Ranking

Rabu, 06 Februari 2013

KENAPA MESTI MENANGIS....?


KENAPA MESTI MENANGIS....?






Suatu ketika aku dapati istriku sedang menangis, lalu kutanyakan padanya kenapa kamu menangis dik...? Dengan suara agak berat istriku menjawab :” aku hanya pengin nangis saja mas,…..mendengar jawaban itu akupun bingung, banyak pertanyaan yang aku ajukan dalam hatiku apakah karena sikapku istriku jadi menangis ataupun apakah karena pemberianku yang menjadikan istriku menangis dan apakah…. apakah masih banyak lagi pertanyaan yang belum terjawab. Baru beberapa hari setelah kejadian itu aku mencari-cari penyebab kenapa istriku menangis tanpa sebab yang aku ketahui. Ternyata kudapatkan jawabannya ketika aku membaca sebuah buku yang isinya bahwa seorang yang menangis itu disebabkan beberapa hal terkadang karena rindu, takut, sedih, kasihan ataupun menangis karena bahagia.

Sebab pertama orang menangis itu karena kerinduan, yaitu ketika sedang membaca kemudian disana ditemukan tokoh yang yang dielu-elukan derajatnya yang tidak dimilikinya, sehingga ia menangis maka inilah yang dimaksud dengan tangisan kerinduan dan ini rupanya jawaban yang aku peroleh ketika istriku setelah membaca buku lalu ia menangis.

Yang kedua menangis karena takut, yaitu ketika seorang itu dihadapkan dengan berbagai dosa kemaksiatan yang diperbuatnya dan masih menunda-nunda untuk bertaubat, kemudian ia menangis maka tangisan ini karena takut.

Yang ketiga menangis karena sedih, yaitu ketika seorang dihadapkan dengan kekurangan-kekurangan yang ia tidak mampu menyempurnakannya, lalu ia menangis maka inilah yang disebut dengan tangisan kesedihan.

Yang keempat menangis karena kasihan, yaitu ketika muncul dihadapannya kesempurnaan orang yang dicintainya dan ia melihat jalan untuk menujunya tertutup, lalu dia menangis karena merasa kasihan.

Yang terakhir menangis karena bahagia, yaitu ketika muncul dihadapannya kesempurnaan kekasihnya, sementara ia sibuk dengan yang lain, lalu apa yang di dengarnya itu mengingatkan kesempurnaan kekasihnya. Kemudian terbayanglah keindahannya lalu ia melihat pintu terbuka dan jalan sangat jelas. Sehingga ia menangis karena merasa senang dan bahagia dengan apa yang dilihatnya.

Yang jelas bahwa penyebab tangisan adalah kuatnya keinginan dan lemahnya untuk mencapainya. Ini adalah tangisan orang yang benar-benar tulus. Sementara tangisan itu ada yang tulus ada pula yang munafik.

Nah, sob gimana apakah anda pernah menangis,,?

8 komentar:

  1. pernah Pak Narno. Tapi cowok gpp kan ya menangis?

    BalasHapus
  2. .. so pasti pernah lah. nangis kan manusiawi banget. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mbak, nangis itu manusiawi banget, bayangin saja jika tidak bisa menangis pasti kering mata ini....

      Hapus
    2. .. selain kering, pasti mata kita akan sakit. cz kan kalo menangis gitu mata lebih enteng n sehat juga. he..86x ..

      Hapus
  3. biasa menangis..dr kecik sampai skrg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja dengan menangis bisa melegakan perasaan kita Knor....

      Hapus
    2. semoga saja dengan menangis bisa melegakan perasaan kita Knor....

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...