Ranking

Minggu, 10 Februari 2013

ADA APA DENGAN FEBRUARI?

ADA APA DENGAN FEBRUARI?

Satu pertanyaan yang mesti kita jawab, ada apa sih  di bulan Februari, saya rasa biasa aja koq, gak ada yang special., ada hari Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya.......hemmm kalo itu sich semua kita juga sudah tahu. gak penting dibicarakan lagi.

Eh..tapi tunggu sebentar sob, kayaknya memang ada yang istemewa dech, di bulan itu. Apaan sich? jadi  penasaran nih, eh..jangan sok tidak tahu.. paling kalian juga sudah pada ngeh, iya kan?

Sob,  pada bulan ini, biasanya banyak warna pink dan coklat laris manis dimana- mana. Majalah-majalah pada ramai ngomongin soal cinta dan kasih sayang, acara televisipun juga demikian maraknya, dan yang paling menghebohkan anak-anak muda berpesta dengan tema-tema cinta, bahkan di seminar keislamanpun juga ngebahas masalah ini, Apa ya ?

Valentinan sob, ! Valentine 's Day yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Dan inilah yang selalu dididentikan dengan CINTA...

Nah sob, tahukah sobat apa sih sebenarnya Valentine;s Day itu,?. 
Mungkin ini sedikit informasi buat anda semua semoga saja tidak asal ikut dalam acara yang tidak kita ketahui. Sebab semua yang kita dengar, kita lihat pasti akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. sebagaimana firman Nya dalam Surat Al Isra' : 36. " Dan janganlah kamu mengikuti sesutau yang kamu tidak ketahui ilmunya. Karena pendengaran, penglihatan dan hati pasti akan dimintai pertanggungjawaban."

Ada beberapa versi yang dikaitkan dengan asal-asul Valentine Day, diantaranya adalah bahwa 14 Februari adalah hari untuk menghormati Juno di masyarakat Romawi kuno. Juno adalah ratu para dewa dewi Romawi. Dia juga dikenal sebagai Dewi para Perempuan dan Perkawinan. hari berikutnya, 15 Februari adalah festival Lupercalia. 

Suatu aktifitas terkenal selama festifal ini adalah penarikan nama. Pada malam sebelum festifal, nama-nama dari gadis gadis Romawi ditulis pada secarik kertas dan dimasukkan kedalam botol-botol. Para pemuda itu nantinya akan mengambil secarik kertas dan menjadi pasangan selama festival dengan gadis yang namanya terpilih. Sering pasangan antar muda-mudi itu berjalan setahun, kemudian saling jatuh cinta dan nikah pada akhirnya.

HARI SANTO VALENTINE

Negeri Romawi pernah diperintah oleh Kaisar Claudius II, kaisar kejam yang membatalkan semua pertunangan dan perkawinan di Romawi demi kebesaran kekuatan militernya (Claudius II percaya bahwa menikah kan melemahkan semngat juang ). Saat itu, Santo Valentine (seorang pastor) bersama dengan Santo Marius dan para martir Kristiani lainnya menikahkan pasangan Romawi secara sembunyi-sembunyi. Ketika ketahuan, Santo Valentine dihukum secara kejam, yaiotu dipukuli dengan tongkat sampai mati dan dipenggal kepalanya. Hukuman ini terjadi pada tanggal 14 Februari ketika orang-orang Romawi mempersiapkan festival Lupercalia.

Jadi, untuk mengenang jasa dan pengorbanan Santo Valentine serta menghormati tradisi rakyat, para pastor Romawi menentukan tanggal 14 Februari sebagai Hari Santo Valentine. Sekarang ini, hari tersebut lebih dikenal sebagai Hari Valentine. Ketika hari itu datang, manusia sedunia, terutama kawula mudanya menyambut dengan antusias.

Nah, sekarang sobat tahu kan asal asul Valentine Day? Yup.,..ia berasal dari ajaran Kristen Romawi, jadi gimana kamu? masih mau ngikutin juga? coba di rasakan dech, betapa saat itu Claudius II memiliki cara pandang yang salah tentang pernikahan. Ia menganggap pernikahan itu melemahkan semangat juang, tetapi dalam Islam pernikahan justru dianggap sebagai syarioat yng kan membawa para pelakunya untukl mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan yang oleh karenanya ia bersemangat untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT.



10 komentar:

  1. .. he..86x. itu milik agama lain. lagipula, masa hari kasih sayang tanggal 14 feb aja?!? emanknya kalo selain tanggal itu gak ada istilah kasih sayang donk?!? aneh ya?!? he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak memang aneh jika hari kasih sayang itu cuman sehari saja..

      Hapus
    2. iya mbak memang aneh jika hari kasih sayang itu cuman sehari saja..

      Hapus
    3. .. he..86x. smoga gak banyak orang yang menganut itu ya?!? ..

      Hapus
  2. Balasan
    1. betul sekali mohon dijauhkan dari budaya yang demikian..

      Hapus
  3. nice post gan... smoga temen2 banyak yang sadar dengan tidak mengikuti perayaan valetine..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Ummu...memang itu harapan kita semua....

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...