Ranking

Minggu, 03 Maret 2013

Bahagia Bersama " P S K "

Bahagia Bersama " P S K "

Bahagia merupakan cita -cita hidup kita bersama, tak ada orang yang berharap dalam kehidupannya mengalami kesusahan, kesedihan dan ketidakceriaan. Kebahagiaan seseorang jikalau tahu bahwa dirinya ada kekurangan yang kemudian disempurnakan oleh " P S K " itu. 

Nah sob tahukan anda siapa  " P S K " yang membuat kita menjadi lebih sempurna dan lebih bahagia? Tahu donk....., itu kan....?. Eh...jangan salah sangka dulu lho "P S K" ini sebuah singkatan dari Pujian Saran  dan Kritik. Oooo...itu tho kirain...

Tanpa diragukan lagi sebuah pujian yang ikhlas dari orang lain akan membuat kita semakin bersemangat dalam beraktivitas. Coba lihat anak-anak kita misalkan , anak-anak itu akan lebih bersemangat jika mendapat pujian dari orang tuanya, semangat dalam belajarnya semangat ketika membantunya dan masih banyak hal lain yang ringan dikerjakannya. Kitapun demikian koq ketika meng upload lantas kemudian BW dan mendapat komentar yang isinya pujian ( entah pujian asli atau sekedar basa-basi) akan tetapi yang kita rasakan kita bersemangat untuk nulis dan selalu menghadirkan informasi yang baru. Inilah yang saya katakan bahwa sebuah pujian bisa membahagiakan.




Yang selanjutnya orang bisa lebih maju jika pada dirinya mau menerima saran. Sebuah saran memang sangat penting artinya bagi kita, betapa tidak. Kalau kita jujur masih banyak hal yang belum kita ketahui, boleh jadi kita tahu akan masalah ini tapi tidak untuk masalah yang itu ataupun sebaliknya. Maka wajar jika dalam kehidupan kita kan kita jumpai berbagai saran dari orang -orang yang ada disekitar kita. Dan yang perlu diingat bahwa dia atas langit masih ada langit artinya betapapun kita sudah  memilki ilmu yang tinggi yang luas tetap saja butuh saran dari yang lainnya.




Dan yang ketiga adalah Kritik. Apakah anda suka mengkritik tapi tidak mau dikritik? ataukah sering dikritik tapi tidak bisa mengkritik? jawabannya terserah anda. Kritik yang kita terima mestinya akan menjadi energi baru yang kita rasakan. Selama ini mungkin tidak terasa kalau masih banyak hal yang kurang dan perlu penyempurnaan. Ibarat kita sedang bercermin yang nampak adalah depannya saja sementara yang bagian belakang tidak nampak, Ketika ada orang lain yang tahu akan hal itu maka kitapun akan rela untuk menerima  masukan itu. Dan tentunya kritikan yang kita harapkan adalah kritik yang membangun artinya kritik yang disampaikan itu berdasar dengan data dan fakta yang nyata.




Gimana sob apakah anda masih bersama dengan "P S K"?






7 komentar:

  1. wokei saya akan selalu bersama psk, kalaulah kritik yang kita dapatkan jangan sampai mempurukkan kita, begitu juga bila dapat sanjungan jangan lupa daratan, entar akan direbut orang daratan kita berpijak. jangan bandel bila dapat saran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu min, bersamanya akan lebih baik. Kritikan, saran dan pujian mestinya akan menjadikan kita lebih dewasa, gitu kan bu?

      Hapus
  2. kalau sama PS sih.... banyak orang yang bisa nerima, giliran dikasih K - hehe.. perlu kecerdasan emosi tertentu untuk menerimanya, dan sebaliknya untuk menyampaikannya juga...

    BalasHapus
  3. setuju mbak, untuk yang K harus pandai dalam menyampaikannya juga perlu kesiapan mental untuk menerimanya

    BalasHapus
  4. kalau untuk p ya dah manusiawi semua orang pasti suka di puji kecuali orang2 yg menjaga hatinya karena takut ria atau terlalu bangga diri sehingga tidak mau dipuji karena pujian ini juga bisa menjerumuskan seseorang dalam hal beramal ( ibadah dlm islam ) sehingga dia terkena Ria atau ujub setelah beramal yang mana kedua sifat itu bisa mengurangi atau bahkan bisa menghilangkan pahala dari ibadah yg kita lakukan, kalau untuk s dan k biasanya orang agak berat pada awalnya untuk menerima ini karena tingkat emosional dan cara berfikir orang berbeda kadang niat kita baik untuk memberikan saran atau kritik pada seseorang tapi malah orang tersebut tersinggung karena dikira kita dah merendahkannya,, jadi butuh bahasa dan waktu yg tepat untuk memberi saran atau kritik dn kalau untuk kita sendiri sy setuju memang butuh kesiapan mental dn hati yg lapang untuk menerimanya, nicepost gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga hati....., trims

      Hapus
    2. semoga saja kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga hati....., trims

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...