menggetarkan hati. Ambillah waktu untuk memberi, sebab hanya dengan memberi hidup ini lebih bisa berarti. Ambillah waktu untuk bekerja, sebab dengannya akan kita jumpai keberhasilan. Dan ambillah waktu untuk beramal, sebab amal itu merupakan kunci menuju surga. Insya Allah....

Selasa, 19 Maret 2013

LIMA TANTANGAN SATU SERUAN


LIMA TANTANGAN SATU SERUAN

Lima satu, ini bukan skor dalam pertandingan sepak bola lho…, Lima satu juga bukan kemenangan dalam pertandingan olah raga yang lain. Akan tetapi lima satu adalah merupakan tantangan yang harus kita hadapi sebagai manusia dan hanya satu ajakan untuk kita semua.

Tantangan yang pertama kita hadapi adalah dari arah depan. Dari arah ini IBLIS telah menanti kedatangan kita. Artinya kita harus bertarung melawannya. Kenapa? Ketika kita tidak melawannya maka iblis akan mengajak kita semua meninggalkan agama kita. Bisa kita bayangkan bagaimana jika saja seseorang sudah kehilangan agamanya, maka tak akan pernah hidupnya mengalami suatu kebahagiaan. Karena agama adalah sebagai salah satu aturan dalam hidup ini. Jika tidak ada aturan yang pasti hidup juga tak kan bahagia.

Yang kedua dari sebelah kanan JIWA kita senantiasa mengajak kita untuk selalu membangkang perintah-perintah Nya dan selalu melakukan kemaksiatan. Masih ingat kan sobat, ketika seseorang melakukan kemaksiatan  maka hatinya akan tertutup dari cahaya kebenaran, susah ditembus cahaya kebaikan, hatinya akan menjadi hitam pekat, menjadi hati yang mati.

Dari sebelah kiri, ada NAFSU. Nafsu yang selalu dan selalu ingin memuaskan syahwat. Salah satu hal yang  membedakan kita dengan makhluk yang lain adalah karena kita mempunyai nafsu. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengdalikan nafsu, jangan sampai pernah kita ditumpangi oleh nafsu itu.

Selanjutnya dari arah belakang DUNIA, selalu menawarkan hal-hal yang sangat menggairahkan. Sehingga banyak orang yang terlena dengan gemerlapnya dunia, dan lupa akan bagiannya diakhirat nanti. Padahal sob, hidup di dunia ini hanyalah sementara sedang diakhirat akan kekal abadi. Apakah kita rela dengan yang sementara  kemudian melupakan yang abadii?

Sedangkan dari sekitar kita adalah tantangan yang berasal dari ANGGOTA TUBUH. Nah..anggota tubuh inilah jika kita tidak pandai –pandai mengelolanya maka semua akan mengajak kepada perbuatan dosa. Memang apa yang telah diberikan oleh Allah pada kita yang berupa anggota tubuh ini mempunyai dua potensi, yaitu potensi untuk berbuat baik (TAAT) dan potensi untuk berbuat buruk ( DOSA). Ketika potensi untuk berbuat dosa lebih besar maka sudah bisa kita pastikan kita gagal melewati rintangan ini

Dari atas ada seruan  ALLAH swt untuk ke syurga. Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah apakah kita sudah memenuhi seruan itu?  Ataukah malah kita tidak peduli terhadap seruan itu?. Sob, ketika kita mengiyakan seruan Allah Insya Allah semua tantangan tadi bisa kita lewati, dan hanya kebaikanlah yang bisa kita peroleh.

Senin, 18 Maret 2013

PENGALAMAN MENJADI KETUA RT..

PENGALAMAN MENJADI KETUA RT..

Bagi teman-teman yang hidup di lingkungan pedesaan ( wong deso ), seperti saya. he he. Sangat susah sekali untuk mendisiplinkan supaya masyarakat itu mau melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga di daerah itu. Banyak alasan yang disampaikan untuk menghindari kegiatan yang ada dalam daerah itu., entah capek lah, ada acara lain dan masih banyak yang lainnya. Belum lagi jika ada masalah dari luar artinya masalah ini timbul akibat daerah saya kemasukan pengamen dan pemulung.

Dua masalah itu yang sering dihadapi dalam setiap pertemuan. Banyak yang mengusulkan dari warga setempat untuk memecahkan masalah itu. Diantaranya ada yang usul supaya membuat tulisan di setiap gang " Pemulung dan pengamen di larang masuk " atau juga " Daerah bersih dari pengamen dan Pemulung". Akan tetapi sebagian menolak tulisan itu , kenapa?  biarkanlah mereka masuk ketempat kita toh yang diambil kan juga barang-barang yang sudah tidak kita butuhkan. Kalo yang itu sih mang gak kenapa-napa, tapi ada juga pemulung yang selain mengambil barang rosok, sebagian ada juga yang mengambil barang yang masih bagus. Lha ini yang harus kita waspadai....

