Ranking

Jumat, 01 Maret 2013

IIHHH.....TAKUT.....

IIHHH.....TAKUT.....




Gimana sob, apakah anda pernah mengalami ketakutan? apa yang anda takutkan? wah....kalo saya sich pernah ...macem-macem yang aku takutkan.

Rasa takut atau ketakutan adalah suatu perasaan yang berhubungan dengan keadaan yang terdesak, tegang, dan keputus asaan. Rasa takut akan dicetuskan tubuh dalam bentuk jantung yang berdegup kencang,meningkatnya denyut nadi, naiknya tekanan darah, dan juga telapak tangan yang berkeringat dingin. Perasaan ini sering sejalan dengan perasaan ngeri dan tak tahu jalan keluarnya.

Rasa takut biasanya merupakan tanda adanya bahaya dan hal ini akan menimbulkan keinginan untuk melarikan diri. Ketakutan sebenarnya merupakan sebuah perlindungan diri yang wajar, jika memang ada bahaya yang nyata. Namun, ketakutan sering juga timbul walaupun tidak ada bahaya yang nyata sehingga dalam hal ini ketakutan justru akan menghambat diri maupun aktivitas kita. Ketakutan seperti ini sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan, dan cukup sering kita mengalaminya.

Ada beberapa contoh ketakutan, yakni ketakutan terhadap ular, anjing binatang-binatang buas, takut kegelapan, ketakutan akan ujian, ketakutan untuk tampil di depan umum, dan masih banyak lagi tentunya...
Sebuit saja Pak Mahmud, seorang petani dari daerah  yang masih banyak binatang buas nya. Ia takut terhadap buinatang itu. Oleh karenanya bersama-sama penduduk lainnya ia memikirkan bagaimana mereka dapat melindungi dari ancaman binatang buas itu.

Sementara itu, si Ahmad ia tinggal di tengah kota juga sanagt takut akan harimau. Karena di kota itu tidak akan bertemu dengan harimau, maka ketakutan seperti ini meski tidak sesuai tentu tidak akan menghambat kehidupan sehari-hari Ahmad.

Lain lagi Yanti, seorang pelajar SMA, sangat takut ketika setiap kali menghadapi ujian ataupun ulangan sehingga ia tidak dapat mengerjakannya dengan baik,, walaupuan sebenarnya ia mampu.

Demikian juga, Sinta dia seorang guru SMA. Pengetahuannya tentang bidangnya sangat mendalam dan ia juga sangat dihargai murid-muridnya. Namun, karena ia tidak berani tampil berbicara di depan orang banyak, jika ada acara resmi, maka ketakutan ini sangat menghambat perkembangan kariernya.

Susi lain lagi ia termasuk golongan penakut. Ia cepat menarik diri dan sngat ketakutan terhadap masa depannya. Ia takut tidak akan mendapat pekerjaaan, yang kemudian akan menyebabkannya tidak mempunyai uang sendiri sehingga ia selalu bergantung pada keluarganya.

Contoh diatas tadi memberi gambaran pada kita semua bahwa ketakutan itu dapat timbul dari berbagai bentuk. Dan yang paling penting, menyadari atau mengenali apa yang menjadi ketakutan kita, kemudian menilainya apakah ketakutan itu sesuai atau tidak dalam realitas kehidupan kita. Seringkali terjadi, walaupun kita tahu bahwa ketakutan kita sebenarnya tidak beralasan, perasaan ini tidak hilang begitu saja. Oleh karena itu,kita harus belajar hidup dengan ketakutan tersebut dan belajar menghilangkan sedikit demi sedikit.

13 komentar:

  1. ada temnku yg takut sama nasi. parah ga tuh...
    ada lagi yg takut ama karet gelang, kalo liat karet gelang dia selalu pingsan..
    itu takut ato apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama nasi saja takut trus gimana kalau mau makan ya..? trus kalau takut sama karet mungkin dikiraiin ular mbak....

      Hapus
    2. Kalo tante ku ga suka ama kapas, ada2 saja yah ketakutan2 org :)
      Tapi itu yg sy herankan ada jg ya yg takut ama nasi, haduh haduh >__<

      Hapus
    3. ya aku juga heran masa orang takut sama nasi, tapi itu kan memang ada

      Hapus
  2. Kadang memang ada ketakutan yang tidak beralasan, bahkan kita sendiri tidak mengetahui kenapa bisa ada rasa takut tersebut. Betul firman Tuhan bahwa manusia akan diuji dengan rasa ketakutan, entah kelaparan atau kemiskinan, bahkan bahaya atau musibah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas ujian itu semua akan hadir dalam setiap kehidupan kita, semoga kita bisa melaluinya,ya kan ?

      Hapus
  3. rasa takut itu manusiawi ya :)
    benar ketakutan itu memang lbh sering menghambat aktivitas kita ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...dan ketakutanyang berlebihan akan menghambat aktifitas kita

      Hapus
  4. .. kalo aq takut dosa. huhh. ingin skali aq menghindarinya. namun,, entah lah. aq mampu apa gak tuk menghindari dosa. huhh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak semua juga takut dosa koq, insya Allah mbak mampu menghindarinya

      Hapus
    2. .. aamiin,, smoga kita bisa ya?!? oia saya panggil mas ato pak nich?!? maav ya?!? walo pun aq rada lumayan riwa riwi disini namun belum sempet berkenalan. he..86x ..

      Hapus
    3. aamiiin...., terserah mbak saja tpi panggil pak lebih baik

      Hapus
    4. aamiiin...., terserah mbak saja tpi panggil pak lebih baik

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...