Ranking

Selasa, 26 Februari 2013

RUMID....

RUMID....





Siapa juga yang ingin rumit sich...gak ada kan? yang ada semua urusan itu simple, sederhana dan tak berbelit-belit. Eh....itu kan RUMIT lain dengan judul diatas RUMID, ya iya lah...kalau diucapkan kedengarannya hampir sama tapi kalau ditulis berbeda dan maknanya pun juga berbeda. Tapi saya yakin kalau yang RUMID pasti banyak orang yang suka, Mau tahu ya ?

Sob, RUMID yang saya maksud adalah RUMAH IDEAL, nah dah tahu kan ? tapi apa ya yang dimaksud rumah ideal itu? apakah rumah yang sekarang kita huni sudah termasuk ideal, atau bahkan tidak ideal sama sekali ya ?

Rumah ideal itu kalao menurut saya sich ada beberapa kriterianya, yang pertama bahwa rumah itu dibangun atas dasar takwa, artinya tidak mungkin kan di dalam sebuah keluarga dalam mengarungi kehidupannya tanpa masalah, nah rumah yang didirikan diatas dasar ini jika terjadi perseilisihan maka semau akan dikembalikan pada rujukan yang benar yaituu Al Qur 'an.

Yang kedua rumah ideal itu adalah rumah yang luas dari segala sisi. Baik sisi material ataupun nonmaterial. jauh dari pemborosan, baik berupa makanan, minuman maupuin perabotan rumah tangga itu. Dan yang perlu diingat bahwa yang dilarang dalam agama kita adalah sikap berlebih-lebihan.

Yang ketiga rumah itu harus mencerminkan kebersihan penghuninya. Rumah yang senantiasa bersih dari segala macam kotoran dan juga dihuni oleh orang-orang yang mencintai kebersihan, baik itu kebersihan lingkungannya maupun kebersihan jiwanya. Bisa kita bayang kan rumah yang demikan ini begitu nyaman dan teduhnya jika kita berada didalamnya.

Yang keempat bahwa rumah ideal itu rumah yang dibangun atas dasar SAMARA ( Sakinah, mMwaddah wa Rahmah ). Banyak dari kita yang menginginkan keluarga yang dibina menjadi keluarga yang samara. Sebab prinsip ini merupakan pondasi awal untuk membentuk masyarakat, dan masyarakat tidak lain adalah kumpulan keluarga atau rumah tangga. Salah satu hal yang ringan dan sering dilakukan adalah bagaimana kita membiasakan salam jika masuk ataupun keluar rumah dan selalu diahdirkan senyum dalam keluarga itu.

Yang kelima adalah jika rumah itu bisa dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak-anak kita dan bisa memberi rasa tanggung jawab pada setiap anggota keluarga. Jelas sekali disisni bahwa setiap anggatoa keluarga masing -masing mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda beda dan tentunya juga tanggung jawab yang berbeda juga. Namun yang terpenting bagaimana kita memaksimalkan semua anggota keluarga kita supaya bisa tahu akan tanggung jawab ataupn amanah yang dilakoninya.

Demikanlah seharusnya, rumah bagi setiap muslim harus mampu memberikan ketenangan syaraf dan jiwa kepada penghuninya. DAn dengan demikian kebahagiaan berumah tangga akan terwujud.

Nah bagaimana dengan rumah anda??????






7 komentar:

  1. rumah ideal dambaan semah orang dan mewujudkannya butuh kerja keras karna rumah dihuni oleh insan yang mempunyai nafsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bu semua punya nafsu, perlu kerja keras untuk memiliki rumah ideal itu..

      Hapus
  2. rumah takwaku, kan kubangun selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bangunan itu cepat terselesaiakan..

      Hapus
    2. semoga bangunan itu cepat terselesaiakan..

      Hapus
  3. membuat suasana rumah nyaman dan menenteramkan. saat berada di dalamnya laksana di surga dunia. hm... sejuknya

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...