Dari beberpa pertemuan RT, akhirnya Kami para pengurus sepakat untuk membuat Stiker, ini  sebagai jalan tengah untuk masalah tadi. Dalam stiker ini kami cetak sejumlah warga kemudian harus ditempel disetiap rumah. Stiker ini selain mengingatkan akan hak dan kewajiwan warga serta sanksinya sekaligus juga ada tulisan bahwa pengamen dan pemulung tidak boleh masuk . harapan nya baik warga maupun Pengamen dan pemulung mau baca tulisan yang ada di stiker itu.



Stiker yang dipasang disetiap rumah warga RT 04 RW V. Jati  Kulon  Kudus


Hak warga RT dan sekaligus sanksi jika ada pelanggaran


Kewajiban warga RT 04 RW V Jati Kulon , Kudus


Minggu, 17 Maret 2013

" SUGEH ELEK ORA DUWE AYU "

" SUGEH ELEK ORA DUWE AYU "



Kalimat itulah yang dulu pernah disampaikan oleh seorang guruku ketika menawarkan pada temen-temenku. Waktu itu kebetulan pelajaran fikih yang membahas bab NIKAH. Ditengah-tengah memberikan penjelasan tentang materi itu, pak guru tadi memberikan intermezo, diantara yang disampaikan pada murid-muridnya adalah kalimat seperti judul diatas. Anak-anakku semua bagaimana pendapat kalian jika ada orang sugeh elek ora duwe ayu, kalian pilih yang mana? tanya pak guru waktu itu..

Sekilas ucapan itu sederhana, artinya yang ada dibenak teman-temanku adalah bagaimana jika kita disuruh memilih orang yang jelek tetapi kaya, atau orang yang mlarat tetapi cantik. Begitulah rata-rata yang terpikir oleh sebagian temen-temen aku.

Tapi tidak bagiku, apa yang ditanyakan bapak guru tadi tidak ada yang saya pilih. Saya memilih "sugeh ayu ora duwe elek". Itulah jawabanku, aku berharap mempunyai istri yang cukup berharta, cantik dan jauh dari perbuatan yang jelek-jelek. Spontan jawabanku disetujui sama temen-teman aku. 

Sob, yang namanya jodoh kita yakini sudah ditentukan oleh Allah, kita hanya berusaha dan berdoa saja semoga jodoh kita itu termasuk orang yang sholihah. Dan Alhamdulillah saat ini aku sudah berjodoh, sama dengan apa yang dulu aku sampaikan waktu ada pertanyaan itu. Aku dijodohkan dengan seorang wanita yang cantik dan tidak kurang masalah harta, sekaligus jauh dari yang elek-elek. 

Bagaimana dengan sobat semua, kalian mau yang mana?




Jumat, 15 Maret 2013

WIN,.....OJO DADI WONG " IRIAN "

WIN,.....OJO DADI WONG  " IRIAN "





Begitulah pesan dari seorang guru saya, ketika saya masih dibangku sekolahan. Mang ada apa ya, koq gak boleh jadi orang "irian"?. Yang jelas saya lahir dari keturunan Jawa Asli, ayah saya dari Klaten sedang ibu berasal dari Wonogiri. Artinya saya itu benar-benar keturuann jawa tulen. Lalu kenapa koq guru saya tadi berpesan jangan sampai jadi orang "Irian"?

Muncul pertanyaan dalam hati kecilku, tentu saja pak guru tadi sudah tahu riwayatku dengan biodata yang ada, trus ketika beliau mengatakan seperti itu berarti ada maksud lain yang harus saya pecahkan. Setahu saya kata Irian itu sebutan untuk salah sau pulau yang besar di Indonesia, lha kalo orang irian biasane itu yang sering kita lihat rambutnya keriting, trus kulitnya hitam dan tidak berpakain sebagaimana orang umumnya. Itu yang ada dipikiranku.

Akan tetapi ternyata maksudnya bukan orang irian seperti tersebut diatas. Irian di sini adalah jika ada orang lain mendapatkan suatu kenikmatan kita menginginkan agar kenikmatan itu hilang darinya. "astaghfirullah". Pernahkan sob, menjumpai orang seperti ini jika ada orang lain senang malah dia bersedih, tapi sebaliknya jika orang lain sedih malahan dia bersuka ria. 

