Ranking

Rabu, 01 Februari 2023

 

7 Cara Menyikapi Sakit dalam Ajaran Islam

Dalam kehidupan manusia pasti akan menerima berbagai cobaan dari Allah. Salah satunya adalah diberikan sakit, entah itu penyakit ringan atau penyakit ganas. Penyakit merupakan sebab pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh seluruh indera manusia. Terkadang penyakit itu juga merupakan hukuman dari dosa yang pernah dilakukan. Lalu, bagaimana menyikapi sakit sesuai ajaran Islam? 

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

Sebagaimana firman Allah ta’ala, “Dan apa saja musibah yang menimpamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. asy-Syuura: 30).

Islam mengajarkan manusia bagaimana menyikapi sakit yang sedang kita hadapi. Bukan dengan mengeluh, bukan juga dengan selalu meratapi sakit yang dirasakan. Dilansir dari laman dalamislam.com, berikut beberapa cara yang harus dilakukan saat sedang sakit.

1. Ikhlas

Menerima bahwa segala ketetapan hanyalah dari Allah dan segala yang dilalui seorang hamba adalah jalan takdir terbaik yang sudah digariskan. Jadikan semuanya sebagai lahan untuk beribadah kepadaNya sehingga apapun sakit yang dialami akan menaadi kebaikan dan keberkahan.

"Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadah ku, hidup ku, dan mati ku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”. (QS Al Bayyinah : 5).

2. Tawakkal

Bukan tawakkal yang berdiam diri, cari pengobatan yang baik semampunya, tetap jalin silaturahmi dan kasih sayang terhadap orang terdekat serta sesama, serta banyak mencari ilmu tentang penyakit yang dialami sehingga menjadi jalan ikhtiar untuk kesembuhan.

3. Sabar

Cara menyikapi sakit menurut islam tentu saja dengan cara bersabar. Setiap orang yang diciptakan Allah memiliki ujian sendiri sendiri, belum tentu ujian yang menimpa seseorang lebih ringan dari ujiian orang yang lain. Tetap sabar dan memperbanyak ikhtiar serta doa.

4. Berdoa

Berdoa adalah cara untuk berkomunikasi secara langsung kepada Allah. Dengan berdoa, hati akan menjadi tenang dan segala urusan akan terasa mudah karena sudah menyampaikan segalanya kepada yang Maha Penolong.

"Berdoalah kepada ku pastilah aku kabulkan untukmu”. (QS Al Mukmin : 40).

5. Percaya takdir Allah

Percaya bahwa garis hidup sudah ditentukan, termasuk kondisi sakit yang saat ini menimpa. Tak perlu menyalahkan keadaan atau menyalahkan penyebab sakit. Cukup jadikan sebagai pelajaran dan bagikan kepada orang lain agar orang lain tidak terkena hal yang sama.

6. Instropeksi diri

Jangan lupa instropeksi diri, jika mungkin pernah berbuat salah atau menyakiti orang lain hingga orang tersebut mendoakan keburukan maka wajib segera meminta maaf dan menebus kesalahan semampunya. Juga instropeksi diri mengenai ibadah kepada Allah.

7. Percaya pertolongan Allah

Allah tentu tidak pernah membebani seseorang dengan ujian yang melebihi kemampuannya. Allah yang lebih mengerti kemampuan hambaNya. Cara menyikapi sakit menurut islam, wajib melaksanakan hal tersebut, wajib percaya bahwa pertolongan Allah itu nyata. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...