Ranking

Jumat, 28 Desember 2012

PANDAI PANDAILAH BER PESAN DIRI


PANDAI PANDAILAH BER PESAN DIRI

Saudaraku,..keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah merupakan dambaan kita semua, namun untuk mencapainya tidaklah segampang yang diucapkan ataupun yang dibayangkan. Perlu kerja keras untuk mengarah ke tujuan itu.

Salah satu hal yang penting kita ketahui adalah bagaimana kita berpesan diri pada pasangan kita. Bagi pasangan yang baru ini merupakan pelajaran yang baik akan tetapi bagi pasangan yang sudah lama pun hal ini juga merupakan sesuatu yang sangat berharga, karena tidak ada kata terlambat dalam kebaikan.

Dalam sebuah pengajian seorang ustadz memberikan nasehatnya berkenaan dengan masalah yang ada dalam keluarga. Beliau mengilustrasikan sepasang suami istri yang digambarkan istrinya sangat gemuk. Sang istri bilang sama suaminya Pa.... apa papa ndak malu punya istri seperti saya? Kenapa malu? Jawab suaminya. Kan banyak orang yang tidak suka melihat orang yang terlalu gemuk seperti saya? Aah...itu kan kata orang lain biarin saja yang penting papa suka koq. Alasannya apa? Lanjut sang istri. He he sederhana ma...kalau mama gemuk gak makan satu minggu pun masih kuat ( becanda ni ). Alasannya karena papa sudah cocok dengan mama, jadi apapun yang ada pada diri mama semua papa suka.

Di sisi lain beliau mengungkapkan seorang suami yang kalau tidur ngorok ( mendengkur ), lalu sang suami bilang sama istri tercintanya, ma...maafkan papa ya? Lho emang ada apa pa? Apa yang dimaafkan? Maafin papa kalau semalam tidur mama terganggu,. Terganggu apa? Sahut sang istri.. Yach mungkin saja terganggu karena semalaman papa tidur sambil mendengkur. Aahh..... papa biasa saja koq gak ada yang menganggu tidurku, kalaupun papa mendengkur aku suka koq malahan seperti musik pengantar tidur, he he balas istri becanda juga.

Melalui pesan diri seperti itu, diharapkan tidak terjadi riak-riak masalah akibat tidak saling memahami nilai-nilai dari pasangan hidupnya. Sangat mungkin seseorang membuat kesalahan akibat tidak tahu tata nilai yang dampaknya akan banyak muncul ketersinggungan. Maka disinilah perlunya kita belajar memberitahukan apa yang kita inginkan. Dan inilah esensi dari pesan diri.

Bagaimana dengan anda?

22 komentar:

  1. السلم عليكم ورحمة الله

    Alangkah awalnya kita menerima apa yang ada pada pasangan kita. Yang baik boleh dikekalkan dan yang tidak baik jika mampu merubahnya berbuatlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali Tadz, kita harus mau menerima apa adanya yang baik semoga bisa langgeng dan yang kurang baik bisa dirubah

      Hapus
  2. Kemakluman antar pasangan itu membawa ke kedamaian hidup ya.
    Gak gampang seorang istri menerima suaminya sepenuhnya. Demikian pula sebakinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demikian pula sebaliknya, maksudnya :D

      Hapus
    2. ya mbak mudaha-mudahan saja kita bisa melakukannya,artinya mau menerima pasangan sepenuhnya

      Hapus
  3. utk mengetahui pasangan kamu yg kamu sayangi itu adalah yg terbaik atau tidak,lihatlah apakah ketika bersamanya kamu semakin baik atau tidak.

    BalasHapus
  4. dengan pasangan harulah selalu kejujuran yg dijunjung tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang yang jujur akan mujur ya mbak, trims

      Hapus
  5. Canda dan tawa dalam keluarga itu wajib ada. Jangan bawaannya serius dan urusan materi saja.

    BalasHapus
  6. Pengertian dan saling memaafkan dalam rumah tangga malah akan menambah keharmonisan ya Pak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas Rachmat saling penertian dan memaafkan akan menambah keharmonisan dalam RT

      Hapus
  7. peran komunikasi yang menentukan. semakin lama semakin mengerti satu sama lai, itu yang ideal kan Mas? bahasa lugas dan tanpa tedheng aling-aling bagi saya lebih pas buat mengantarkan pergaulan pasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah..dengan komunikasi 2 arah dan saling menghargai di antara pasangan...dapat menimbulkan suasana saling terbuka ..

      Hapus
    2. komunikasi pada akhirnya menjadi salah satu jalan keluar setiap ada masalah

      Hapus
  8. ya pesan diri meang penting karena perasaan pasangan kadang berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu Min yang namanya manusia sering bolak balik jadi jikalau sering berpesan semoga tetap berjalan dijalan yang benar

      Hapus
  9. kebetulan saya lagi jomblo nih,,,
    jadi belum berpengalaman mengenai persoalan seperti ini,.
    hhe...
    kunjungan sore ajah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, semoga cepat mendapatkan pasanagannya, ga papa san buat pelajaran siapa tau besuk juga akan berguna, trim atas kunjungannya

      Hapus
  10. salam kenal..jmput follow kmbali :)

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...