Ranking

Senin, 17 Desember 2012

BAHASA TUBUH


BAHASA TUBUH

Manusia terdiri dari badan dan jiwa. Kedua hal ini sama pentingnya dan membentuk suatu kesatuan yang utuh. Tubuh kita akan bereaksi terhadap berita-berita, pengalaman, dan perasaan-perasaan tertentu. Kita akan sakit perut, tangan jadi berkeringat/basah, jantung berdebar-debar, wajah memerah atau kerongkongan seolah-olah menutup. Banyak orang yang tidak begitu memperhatikan perubahan-perubahan tubuh ini dibandingkan dengan perhatian terhadap hal-ha  yang sedang dipikirkannya. Padahal sebenarnya kita dapat menghindarkan diri dari banyak hal atau masalah jika saja kita lebih peka dan mau mendengarkan apa yang dikatakan tubuh kita.

Baik secara sadar maupun tidak, kita juga memperhatikan tanda-tanda tubuh dari orang-orang lain disekitar kita. Cara tersenyum, posisi tubuh yang tegap, gerak tangan yang menandakan kecemasan atau cara bersalaman yang penuh percaya diri dan masih banyak lagi. Kadangkala apa yang dikatakan seseorang bertentangan dengan gerakan (bahasa) tubuhnya, misalnya jika ia mengatakan tidak cemas tetapi tangannya gemetar dan orang tersebut jalan mondar-mandir seperti gelisah. Dalam situasi seperti ini maka biasanya kita akan cenderung untuk lebih mempercayai bahasa tubuh orang itu daripada perkataanya.

Nah, bagaimana dengan anda pernahkah anda mengalaminya?

2 komentar:

  1. dan belum lama kita disuguhi berita2 yang menghadirkan seorang mantan menteri, yang jika diwawancarai, matanya nggak fokus dan tidak pede. ya to Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas saya juga sering melihat orang orang yang berkasus ketika diwawancarai saya lebih melihat ke gaya tubuhnya.

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...