Masih ingat ya, kita bahwa iri itu hanya diperbolehkan dalam dua hal,. Yang pertama ketika orang itu dikasih harta dan hartanya itu digunakan untuk kebaikan, dan selanjutnya yang kedua jika orang itu dikasih ilmu, dan ilmunya itu diberikan untuk orang lain, dia mau berbagi dengan ilmu yang dimilikinya.

Menjadi orang "irian" itu tidak akan membuat kita hidup bisa tenang. Kenapa? Bagaimana bisa menikmati hidup tenang jika tetangga kita beli kulkas, terus badan kita menjadi panas, jika tetangga punya mobil kita yang usil. Artinya kehidupan orang irian ini gak bakaln tenang. Mau tidur saja susah karena yang dipikirkan adalah rencana bagaimana nikmat yang telah ada pada teman, ataupun tetangganya bisa hilang darinya.

Nah sob apakah anda juga ingin menjadi orang "irian"?

Kamis, 14 Maret 2013

De Pruk..

De Pruk..

De Pruk bukanlah bahasa Spanyol, ini juga bukan bahasa perancis akan tetapi ini bahasa jawa asli. Jika anda orang jawa pasti gak asing dengan istilah ini. Jika bukan orang jawa pasti anda menyangka bahwa istilah ini berasal dari luar sana he he...

Sekarang ini lagi musimnya De Pruk lhoh... setelah musim penghujan berlalu, biasanya akan datang kemarau dan memang betul gak salah kemaraupun hampir datang tapi sekarang dibarengi dengan musim De Pruk. Kenapa saya katakan itu ? 

Kemaren waktu saya lagi njagong bersama tetangga, banyak yang bilang bahwa saat pemilihan nanti saya akan pilih De Pruk. Kemudian salah satu dari mereka bertanya De Pruk itu apa ch? Ooo walah masak wong ndeso wae gak reti de pruk.,..Tenan koq aku lagi krungu saiki. Heh...De Pruk itu adalah sing Gede Di Kepruk ( Yang Kasih uang Banyak dipilih ), gitu ...tahu kan sekarang?? ooo... kalo itu yang dimaksud ya iyalah.... Memang kamu tahu dari mana kalo yang kasih uang banyak dipilih?  Ya tau lah....

Memilih pemimpin itu memang dianjurkan , terlebih memilih pemimpin yang jujur dan amana, dan senantiasa memperhatikan kepentingan ummat, namun pada kenyataanya sekarang memilih itu kebanyakan bukan pada sifat - sifat yang mulia itu, melainkan siapaun yang ngasih banyak akan didukung. Dan ini bukan hanya ditingkat bawah saja kemungkinan di tingkat yang lebih atas juga tidak berbeda.

Oh iya sob ini kalo ditempat saya rame lhoh...gimana ditempat anda ??





Rabu, 13 Maret 2013

TITIK ( . )

TITIK ( . )

Pernah kebayang gak ya...bagaimana seandainya di dunia ini gak ada titik,.... Padahal kan banyak juga teman-teman kita yang bernama titik, ( sebutin sendiri ya ) bahkan dengan nama ini juga orang bisa terkenal Lho...seperti Titik Puspa, ya kan sob....

Jangan pernah juga kita meremehkan arti titik itu sendiri, kenapa? oh..ternyata satu titik hitam itu bisa menghilangkan yang putih juga, masih ingat tho ada peribahasa " karena nila se titik rusak susu sebelanga ". Ada juga gara-gara titik ini karena terlalu banyaknya bisa menghitamkan suatu tempat. seperti yang pernah kita dengarkan bahwa ketika seseorang berbuat maksiat maka dalam hatinya akan ada titik hitam dan ini jika berlangsung terus menerus akan menjadi penutup hitam pekat bagi hati itu sendiri. Sehingga orang yang hatinya sudah hitam akan sulit ditembus cahaya dan susah untuk menerima kebenaran.

Titik,..andaikan tidak hadir dalam kehidupan ini maka susah kita untuk menghentikan pembicaraan, susah juga kita untuk mengakhiri sebuah tulisan. Titik hadirmu membawa banyak manfaat meski kecil tapi sangat besar kegunaannya. Terima kasih titik....

Selasa, 12 Maret 2013

DIAM ITU..............

DIAM ITU..............




Diam itu adalah emas,....diam itu adalah ketika tidak mau berbicara, diam itu adalah ketika tidak mau bergerak , diam itu adalah ketika berhenti, dan diam itu jika sudah mati.....

Diam salah satu sikap yang sering melanda pada diri kita semua, terkadang kita diam dengan suatu hal yang memang pantas kita diamkan, terkadang juga diam karena kita tak mau mengambil resiko dengan kejadian yang ada di depan kita dan masih banyak lagi. Artinya dalam diamnya kita menyimpan seribu bahasa, seribu cerita dan seribu tanda tanya ????????????????????

