Senin, 30 September 2013

TEMPAT HATI

TEMPAT HATI

Hati itu memiliki enam tempat yang tidak ada  lagi tempat ketujuh; tiga diantaranya rendah dan tiga yang lainnya ditempat yang tinggi. Nah, tiga tempat yang rendah itu adalah dunia yang menghiasinya, hawa nafsu yang menodainya, dan musuh yang mengganggunya. Sedangkan ketiga tempat yang tinggi adalah ilmu yang memberinya penjelasan, akal yang memberinya pertimbangan, dan Tuhan yang disembahnya, dan hati adalah kendaraan di tempat tersebut.


Sabtu, 28 September 2013

BAHAGIA DAN SUSAH

BAHAGIA DAN SUSAH

Ibarat dua mata keping uang yang tak kan bisa dipisahkan. Antara bahagia dan susah. Susah adalah dimana ketika hati kita merasakan sakit, pedih pilu dan trenyuh dan pada akhirnya meneteskan air mata sebagai bukti ksesedihannya. Sedangkan bahagia jika hati kita bisa merasakan nikmat, nyaman, aman dan sejuk yang pada kemudian akan menjadikan kita bisa tersenyum atau juga tertawa, kadang juga bisa menangis karena terlalu bahagia. Dua rasa ini saya pikir semua mengalaminya. iya kan ????

Akan tetapi ketika bahagia itu datang dan dalam waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun dirasakannya ketika telah berlalu maka yang kita rasakan adalah seakan-akan bahagia itu hanya sebentar saja. Berbeda dengan kesusahan jika saja kesusahan itu datang menghampiri diri kita meski hanya sedetik maka yang kita rasakan adalah kepahitan yang begitu lama seakan-akan hal itu terjadi bertahun-tahun lamnya.

Nah, gimana dengan anda ?

Rabu, 25 September 2013

TERGIUR HARGA MURAH...

TERGIUR HARGA MURAH...

Harga murah adalah jika barang itu berkualitas baik akan tetapi harga dibawah rata-rata. Itu baru dikatakan murah. Ada juga yang mengatakan barang itu murah selagi bisa membeli maka barang itu termasuk murah. Artinya barang murah itu relatif, setiap orang akan mempunyai penilaian yang berbeda tentang masalah itu. Dan itu kita kembalikan kepada anda semua.

Harga murah,....dimanapun berada akan tetap ada yang memburunya. Ketika ada pasar murah....bisa kita lihat betapa berebutnya orang-orang untuk mendapatkan barang yang dijual dengan harga murah tadi. Padahal belum tentu harga murah itu kualitasnya bagus, Terkadang juga masih murah di pasar. he he.....

Satu pengalaman yang kemaren dialami teman adikku. Waktu pulang dari kuliah didepan kampus ada orang yangberjualan Ban motor dengan harga murah. Bisa dikatakan harganya separuh dari harga ban yang ada di toko-toko. Nah, tergiutr dengan harga murah itu langsung saja temen adikku membeli ban dan kemudian dipasang. 

Baru,..memang akan tetapi ternyata baru dua hari dipakai untuk berangkat kuliah lagi ban itu pecah. Maksud hati ingin ngirit dengan membeli ban murah tapi nampaknya harus merogoh kocek lagi untuk membeli ban yang baru akhirnya jadi ngorot alis boros. Dan kali ini dia tak mau lagi coba-coba dengan barang yang murah. 

Bagaimana dengan anda apakah anda suka barang dengan harga yang murah ??

Senin, 23 September 2013

Bersabarlah Wahai Para Suami.....

Bersabarlah Wahai Para Suami.....

Suami menjadi kepala rumah tangga, meski demikian tak selamanya seorang suami mempunyai power alias menguasai istrinya. Yang ada adalah seorang suami itu MELINDUNGI istrinya. Namun dalam perjalanannya bentuk perlindungan suami yang mungkin dianggap terlalu oleh istri sehingga maksud dari suami ingin melindungi menjadi arti lain yaitu menguasai.

