Ranking

Minggu, 15 September 2013

Mengapa Allah menjadikan Adam

Mengapa Allah menjadikan Adam sebagai akhir dari makhluk-makhluk lain ?

Sering kita bertanya- tanya, mengapa Allah menjadikan Adam sebagai ciptaan Nya yang terakhir. Sudah lama belum juga dapat jawabannya. Namun alhamdulillah setelah kemaren baca salah satu karya dari Ibnul Qoyyim Al- Jauziyah yang berjudul AL FAWA"ID menuju pribadi takwa. Disana akan kita temukan jawabannya. Nah, untuk itu sedikit akan aku tulis kembali tentang hal itu?

Makhluk yang pertama kali diciptakan adalah pena, untuk menulis segala ketentuan sebelum menciptakannya pada sebuah kenyataan. Adam dijadikan sebagi makhluk yang terakhir karena memiliki beberapa pertimbangan :

Pertama, persiapan tempat tinggal sebelum ada yang menempatinya

Kedua, Adam adalah tujuan akhir dari semua ciptaan lain baik yang ada di langit maupun di bumi, matahari, bulan, daratan dan lautan.

Ketiga, Pencipta yang baik adalah yang mengakhiri karyanya dengan seabik-baiknya seperti yang diperlihatkannya pada awal karyanya.

Keempat, bahwa jiwa senantiasa melirik kepada hasil akhir. Maka dari itu Musa berkata kepada para penyihir:"Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan," Ketika manusia melihat apa yang mereka lakukan, maka mereka menjadi tercengang melihat apa yang terjadi sesudahnya.

Kelima, bahwa Allah SWT mengakhirkan kitab suci. Nabi dan umat yang paling mulia diakhir zaman, menjadikan akhirat lebih baik dari pada dunia, dan menjadikan akhir sesuatu lebih baik dari permulaanya. Ingatlah perkataan Allah kepad rasul Nya."Bacalah", lalu dijawab: "Saya tidak dapat membaca" dan perkataan Nya," Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu."

Keenam, Allah mengumpulkan apa yang terpisah-pisah pada alam pada diri Adam, yaitu antara alam kecil dan alam besar.

Ketujuh, Adam adalah ringkasan dari seluruh wujud dan buahnya, maka tidak mengherankan jika Adam diciptakan setelah penciptaan seluruh wujud.

Kedelapan, di antara kemuliaan yang diperoleh Adam adalah, dipersiapkan untuk kemaslahatan, kebutuhan, peralatan hidup dan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan hidupnya. Setiap kali ia mengangkat kepalanya, maka segala sesuatunya telah tersedia baginya. 

Kesembilan, Allah ingin menunjukkan kemuliaan dan keutamaan Nya kepada seluruh makhluk, sehingga mereka diciptakan terlebih dahulu. Maka dari itu malaikat berkata :"Tuhan kami menciptakan apa yang dikehendaki Nya, maka Dia tidak menciptakan makhluk lebih mulia dari kami. Ketika Allah menciptakan Adam dan mereka disuruh untuk bersujud kepadanya, muncullah kemuliaan dan keutamaan Adam karena ilmu pengetahuannya. Ketika Adam melakukan dosa, para malaikat mengira bahwa kemuliaan itu telah hilang darinya dan tidak akan bertaubat kepada Nya. Namun Adam bertaubat kepada Allah dan menyembah Nya kembali, mereka baru tahu bahwa Allah memiliki rahasia yang tidak diketahui oleh selain Nya.

Kesepuluh, Allah ketika memulai penciptaan alam ini dengan pena, telah menggariskan untuk mengakhirinya dengan penciptaan manusia; maka pena adalah alat pengetahuan dan manusia adalah orang yang berilmu pengetahuan. Maka dari itu Allah menunjukkan kemuliaan Adam kepada malaikat dengan ilmu pengetahuan yang dikhususkan kepadanya dan tidak dimiliki oleh selainnya.

3 komentar:

  1. kuasa alloh memang sangat luar biasa

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb,

    Saya insaAllah mau menjelaskan sedikit soal penciptaan khalifah di muka bumi yg dimaksud oleh Allah pada firmanNYA surat Al Baqarah ayat 30 dan mengapa para malaikat begitu gelisah atas penciptaan khalifah ini.

    Bismillaahir rahmaanir rahiim.

    Allah berfirman pada surat Al Baqarah ayat 30.
    Dan ingatlah tatkala Tuhanmu berkata kepada para Malaikat:’Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi . Mereka bekata:’Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman:”Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui ” (QS.Al-Baqarah: 30).

    saya ingin memberikan tanggapan sedikit mengenai asal-usul penciptaan manusia melalui firman Allah ini secara singkat.
    seperti kita ketahui bahawa kata khalifah merujuk kepada kepimpinan.
    Allah hendak menciptakan seorang pemimpin(khalifah) di muka bumi,tetapi para malaikat memperotes dengan mengatakan bahwa khalifah(pemimpin) tersebut akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah di muka bumi.
    apakah yg diketahui oleh para malaikat sehingga mereka memperotes?
    yaitu apabila Allah menciptakan seorang pemimpin di muka bumi, sudah tentu Allah hendak ingin menciptakan seorang makhluk yg nyata, yaitu makhluk yg dapat hidup di bumi dan dapat menikmati hasil usahanya sendiri dari bumi dan semua kebutuhannya dari bumi.
    makhluk ini sudah tentu mempunyai nafsu yaitu nafsu makan ,bekerja dan tentunya berkembang biak dan juga tentunya dapat merusak ciptaan Allah seperti membunuh dll. Makhluk nyata ini (khalifah) sudah tentu sangat berbeda dengan para malaikat yg tidak mempunyai nafsu,tugas mereka hanya bertasbih,memuji dan mensucikan Allah saja, tetapi Allah telah mententeramkan kegelisahan mereka dengan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu keteahui”.

    Jadi apakah yg tidak diketahui oleh para malaikat?(lihatlah ayat 33, surat al baqarah dengan hurup besar).
    firman Allah Al Baqarah ayat 31
    Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar! ( Surat Al Baqarah Ayat 31)
    dan ayat 32.
    Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. (Surat Al Baqarah Ayat 32)

    Dengan kedua ayat ini sangat jelas bahwa Allah telah menciptakan seorang khalifah(pemimpin) yg berbentuk manusia yg sangat cerdas.

    Dengan ayat 33 pada surat Al Baqarah, firman Allah,
    Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “BUKANKAH SUDAH KU-KATAKAN KEPADAMU, BAHWA SESUNGGUHNYA AKU MENGETAHUI RAHASIA LANGIT DAN BUMI DAN MENGETAHUI APA YANG KAMU LAHIRKAN DAN APA YANG KAMU SEMBUNYIKAN?” (Surat Al Baqarah Ayat 33).

    Dengan maksud Allah ini , kita ketahui bahwa adam beserta keturunannya juga dapat bimbingan dari Allah menjadi makhluk yg beramal sholeh justru lebih hebat dari para malaikat pun.kenapa? cinta kita kepada Allah lebih hebat dari para malaikat walaupun begitu banyak cobaan yg kita hadapi di muka bumi ini.

    Adam adalah khalifah(pemimpin ) seorang manusia pertama yg berakal cerdas.
    sebelum adam hanya ada tumbuhan dan hewan-hewan saja pada zamannya.
    mengenai teori darwin yg mengatakan bahwa manusia berasal dari monyet adalah tidak benar.


    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid


    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...