Ada kalanya kita melihat orang diam, kita menilai bahwa orang itu adalah pendiam, namun apa kenyataannya??? dibalik aksi diamnya ternyata mempunyai sifat pendendam, atau juga mempunyai sifat yang ganas.  Dan sifat ini akan muncul ketika terjadi masalah, terlebih masalah yang menyingung dirinya. Beberapa waktu yang lalu saya diberitahu bahwa salah satu murid yang pernah saya didik, hamil di luar nikah. Padahal sehari-hari dia itu sangat pendiam tak menujukkan sama sekali sifat yang berani itu. Makanya ketika berita itu sampai pada saya terkejut mendengarnya. Apakah ini yang namanya diam-diam menghanyutkan?

Berbeda lagi jika sikap diam itu dilakukan oleh seorang wanita yang baru dilamar, diamnya seorang wanita tadi bukanlah tidak mempunyai suatu jawaban, akan tetapi diamnya justru menujukkan bahwa ia menerima lamaran itu.

Diamnya seseorang ketika tidak bisa berkata baik itu merupakan anjuran dari agama kita, bahkan diam disitu akan lebih baik dari pada bicara yang kurang ada manfaatnya apalagi bicara yang menimbulkan dosa.

Jika kita melakukan sikap diam , kita berharap bisa meredam persolan yang sedang kita hadapi., boleh jadi ini tak jadi masalah dalam diri kita. Akan tetapi bagaimana dengan orang-orang yang ada disekeliling kita, apakah kita cuek saja terhadap mereka ??? atau bahkan kita punya anggapan mereka tak bisa menyelesaikan persoalan itu. Padahal apa yang kita pikirkan belum tentu benar dan boleh jadi dengan diomongkan maka persoalan itu bisa selesai terutama persoalan itu menyangkut masalah bersama.

Nah bagaimana pendapat anda tentang diam ??








Senin, 11 Maret 2013

KESASAR KONDANGAN

KESASAR KONDANGAN.......





Hari Ahad tanggal 10 Maret 2013, salah seorang temenku mengadakan pesta pernikahan anaknya yang pertama. Semua dewan guru dan karyawan mendapat undangan, sementara di dalam undangan itu tertera jam bebas, artinya tidak dibatasi waktunya pokoke dino iku.

Seperti biasanya, karena jam nya bebas maka temen temenkupun juga tidak bareng- bareng menghadiri pesta itu. Ada yang berangkat duluan ada pula yang berangkat belakangan. Nah, rombangan pertama yang menghadiri pesta itu terdiri dari delapan orang ibu-ibu. Sementara yang lain pada berangkat setelah jam pelajaran selesai.

Entah apa yang ada dalam pikiran ibu-ibu tadi kok yo kompak juga, ketika melewati jalan yang mengarah ketempat pesta itu, ternyata ditengah perjalanan juga ada orang yang punya gawe . Dan disitulah ibu - ibu itu berhenti lantas meletakkan kado yang telah dipersiapkan sejak awal kemudian kado itu ditaruh ditempat  meja tamu. Setelah duduk beberapa saat para sinomanpun memberikan pelayanan dengan memberikan, snack, makanan  juga minuman.

Akan tetapi timbul juga perasaan yang gak enak, lho.... kenapa temen-temen yang lain pada belum datang? ditoleh kanan-kiri ternyata juga bukan orang -orang yang dikenalnya. Singkat cerita nih akhirnya ada yang memberanikan diri untuk bertanya pada si tuan rumah. Eh...maaf bu apakah ini betul rumah bapak Moh. Karim ? tanya salah satu dari mereka. Oh....maaf ibu - ibu, ini bukan rumah bapak Karim,. Lha..terus rumah pak Karim nya dimana ya? lanjutnya bertanya. Oooo.... rumah bapak Karim itu disebelah sana bu, ni jalan lurus terus kira-kira dua ratus meter lagi. Waduhhh....maaf ya bu, padahal kami beserta rombangan mau ketempat bapak Karim lho, kok malah kesasar kesini. Gak apa-apa kok bu, dulu anak saya juga pernah sekolah ditempat ibu-ibu mengajar koq, sahut Ibu tuan rumah untuk menenangkan suasana.

Sekali lagi mohon maaf ya bu, sekalian ni kado mau saya ambil, boleh kan bu...?? oohh,,, boleh-boleh silahkan bu,,...saya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan ibu guru , semoga bisa tetep terjalin silaturahmi ini.

Nah...gimana sob apakah anda juga pernah kesasar ?????