Saya pikir setiap suami akan berbuat untuk menyenangkan hati istrinya, akan tetapi yang perlu diketahuai oleh suami adalah istri itu seorang wanita yang diibaratkan dengan tulang iga, Ketika terlalu keras dalam meluruskannya maka akan patah sebaliknya jika lembek maka tulang itupun akan bengkok. Maka dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra dalam membimbing istri. Kuncinya" SATE" ( SABAR dan TELATEN )
Banyak-banyaklah wahai para suami memberi SATE kepada istrinya......

Dalam sebuah ceramahnya pernah seorang ustadz menyampaikan pengalamannya. Ketika pulang dari berceramah beliau dikasih bawaan ( cangkingan ), nah sesampainya dirumah apa yang terjadi...betapa senangnya ketika seorang suami pulang kerumah dengan membawa sesuatu. Sang suamipun ikut senang melihat istrinya senang.

Di lain hari seorang ustadz itu diundang lagi untuk berceramah. Akan tetapi kali ini beliau tidak dikasih cangkingan seperti hari kemaren. Di tengah perjalanan ustadz tadi mampir ke sebuah toko buah untuk membelikan buah pada istrinya. Tiada maksud hanya untuk memnyenangkan hati istri tercintanya. Tapi apa yang terjadi,.  oh...ternyata buah yang sudah dibeli suami itupun mendapat tanggapan yang kurang sedap. Istrinya bertanya,...Bi berapa sich abi beli buah ini......? suaminya menjawab sepuluh ribu....mang kenapa mi ....ehmm pantesan rasanya gak manis. Dengan perasaan kecewa tapi dupendam ustadz tadi bilang ya mi...besok abi beli lagi tak belikan yang manis. Tutur suami menenangkan istrinya.

Nah, pada hari berikutnya  ustadz mendapat panggilan untuk berceramah lagi, dan ternyata hari inipun sama dengan hari yang kedua tadi, sehingga ustadz tadi harus membeli lagi buah untuk istrinya yang sedang menunggu dirumah. kali ini ustadz membeli dengan harga yang sangat mahal dan buahnya termasuk yang istimewa. Kira-kira apa yang terjadi setelah sampai dirumah. Sang Istri terkejut sebentar setelah merasakan manisnya buah yang dibelikan suaminya. Baru kemudian bertanya Bi....berapa harga buah ini ? Ada apa mi...umi gak suka ya...? bukan itu maksud umi...bi...Lalu kenapa ? he he rasanya kok lain dari yang kemaren.... Ya iyalah Mi....tu buah harganya tiga kali lipat yang kemaren. Ooh.... panteesan. Abi...banyak mengeluarkan uang hanya untuk buah ini ya....terus untuk kebutuhan yang lainnya pasti berkurang donk...?

Begitulah sob, sekilas kisah dari pengalaman ustadz tadi. Apa yang anda peroleh dari kisah tersebut silahkan simak betul-betul. Kalo kebetulan anda sebagai seorang suami (seperti ustadz ) tadi apa yang anda lakukan, jika anda pembaca perempuan bagaimana sikap anda kepada suami anda ?

Ditunggu komennya!!!! 

Sabtu, 21 September 2013

  ELING-ELING......
( INGAT-INGAT )






Eling -eling siro manungso ( ingat-ingat wahai manusia )
Temenno anggonmu ngaji  ( bersungguh-sungguhlah dalam ngaji / mencari ilmu agama )
Mumpung durung katekanan ( sebelum kedatangan )
Malaikat juru pati ( malaikat pencabut nyawa )

Ngelingono yen katimbalan ( ingatalah ketika ada panggilan )
Yen wes wanci ora oleh wakilan (ketika sudah waktunya tidak boleh diwakilkan )
Disandangi sarwo putih ( diberi pakaian  serba putih )
Yen wes mangkat ora biso mulih ( kalao sudah berangkat tidak bisa kembali lagi )

