Ranking

Selasa, 19 Maret 2013

LIMA TANTANGAN SATU SERUAN


LIMA TANTANGAN SATU SERUAN

Lima satu, ini bukan skor dalam pertandingan sepak bola lho…, Lima satu juga bukan kemenangan dalam pertandingan olah raga yang lain. Akan tetapi lima satu adalah merupakan tantangan yang harus kita hadapi sebagai manusia dan hanya satu ajakan untuk kita semua.

Tantangan yang pertama kita hadapi adalah dari arah depan. Dari arah ini IBLIS telah menanti kedatangan kita. Artinya kita harus bertarung melawannya. Kenapa? Ketika kita tidak melawannya maka iblis akan mengajak kita semua meninggalkan agama kita. Bisa kita bayangkan bagaimana jika saja seseorang sudah kehilangan agamanya, maka tak akan pernah hidupnya mengalami suatu kebahagiaan. Karena agama adalah sebagai salah satu aturan dalam hidup ini. Jika tidak ada aturan yang pasti hidup juga tak kan bahagia.

Yang kedua dari sebelah kanan JIWA kita senantiasa mengajak kita untuk selalu membangkang perintah-perintah Nya dan selalu melakukan kemaksiatan. Masih ingat kan sobat, ketika seseorang melakukan kemaksiatan  maka hatinya akan tertutup dari cahaya kebenaran, susah ditembus cahaya kebaikan, hatinya akan menjadi hitam pekat, menjadi hati yang mati.

Dari sebelah kiri, ada NAFSU. Nafsu yang selalu dan selalu ingin memuaskan syahwat. Salah satu hal yang  membedakan kita dengan makhluk yang lain adalah karena kita mempunyai nafsu. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengdalikan nafsu, jangan sampai pernah kita ditumpangi oleh nafsu itu.

Selanjutnya dari arah belakang DUNIA, selalu menawarkan hal-hal yang sangat menggairahkan. Sehingga banyak orang yang terlena dengan gemerlapnya dunia, dan lupa akan bagiannya diakhirat nanti. Padahal sob, hidup di dunia ini hanyalah sementara sedang diakhirat akan kekal abadi. Apakah kita rela dengan yang sementara  kemudian melupakan yang abadii?

Sedangkan dari sekitar kita adalah tantangan yang berasal dari ANGGOTA TUBUH. Nah..anggota tubuh inilah jika kita tidak pandai –pandai mengelolanya maka semua akan mengajak kepada perbuatan dosa. Memang apa yang telah diberikan oleh Allah pada kita yang berupa anggota tubuh ini mempunyai dua potensi, yaitu potensi untuk berbuat baik (TAAT) dan potensi untuk berbuat buruk ( DOSA). Ketika potensi untuk berbuat dosa lebih besar maka sudah bisa kita pastikan kita gagal melewati rintangan ini

Dari atas ada seruan  ALLAH swt untuk ke syurga. Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah apakah kita sudah memenuhi seruan itu?  Ataukah malah kita tidak peduli terhadap seruan itu?. Sob, ketika kita mengiyakan seruan Allah Insya Allah semua tantangan tadi bisa kita lewati, dan hanya kebaikanlah yang bisa kita peroleh.

18 komentar:

  1. subhanallah, maha suci Allah

    tulisannya menyentil hati saya lagi.

    smoga kita senantiasa mengingat potensi ini dan itu agar tak terhindar keburukan.
    Jadi IBLIS, JIWA, NAFSU, DUNIA & ANGGOTA TUBUH. 5 Hal ini.

    seandainya smw umat manusia menyadarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja semua pada cepat sadar Annur...

      Hapus
  2. siap menjaga berbgai arah...

    BalasHapus
  3. banyak sekali tantangan manusia itu ya sob, semoga Alloh senantiasa membimbing kita dalam menghadapi musuh-musuh tersebut, aamiin
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Arif semoga Allah tetap membimbing kita kejalan yang benar

      Hapus
  4. dari seluruh penjuru mata angin rupanya tantangan dan hambatan mengincar kita.
    mari kita siap sedia selalu Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari mari...tetap siap sedia setiap saat...

      Hapus
  5. Balasan
    1. Allah Yang Maha Pengasih, Allah Yang Maha Penyayang

      Hapus
  6. .. untuk tantang 1-5,, huhh. aq no comment. oia untuk paragraf akhir, dengan kata surga. aq pun jd keinget akan lirik "jika surga n neraka gak pernah ada". kayaknya lirik itu gimana gitu. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sih mbak,liriknya siapa ya? setahuku surga n neraka itu ada tapi memang gak keliyatan cz termasuk hal yang ghoib dan perlu kita percayai itu.

      Hapus
  7. harus punya tameng yang super kokoh dan nggak boleh lengah dari mana pun arah itu menyerang.

    Great!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Zie harus punya tameng yang kokoh dan kuat

      Hapus
  8. Semoga saya mempunyai potensi yang baik sehingga terjauhkan dari dosa.

    BalasHapus
  9. hidup ini memang penuh dengan ujian harus tetap semangat agar bisa tetap menghadapi ujian yang ada dengan sabar dan sesuai dengan yg diperintahkan Alloh Azawajalla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat,dan bersabar trims Ummu....

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...