Minggu, 10 Maret 2013

MAU MALING MOTOR SAJA IKUT SHOLAT

MAU MALING MOTOR SAJA IKUT SHOLAT







Cerita ini baru aku dengar dari salah satu temen aku yang kebetulan rumahnya dekat dengan si korban pencurian. Ia menceritakan bahwa ketika waktu sholat telah tiba seperti biasa di masjid itu dikumandangkan adzan. Sambil menunggu jamaah pada datang si muadzin tadi yang sekaligus juga imam di masjid itu melaksanakan sholat sunnah rawatib. Selang beberapa waktu datang lah dua orang yang ingin berjamaah di masjid itu. Yang satu warga asli daerah sedangkan yang satu orang asing yang mampir ke masjid itu.

Setelah iqomah dimulailah sholat jamaah asar itu. Hanya bertiga yang satu jadi imam sedang yang lain menjadi ma'mum. ( biasakan dimana -mana yang namanya sholat asar itu jamaahnya sedikit, berbeda ketika maghrib ataupun isya'). Kalau ditempat kamu gimana ?? eeh...malah pada gak jamaah ya? kenapa ??

Nah, ketika memasuki rekaat kedua salah satu dari makmum tadi membatalkan sholatnya, kemudian berjalan keluar. Tapi ia tidak lantas mengambil air wudhu malahan mau mengambil motor sang imam yang lagi khusuk memimpin sholat jamaah itu. 

Namun apa yang terjadi disaat maling itu sedang berusaha mengambil motor sang imam. Dari dalam masjid ternyata sang imam melihat aksinya, lho koq bisa? ternyata dinding masjid itu terbuat dari keramik, tanpa sengaja waktu berdiri sekilas melihat aksi maling itu. Kemudian tanpa pikir panjang sang imampun membatalkan sholatnya sambil teriak maliing.....malliing sambil mengejar maling dan diikuti satu makmumnya yang tersisa tadi. 

Walhasil, meski maling tadi dikejar namun tak tertangkap. Dan ternyata diluar sudah ada yang menunggu teman si maling tadi dengan membawa mobil yang bagus yang siap tancap gas, ketika temennya kepergok. Benar adanya simaling yang ikut sholat tadi juga tidak berhasil membawa kabur motor sang imam, namun dia kabur dengan mobil yang sudah disiapkan sejak semula. Waspadalah...waspadalah.....













Sabtu, 09 Maret 2013

" RADEN NGABEHI "

" RADEN NGABEHI "



Gimana sob pernah bertemu dengan "raden ngabehi" belum nih..? dimana ..? sedang ngapain pak raden nya?. Oh...ya sob sebelumnya mungkin tergambar dalam pikiran kita yang namanya raden itu orangnya pake blankon, trus sepatunya slop dan pake baju yang bermotif lorek-lorek, membawa keris, hidupnya di kraton, bahasanya halus dan banyak yang menghormatinya, iya kan..? eh...raden itu wong ningrat gitu ya..?



Itulah yang sering dipahami oleh sebagian kita, namun sekarang  " Raden Ngabehi " itu bisa berada dimana-mana. Bahkan sangat dekat dengan kita lho...( terutama ditempat kerja kita ). Tanpa sadar teman kita itu menjadi " Raden Ngabehi ". Lho koq bisa sich...padahal  temen ku itu kan bukan keturunan wong Ningrat...? trus gimana bisa disebut Raden Ngabehi,,????



Dalam menyelesaikan pekerjaan terkadang tidak bisa kita kerjakan sendirian, akan tetapi masih butuh bantuan orang lain. Terlebih jika pekerjaan itu bersifat kolektif, yang harus diselesaiakn secara bersama-sama sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Namun, sering kita jumpai pekerjaan yang begitu banyak dan berat hanya ditangani oleh satu orang, tidak mau melibatkan orang-orang yang berada disekitarnya.



























Nah , menurut sobat semua gimana cara menghadapi " Raden Ngabehi " ini ? Tolong bantu aku ya ????

Rabu, 06 Maret 2013

ISTRI TELADAN

 ISTRI TELADAN 




Bagi yang sudah beristri ni merupakan bacaan yang bagus lho, namun bagi yang masih jomblo buat ancang -ancang saja nanti kalo mencari istri. Dan bagi seorang istri ni juga sangat bagus untuk ditiru. Apaan sich...????

Gini lho sob post kali ini saya ingin berbagi kisah, mungkin saja sobat smua pernah baca tapi gak ada salahnya kan jika dibaca ulang kembali. Ok.....

Ngomongin masalah istri teladan ya jelas Khodijah ( istri Rasulullah ) lah yang mendapat ranking pertama, selain mempunyai kecerdasan akal, akhlakul karimah, sikap kepahlawanan, kesetiaaan beliau juga rela berkorban untuk suaminya yang tercinta. Bahkan orang tak kan pernah lupa dengan perkataannya yang mampu menenangkan kekalutan Rasulullah saat pertama menerima wahyu.