Ditumpakno kereto jowo ( dinaikkan kereta jawa )
Rodane roda rupa manungso ( Roda yang berupa manusia )
Jujugane ing jero guwo ( tujuannya di sebuah gua )
Tanpo bantal tanpo keloso ( tiada bantal tiada tikar )

Dituruk e ngalor ujure ( ditidurkan menghadap keutara )
Gua ne banget ciute ( guanya sangat sempit )
Nok kono ra ono lawange ( disitu gak ada pintunya )
Turu dewe ra ono kancane( tidur sendiri tiada yang menemani )

Ditutupi anjang -anjang ( ditutup dengan bambu dan dedaunan )
Dikubur disiram kembang ( dikubur ditaburi bunga )
Yen sholate wes arang-arang ( kalo sholatnya sudah jarang-jarang )
Mertandani imane kurang ( itu pertanda kurangnya iman )

Begitulah sob, sepenggal puji-pujian yang ketika waktu kecil sering disuarakan di musholaku. Dulu waktu melantunkan syair itu belum tahu apa sich maksudnya? biasa kan anak- anak bisa nyanyi tapi belum tahu makna yang terkandung didalamnya.

Baru setelah betul-betul direnungkan ternyata sungguh mengandung makna yang sangat dalam. Dimana sebelum kita meninggal dunia kita sudah diingatkan untuk memperbanyak amalan ( bersungguh - sungguh dalam mencari ilmu agama ) sebelum kedatangan maut.

Ingat, ketika waktu telah tiba, artinya umur sudah sampai pada batasnya maka hal itu tidak bisa kita wakilkan dan tidak bisa kita tangguhkan meski hanya satu detik. Nah, setelah meninggalkan dunia kita kembali kepada Allah dengan diberi pakaian serba putih.

Lalu setelah itu dibawa dengan menggunakan keranda mayat yang dalam bahasa jawa namanya kereto jowo yang diangkat manusia sebagai rodanya yang bertujuan menuju sebuah gua. Didalam gua tiada bantal dan tiada tikar. Tiada yang menemani didalam kubur kecuali amalan yang sudah kita lakukan didunia. Di gua tak ada pintu tak ada jendela hanya kita bersendirian disana.

Setelah dikubur ditabur bunga maka ditinggalkan sanak keluarga. Tinggallah kita sendirian untuk mempertanggungjawabkan semua amalan kita. dan yang perlu diingat bahwa salah satu indikasi kurangnya iman seseorang jika sudah jarang melakukan sholat.

Untuk itu mari kita sholat sebelum disholati....


Jumat, 20 September 2013

WASPADAI 10 PERKARA YANG TAK BERMANFAAT.

WASPADAI 10 PERKARA YANG TAK BERMANFAAT.

Sob, tentunya kita semua menginginkan agar apa yang kita lakuakn itu ada manfaatnya, meski kecil nilainya. Namun nampaknya perlu kita waspadai ada beberapa hal yang tidak ada manfaatnya jika kita melakukannya. Apa itu  ????

Silakan simak berikut ini :

 1. Ilmu yang tidak diamalkan. Betapa banyak ilmu yang sudah kita dapatkan. Bahkan setiap waktu kita mendapatkan tambahan ilmu. Akan tetapi ilmu tersebut tak akan banyak manfaatnya jika tidak diamalkan. Oleh karena itu mari kita amalkan ilmu yang sudah kita miliki.

2. Amal yang tidak ikhlas. Amal yang kita lakukan haruslah dilandasi dengan keikhlasan. Dan untuk mencapai keikhlasan ini membutuhkan perjuangan yang sangat berat dan panjang. 

3. Harta yang tidak dipersembahkan untuk akhirat. Harta benda yang kita kumpulkan di dunia ini tak begitu mempunyai manfaat jika hanya kita hambur-hamburkan untuk memenuhi kebutuhan duniawiyah saja. Mestinya harta itu juga harus kita alokasikan kepada amalan akhirat.