Ada juga istri-istri yang lain, bisa kita jadikan cermin lho,...

Yang pertama, pernah Rasulullah memberitahukan kepada para sahabatnya tentang istri pencari kayu bakar yang termasuk ahli surga karena perlakuan kepada suaminya. Ketika ditanyakan apa yang telah dia lakukan, waita itu berkata :" Apabila suamiku pergi mencari kayu bakar aku merasakan betapa beratnya ia mencari nafkah. Aku merasakan beta[pa ia haus dipegunungan. Untuk itu setiap kali pulang, aku selalu menyediakan air dingin yang langsung bisa diminumnya begitu smpai dirumah. Aku menyusun dan mengatur rumah serapi mungkin. Aku menyediakan makan untuknya. Aku memakai pakaian terbaik yang aku miliki untuk menyambut kedatangannya. Saat masuk rumah, aku menciumnya penuh kerinduan. Aku serahkan jiwa ragaku untuknya. Aku menyiapkan jika ia ingin beristirahat dan aku selalu berada di dekatnya, sehingga setiap saat jika ia menginginkanku aku ada disampingnya.

Yang kedua Istri Syuraih Al Kadhi. Syuraih seorang kadhi yang terkenal jujur, suatu ketika ditanya sahabtnya tentang kehidupan rumah tangganya. Dengan bangga Syuraih menjawab : " Sejak duapuluh tahun yang lalu saya tidak pernah melihat istriku berbuat sesuatu yang membuatku marah."

"Mengapa demikian?." tanya Asy Sya'bi.

"Mulai malam pertama yang kulihat padanya adalah keindahan dan kecantikan belaka. Di malam pertama, aku berniat dalam hati unutk menjalankan sholat dua rekaat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketika kau menoleh--salam-- kulihat istriku pun ikut menjalankan sholat dibelakangku. Dan mengulurkan tangannya seraya berkata: "selamat datang wahai Abi Umayah. Alhamdulillah, akumemuji dan memohon pertolongan Nya. seoga sholawat salam tetap terlimpah kepada Rasulullah SAW dankeluarganya. Sungguh aku wanita asing bagimu. Aku sama sekali tidak tahu akhlakmu. Terangkanlah kepadaku apa-apa yang engkau senangi dan yang tidak engkau senangi. Apa-apa  yang engaku senangi akan akku penuhi dan apa-apa yang engkau tidak senangi aku akan berisaha meghindarinya. Aku yakin, diantara kaummupasti ada orang yangingin mengawinkan wanitanya denganmu. Begitu juga kaumku, ada laki-alaki yang sekufu denganku. Akan tetapi apa yang telah ditetapkan Allah harus dilaksanakan. Nah, kini aku telah menjadi milikmu. Lakukanlah sesuai dengan yang diperintahkan Allah. Aku mengucapka ini dengan memohon ampun kepada Allah atasku dan untukmu,"

"Demi Allah, Sya'bi! Dalam kondisi seperti itu aku amat membutuhkan khutbah seperti yang dikatakan istriku. Akupun menjawab :"Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Sholawat salam untuk Nabi Muhammmad saw dan keluarganya. Engkau telah mengatakan sesuatu yang jika engkau teguh memegangnya maka itulah bagianmu. Jika engkau hanya berpura-pura maka akan menjadi hujjah atasmu. Apa yang kamu lihat baik, sebarkanlah. dan apa yang kamu lihat buruk, buanglah jauh-jauh."

"Apakah engkau senang mengunjungi keluargaku?," tanyanya.
"Aku ingin suami anak perempuanku tidak membosankanku," kata Syuraih.
"Siapa saja tetangga yang kamu senangi yang dapat aku izinkan masuk rumah? Siapa pula yang kau benci agar aku tidak membiarkannya masuk kerumahmu?, tanyanya lagi.

Syuraihpun menghabiskan malam itu bersama istrinya dengan penuh kebahagiaan.. Aku hidup bersamanya selama satu tahun yang tidak pernah melihat kecuali yang menyenangkan. Di awal tahun, saat Syuraih pulang dari kerja dia menemukan seorang wanita yang sedang bersama istrinya.

"Siapa dia?,"tanya Syuraih.
"Ibuku,"jawab istrinya.
"Bagaimana istrimu ini menurutmu?," tanya  mertua Syuraih
"Ia adalah istri yang palin baik," jawab Syuraih.