4. Hati yang tidak mencintai Allah. Hati klita sering berubah ubah, terkadang sangat mencintai Allah tapi dilain waktu kadang kita melupakannya dalam artian kita mencintai selain Allah. Oelh sebab itu karena kita sudah tahu karakter hati yang begitu, marilah kitra tetap berusaha supaya Allah tetap meneguhkan hati ini untuk tetap di jalan Nya.

5. Badan yang tidak taat dan tidak mengabdi kepada Nya. Buat apa kita dikasih badan yang bagus, cantik , indah tetapi kalao semuanya itu tidak digunakan untuk mentaaati perintah Allah. Setampan Nabi Yusufkah kita atau secantik Zulaikhah kah kita ???? gak kan....????

6. Kecintaan yang tidak diridhai oleh orang yang dicintai dan tidak menjalankan perintah-perintah Nya. Cinta yang kita punyai haruslah berlandaskan cinta karena Ilahi.

7. Waktu yang terbuang, Banyak waktu yang diberikan Allah kita gunakan pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Padahal waktu itu terus berlalu. Dan berlalunya waktu tidak akan bisa kembali lagi. Maka jika kita membuangnya dengan percuma kita akan menjadi orang-orang yang merugi.

8. Pemikiran yang berputar-putar pada sesuatu yang tidak bermanfaat. Allah mengaruniakan salah satu nikmat yang besar yaitu kita bisa berfikir. Sedangkan makhluk lain tidak mempunyai itu. Namun tidak sedikit orangyang dikaruniani fikiran yang bagus hanya untuk berfikir sesuatu yang kurang bermanfaat. Sehingga energinya terkuras habis untuk sesuatu yang sia-sia.

9. Pengabdian yang tidak mendekatkan diri kepada Allah, tidak mendatangkan kemaslahatan dunia. Ini akan menjadi sia-sia jika saja seluruh pengabdian kita yang kita lakukan tidaklah bisa mendekatkan diri kepada Allah dan juga tidak bisa mendatangkan kemaslahatan dunia. Oleh karena itu seluruh pengabdian itu haruslah bisa mendekatkan diri pada Allah sekaligus bisa mendatangkan kemaslahatan dunia.

10. Rasa takut dan harapan yang ditujukan kepada orang yang nasibnya ditangan Allah, sehingga dia sendiri tida memiliki untuk dirinya bahaya, manfaat, kematian, kehidupan dan tempat kembali.

Rabu, 18 September 2013

Oh Ternyata...

Oh Ternyata...begitu terbuka pintu rizki Allah

Sob, mungkin banyak yang merasakan karena saking biasanya maka terasa seolah - olah yang biasa itu bukanlah sebuah nikmat. Padahal semua yang kita rasaka adalah merupakan nikmat pemberian dari Allah yang Maha Pemberi Rizki.

Masih ingat kan sob, bagaimana ketika kita masih menjadi janin betapa rezki itu hanya diberikan oleh Allah lewat satu pintu yaitu yang bernama plasenta ( pusar ). sampai pada batas waktu yang ditentukan oleh Allah. Nah, ketika janin itu terlahir maka pintu rezki yang satu itupun tertutup, namun demikian ternyata Allah justru memberikan dua jalan rezki yang lainnnya, yaitu dua sumber air susu.

Ketika bayi itu disapih, dua jalan otomatis tertutup, langsung Allah membuka baginya empat pintu rezki. Yaitu dua makanan ( yang berasal dari binatang dan tumbuhan ) dan dua minuman ( air putih dan air susu ).

Ketika meninggal dunia maka terputuslah empat jalan rezki itu, tetapi Allah SWT membukakan baginya delapan jalan yang lebih baik dari semua yang telah disebutkan, yaitu delapan pintu surga yang bisa dimasuki dari mana saja menurut yang ia kehendaki. Namun yang terakhir ini adalah khusus untuk orang-orang yang bertaqwa yang sepenuh hatinya tertuju untuk mencintai Allah SWT.

Minggu, 15 September 2013

Mengapa Allah menjadikan Adam

Mengapa Allah menjadikan Adam sebagai akhir dari makhluk-makhluk lain ?

Sering kita bertanya- tanya, mengapa Allah menjadikan Adam sebagai ciptaan Nya yang terakhir. Sudah lama belum juga dapat jawabannya. Namun alhamdulillah setelah kemaren baca salah satu karya dari Ibnul Qoyyim Al- Jauziyah yang berjudul AL FAWA"ID menuju pribadi takwa. Disana akan kita temukan jawabannya. Nah, untuk itu sedikit akan aku tulis kembali tentang hal itu?

Makhluk yang pertama kali diciptakan adalah pena, untuk menulis segala ketentuan sebelum menciptakannya pada sebuah kenyataan. Adam dijadikan sebagi makhluk yang terakhir karena memiliki beberapa pertimbangan :

Pertama, persiapan tempat tinggal sebelum ada yang menempatinya

Kedua, Adam adalah tujuan akhir dari semua ciptaan lain baik yang ada di langit maupun di bumi, matahari, bulan, daratan dan lautan.

Ketiga, Pencipta yang baik adalah yang mengakhiri karyanya dengan seabik-baiknya seperti yang diperlihatkannya pada awal karyanya.

Keempat, bahwa jiwa senantiasa melirik kepada hasil akhir. Maka dari itu Musa berkata kepada para penyihir:"Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan," Ketika manusia melihat apa yang mereka lakukan, maka mereka menjadi tercengang melihat apa yang terjadi sesudahnya.

Kelima, bahwa Allah SWT mengakhirkan kitab suci. Nabi dan umat yang paling mulia diakhir zaman, menjadikan akhirat lebih baik dari pada dunia, dan menjadikan akhir sesuatu lebih baik dari permulaanya. Ingatlah perkataan Allah kepad rasul Nya."Bacalah", lalu dijawab: "Saya tidak dapat membaca" dan perkataan Nya," Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu."

Keenam, Allah mengumpulkan apa yang terpisah-pisah pada alam pada diri Adam, yaitu antara alam kecil dan alam besar.

Ketujuh, Adam adalah ringkasan dari seluruh wujud dan buahnya, maka tidak mengherankan jika Adam diciptakan setelah penciptaan seluruh wujud.

Kedelapan, di antara kemuliaan yang diperoleh Adam adalah, dipersiapkan untuk kemaslahatan, kebutuhan, peralatan hidup dan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan hidupnya. Setiap kali ia mengangkat kepalanya, maka segala sesuatunya telah tersedia baginya. 

Kesembilan, Allah ingin menunjukkan kemuliaan dan keutamaan Nya kepada seluruh makhluk, sehingga mereka diciptakan terlebih dahulu. Maka dari itu malaikat berkata :"Tuhan kami menciptakan apa yang dikehendaki Nya, maka Dia tidak menciptakan makhluk lebih mulia dari kami. Ketika Allah menciptakan Adam dan mereka disuruh untuk bersujud kepadanya, muncullah kemuliaan dan keutamaan Adam karena ilmu pengetahuannya. Ketika Adam melakukan dosa, para malaikat mengira bahwa kemuliaan itu telah hilang darinya dan tidak akan bertaubat kepada Nya. Namun Adam bertaubat kepada Allah dan menyembah Nya kembali, mereka baru tahu bahwa Allah memiliki rahasia yang tidak diketahui oleh selain Nya.

Kesepuluh, Allah ketika memulai penciptaan alam ini dengan pena, telah menggariskan untuk mengakhirinya dengan penciptaan manusia; maka pena adalah alat pengetahuan dan manusia adalah orang yang berilmu pengetahuan. Maka dari itu Allah menunjukkan kemuliaan Adam kepada malaikat dengan ilmu pengetahuan yang dikhususkan kepadanya dan tidak dimiliki oleh selainnya.