"Wahai Syuraih, wanita itu amat jelek dalam dua keadaan. Yaitu ketika ia melahirkan anak dan saat mendapat perlakuan yang tidak baik dari suaminya. Demi Allah, seorang suami tidak akan memperoleh keburukan dari wanita yang mendapat petunjuk dirumahnya. Didiklah ia sesuai dengan kehendakmu," kata mertua Syuraih selanjutnya.

Selama lebih dua puluh tahun mereka hidup bahagia. Tiada satupun cela yang dibuat istri Syuraih. Seperti itulah seharusnya istri-istri muslimah, idaman keluarga bahagia. Bagaimana dengan anda ??















Selasa, 05 Maret 2013

NILAI....

NILAI....



Nilai itu ternyata tidak hanya didapatkan ketika kita masih berada di bangku sekolah, akan tetapi sampai saat inipun kita tak kan pernah lepas dari nilai itu sendiri. Kalau di bangku sekolah nilai itu akan tertuang dalam sebuah buku laporan ( raport ) namun dalam kehidupan tidak demikian. Meski tak ada bukunya, kita bisa merasakan seberapa nilai yang kita peroleh dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini.

Sahabatku, nilai yang diperoleh seseorang itu bergantung pada empat hal, yang pertama adalah terletak pada keahliannya. Dan ungkapan ini telah dikemukakan oleh Ali Bin Abi Thalib. Artinya bahwa nilai harga dirinya yang sesungguhnya terletak pada pengetahuan, etika, ibadah dan kedermawanan, atau akhlaq seseorang, bukan terletak pada gaya, penampilan dan kedudukannya. Oleh karena itulah, Rasulullah saw ditegur ketika menyambut Abdullah bin Ummi Maktum yang datang meminta petunjuk dengan muka masam.

Yang kedua bahwa nilai seseorang itu ditentukan sesuai dengan kadar semangat, kepedulian, usaha dan pengorbanannya, dan lagi bahwa kemuliaan yang diperolehnya tidaklah diraih dengan cuma-cuma. Semua membutuhkan perjuangan yang berat. Ada sebuah Syair " Jangan kaukira kemuliaan itu bagaikan buah kurma yang mudah kau makan begitu saja.......

Yang ketiga nilai seseorang itu ditentukan dirinya sendiri. Artinya dia sendirilah yang membuat sejarahnya dengan izin Allah. Dialah yang menulis perjalanan hidupnya dengan berbagai macam sepak terjangnya, yang baik maupun yang buruk.

Dan  yang keempat nilai seseorang itu tergantung dari usianya. Usia seseorang sangat pendek dan akan cepat lenyap dengan segera. Oleh karena itu, janganlah ia mencemarinya dengan dosa-dosa, kecemasan, kesempitan dan kesedihan.

" Betapa menyedihkan bila hidup yang pahit ini tidak diisi dengan amal shalih yang diridhai oleh Allah "






Senin, 04 Maret 2013

MAU TIDUR SAJA SUSAH NIH.....


MAU TIDUR SAJA SUSAH NIH.....




Kegelisahan adalah merupakan hal yang akrab dengan kehidupan kita, dan juga merupakan sesuatu yang wajar dalam diri manusia. Akan tetapi jika kegelisahan itu berlanjut sehingga akan mengganggu aktifitas yang lainnya. Yang sering kita alami ketika baru gelisah adalah susah sekali untuk tidur. Lalu apa yang harus kita lakukan jika susah tidur karena terpanggang oleh kegelisahan di atas peraduan??

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut :

Yang pertama, Jika susah tidur maka banyak-banyaklah membaca dzikir yang dianjurkan oleh syari'at, karena hanya dengan mengingat Allah lah hati kita bisa tenang dan tentram.

Yang kedua, hindari tidur di siang hari, kecuali jika terpaksa. Kenapa? Allah menjadikan siang hari untuk mencari penghidupan.

Yang ketiga, biasakan membaca ataupun menulis sampai waktu kantuk itu datang. Kalau yang ini Insya Allah temen-temen bloggger semua dah pada ngelakuin, ya kan sob?

Yang keempat, Melelahkan tubuh dengan melakukan kerja yang berguna pada siang harinya. Hal ini sesuai dengan apa yang kita pahami bahwa Allah SWT menjadikan siang untuk bangun berusaha.
  
Dan yang kelima, tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung cofein dan sejenisnya, seperti kopi dan teh.

Apakah anda juga masih susah tidur ???





Minggu, 03 Maret 2013

Bahagia Bersama " P S K "

Bahagia Bersama " P S K "

Bahagia merupakan cita -cita hidup kita bersama, tak ada orang yang berharap dalam kehidupannya mengalami kesusahan, kesedihan dan ketidakceriaan. Kebahagiaan seseorang jikalau tahu bahwa dirinya ada kekurangan yang kemudian disempurnakan oleh " P S K " itu. 

Nah sob tahukan anda siapa  " P S K " yang membuat kita menjadi lebih sempurna dan lebih bahagia? Tahu donk....., itu kan....?. Eh...jangan salah sangka dulu lho "P S K" ini sebuah singkatan dari Pujian Saran  dan Kritik. Oooo...itu tho kirain...

Tanpa diragukan lagi sebuah pujian yang ikhlas dari orang lain akan membuat kita semakin bersemangat dalam beraktivitas. Coba lihat anak-anak kita misalkan , anak-anak itu akan lebih bersemangat jika mendapat pujian dari orang tuanya, semangat dalam belajarnya semangat ketika membantunya dan masih banyak hal lain yang ringan dikerjakannya. Kitapun demikian koq ketika meng upload lantas kemudian BW dan mendapat komentar yang isinya pujian ( entah pujian asli atau sekedar basa-basi) akan tetapi yang kita rasakan kita bersemangat untuk nulis dan selalu menghadirkan informasi yang baru. Inilah yang saya katakan bahwa sebuah pujian bisa membahagiakan.




Yang selanjutnya orang bisa lebih maju jika pada dirinya mau menerima saran. Sebuah saran memang sangat penting artinya bagi kita, betapa tidak. Kalau kita jujur masih banyak hal yang belum kita ketahui, boleh jadi kita tahu akan masalah ini tapi tidak untuk masalah yang itu ataupun sebaliknya. Maka wajar jika dalam kehidupan kita kan kita jumpai berbagai saran dari orang -orang yang ada disekitar kita. Dan yang perlu diingat bahwa dia atas langit masih ada langit artinya betapapun kita sudah  memilki ilmu yang tinggi yang luas tetap saja butuh saran dari yang lainnya.




Dan yang ketiga adalah Kritik. Apakah anda suka mengkritik tapi tidak mau dikritik? ataukah sering dikritik tapi tidak bisa mengkritik? jawabannya terserah anda. Kritik yang kita terima mestinya akan menjadi energi baru yang kita rasakan. Selama ini mungkin tidak terasa kalau masih banyak hal yang kurang dan perlu penyempurnaan. Ibarat kita sedang bercermin yang nampak adalah depannya saja sementara yang bagian belakang tidak nampak, Ketika ada orang lain yang tahu akan hal itu maka kitapun akan rela untuk menerima  masukan itu. Dan tentunya kritikan yang kita harapkan adalah kritik yang membangun artinya kritik yang disampaikan itu berdasar dengan data dan fakta yang nyata.




Gimana sob apakah anda masih bersama dengan "P S K"?






Sabtu, 02 Maret 2013

MODEL MANUSIA

MODEL MANUSIA

Tanpa kita bisa menghindarinya, bahwa dalam pergaulan banyak sifat, karakter dari orang-orang yang ada di sekeliling kita. Berbagai macam model kita jumpai setiap saat, setiap waktu dan ini semua jika kita bijak dalam menyikapinya maka kita akan menjadi orang yang insya Allah baik, kenapa? karena setiap yang kita jumpai akan menambah ilmu pada kita, mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita bisa bersikap. 

Adalah seperti Durian, banyak kita jumpai model semacam ini artinya dari luaran memang tampak kasar akan tetapi dalamnya ternyata banyak orang yang suka. Demikian juga manusia, tampak luarnya sangat kasar sehingga banyak orang yang takut untuk mendekatinya, takut untuk berdekatan dengannya, takut kena durinya namun jika saja tahu bahwa dalamnya baik, manis maka banyak orang yang mendekatinya.




Model yang kedua seperti buah kedondong, tampak luarnya halus, mulus namun isinya tak seperti kulitnya      kasar, manusia juga ada seperti itu dari luar memang tampak halus, tenang bahkan tak banyak menyangka jika dia mempunyai sifat yang tidak baik yang terpendam.




Yang ketiga seperti pisang, kulitnya halus, lemubut dan isinyapun juga halus banyak orang yang menyukainya. bahkan anak kecil sampai orang yang sakitpun bisa menikmatinya. Sama kan dengan manusia, ada model yang seperti itu orangnya halus, lembut dan mempunyai aklhaq yang sangat baik dan terpuji. Nah, untuk model semacam ini mungkin jumlahnya gak terlalu banyak yaa? semoga saja kita masuk kelompok ini.



Yang keempat, seperti buah mahoni, kulitnya pahit apalagi isinya, pernah coba ya..? Hati-hatilah dengan model semacam ini bisa-bisa kita kena getahnya lho.....




Nah bagaimana dengan anda, buah yang mana yang anda sukai.....????




Popular Posts

Pengikut