Jumat, 13 September 2013

DOSA ITU LUKA........

DOSA ITU LUKA........

Sob, manusia mana sich yang tak pernah melakukan perbuatan dosa? pasti semua pernah melakukan dosa, bahkan manusia pertamapun juga pernah melakukan perbuatan dosa. Namun yang menjadi permasalahannya adalah sebesar apa dosa yang dilakukannya. Ada sebagian melakukan dosa besar, ada juga yang melakukan dosa kecil.

Dari sana bisa saya simpulkan bahwa dosa itu terdiri dari empat huruf. Dan huruf yang pertama adalah D artinya dosa itu bisa terjadi karena lemahnya iman, hilangnya fikiran dan menguatnya hawa nafsu. Sob, setujukah anda jika orang melakukan dosa itu karena tiga hal tersebut?

Yang kedua huruf O, Orang yang melakukan dosa akan terluka. Ini yang sering kita rasakan betapa ketika seseorang yang melakukan dosa ia akan merasa terluka dengan perbuatannya. Jika dosa itu kecil maka luka yang dideritanya pun kecil demikian juga juga dosa besar maka lukanya akan besar pula. Namun demikian kita tidak bisa meremehkan besar kecilnya apapun dosa yang kita lakukan akan tetapi dengan siapa dosa itu kita lakukan. Astaghhfirullahal 'adhim....

Huruf ketiga yaitu S, Sehingga orang yang terluka akan merasakan sakit, pedih , perih dan sejuta rasa yang tidak mengenakkan badan. Badan terasa hampa , lemah tak berdaya ketika mengingat dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Semakin banyak dosa yang kita lakukan semakin sakit pula rasa itu akan menemani tubuh ini.

Yang terakhir Huruf A. Akhirnya jika kita menyadari akan dosa yang kita lakukan maka tiada jalan yang kita tempuh kecuali bertaubat dari perbuatan itu. Bertaubat dari dosa ibarat meminum obat dari segala penyakit yang kita derita. Dan betapa banyak obat yang harus kita minum untuk menyembuhkan penyakit ini.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa yang sudah kita lakukan.

Rabu, 11 September 2013

BAGUSKAH ANAK-ANAK BERMAIN ???

BAGUSKAH ANAK-ANAK BERMAIN ???






Orang tua sering beranggapan salah terhadap anak. Sebagian mereka mengira bahwa masa kanak-kanak hanya untuk bermain dan bersantai-santai. Sementara sebagian yang lain mempunyai anggapan bahwa di masa sekolah berarti waktu bermain bagi anak telah usai. Anak-anak dikekang dan dilarang untuk bermain.

Bermain adalah sarana untuk belajar dan mengembangkan akal dan fisik secara bersamaan. Bermain adalah seni dan ilmu yang dimanfaatkan oleh orang tua untuk melatih pada anak-anaknya. Bermain tidak hanya berupa kegiatan fisik, seperti main bola. Bermain dapat memperbarui aktivitas akal dan fisik, pengembangan pengetahuan, membentuk kepribadian akhlak, serta potensi kehidupan.

Bagaimana, pendapat anda ???

Jumat, 06 September 2013

APA SICH WAKTU LUANG ITU ??

APA SICH WAKTU LUANG ITU ??




Salah satu kenikmatan yang besar yang diberikan Allah kepada kita adalah waktu. Maka beruntunglah orang yang sibuk membangun hidupnya dan berjalan pada jalan yang lurus. Sebaliknya, rugilah orang yang menghabiskan waktu dengan jalan yang tidak diridhoi Allah dan Rasul Nya. Karena itu kita harus memperhatikan pemanfaatan waktu luang sejak dari kanak-kanak hingga masa tua supaya terbentuk pribadi yang sholih bagi keluarga, masyarakat, dantanah air. 

Negara-negara maju telah membuktikan kemampuannya dalam memanfaatkan waktu luang. Dampaknya pun terlihat pada pribadi bangsa yang maju dan makmur. Mereka beraktifitas pada waktu luang, bukan pada jam kerja. Hendaknya, kegiatan di waktu luang dilakukan dengan santai, bukan karena terpaksa.

Nah, berikut ini ada beberapa definisi waktu luang, silahkan simak ya...!

1. Menurut Rabiltuz waktu luang adalah waktu yang tersisa dari pekerjaaan yang diharuskan atau sisa waktu belajar, atau waktu untuk melaksanakan kewajiban sehari-hari.

2. Negara-negara barat mendefinisikan waktu luang adalah waktu bebas yang tersisa dari 24 jam setelah dikurangi untuk kegiatan penting sehari-hari termasuk tidur. Orang-orang mengisi waktu tersebut dengan kegiatan santai sesuai keinginannya.

3. Muhammad Adil Khithab berpendapat bahwa waktu luang adalah waktu bebas yang oleh seseorang diisi sesuai dengan kegiatan yang dikehendakinya.

4. Kelompok Pendidikan Masyarakat mengatakan bahwa waktu luang adalah waktu yang didisi secara bebas dari kepentingan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencari upah. Dengan kata lain, waktu luang adalah waktu tambahan atau sisa dari kerja yang dilakukan oleh setiap orang yang bertujuan mencari nafkah.

Nah, bagaimana dengan, anda adakah waktu luang ????

Rabu, 04 September 2013

MASJID TEMPAT MEMBENTUK KARAKTER ANAK

MASJID TEMPAT MEMBENTUK KARAKTER ANAK




Masjid adalah rumah Allah yang bersemayam didalamnya rahmat, ketenanangan, dan malaikat-malaikat. Masjid adalah lambang cahaya di bumi. Masjid adalah sebaik-baik tempat yang dimanfaatkan oleh orang-orang mukmin. Anak-anak belajar bersikap yang tidak bisa dipelajari di tempat kecuali di masjid. Masjid adalah tempat menyatukan ummat Islam dan pentauhidan Allah. Di dalam masjid terdapat lembaga, sekolah, majelis dan kantor. Demikianlah rumah Allah itu diciptakan dan inilah makna Islam yang sesungguhnya. Jika umat Islam telah memasuki pintu-pintu kesadaran, kehidupan akan dikembalikan ke dalam rumah Allah.

Di masjid, banyak informasi yang tidak dapat diperoleh oleh anak di sekolah maupun di dalam keluarga, seperti membaca Al Quran, menegakkan sholat, dan memperoleh jawaban atas pertanyaan yang berpengaruh terhadap perkembangan otak anak.

Anak-anak harus diarahkan untuk lebih banyak meluangkan waktunya pergi ke masjid. Di masjid, anak-anak belajar berwuhu, melaksanakan sholat berjamaah, dan membaca Al Quran. Anak-anak juga bisa bermain di halaman masjid sehingga orang tua dan para pendidik bisa memperhatikam perkembangan dan pendidikan anak. Para pendidik harus menyediakan aktivitas yang sesuai untuk anak-anak di masjid sehingga dapat terpelihara kegembiraan anak terutama pada tahun-tahun pertama usianya.

Jika ank-anak melakukan aktivitasnya dengan baik, selayaknya ara pendidik memberi mereka hadiah. Sebaliknya, jika anak-anak melanggar aturan, sanksi harus diberikan. Sanksi tidak berarti sentuhan secara fisik, seperti memukul, tetapi diwujudkan dengan pandangan dan ucapan yang mendidik.

Sebaiknya, para pendidik tidak memberi beban berat kepada anak-anak dan tidak memberi sansi yangberlebihan. Seorang pakar pendidikan pernah bercerita bahwa suatu malam ia menjumpai anaknya yang berusia enam tahun sedang mengerjakan pekerjaaan rumah. Ketika dipanggil untuk makan malam bersama keluarga, anak itu menjawab," Tinggalkan saya sehingga saya selesai melaksanakan tugas. "Ternyata, gurunya memberi tugas kepadanya untu menulis beberapa ayat dari Al Quran sebanyak dua puluh kali. hal ini merupakan perlakuan yang salah karena anak-anak menganggap bahwa tugas itu adalah hukuman.

Meskipun kegiatan di masjid sangat bermanfaat, anak-anak yang belum berusia sepuluh tahun tidak boleh dipaksa melakukan aktivitas masjiod. Nabi Muhammad bersabda," Perintahkan anak-anakmu untuk sholat pada usia tujuh, pukulllah mereka ( jika tidak sholat ) ketika berusia sepuluh tahun dan pisahkan mereka dari tempat tidur."

Senin, 02 September 2013

BAGAIMANA MENGAJARI ANAK UNTUK BELAJAR???

BAGAIMANA MENGAJARI ANAK UNTUK BELAJAR???

Orang tua mana sich yang tak menginginkan anak nya bisa membaca dan menulis? saya kira semua orang tua sepakat dan setuju jika anak-anaknya bisa membaca, menulis dan berhitung, karena  sarana ini sangat penting dalam menghadapi kerasnya kehidupan.

Tetapi, tak semua orang tua tahu langkah apa yang harus ditempuh untuk bisa menjadikan anak-anak mereka bisa membaca, menulis dan berhitung. Sebagian orang tua akan meluangkan waktunya untuk menunnggui anak-anaknya dari pagi sampai sore hari. Kenapa demikian ya...itu semua karena di pagi hari anak di sekolahkan entah itu di play grup, tk atau sekolah dasar yang lainnya. Sedangkan setelah pulang sekolah harus mengikuti les berhitung dilanjutkan pada sore harinya untuk les pelajaran yang diajarkan pada pagi harinya, bahkan ini terkadang sampai malam.

Dari sana bisa kita lihat ternyata begitu besar perhatian orang tua untuk menjadikan agar anak-anak mereka bisa membaca, menulis dan berhitung apalagi target itu sudah bisa diraih diwaktru usia masih dini.

Namun demikian, sebagai orang tua paling tidak kita juga harus mengetahui beberapa hal ini. Adalah sebuah arahan-arahan yang diberikan oleh Ya'qub As Syaruni :

1. Orang tua harus sabar menghadapi pertanyaan anak karena cara menjawab orang tua atas pertanyaan tersebut merupakan hal penting dalam mengembangkan kemampuan anak dari pada apa yang dibacanya.

2. Membantu anak dalam mengungkapkan dengan jelas apa yang muncul dalam benaknya. Orang  tua hendak-nya memperhatikan dan mengusahakan agar anak mengungkapkan pikirannya, kemudian menerangkan tentang penggunaan kalimat dalam pengucapannya dengan jelas serta membiasakan mereka untuk menceritakan kembali apa yang telah diketahuinya.

3. Melihat kesalahan anak sebagai sesuatu yang perlu diperbaiki untuk menuju jalan yang benar. Karena itu, orang tua jangan mengolok-olok kesalahan anak karena kawatir dapat mengakibatkan anak takut belajar.

4. Tidak memaksa anak di bawah umur untuk membaca, tetapi lebih dulu mempersiapkan mental dan kegemarannya. mendidik anak yang tidak didahului dengan melatih kesiapan mental akan mudah terjadi kesalahan.

5. Kematangan emosional anak tidakakan terwujud sebelum usia enam tahun bahkan kadang-kadang melewati usia itu. Karena itu, hati -hati menggunakan persaingan sebagai alat pendorong karena akan menjauhkan anak dalam berteman.

6. Memilih buku-buku yang sesuai, baik tema maupun gambar, utuk setiap usia. Kesesuaian itu meliputi bentuk huruf dan penampilan. Anak sebelum usia tujuh tahun akan mengalami kesulitan dalam pemusatan penglihatannya terhadap sesuatu yang rumit dalam waktu yang lama.

Nah, bagaimana anda mengajari anak-anak anda ????

Popular Posts

Pengikut