Ranking

Senin, 28 Oktober 2013

MODEL SUAMI

 MODEL SUAMI 

Suami......yang kata-kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Suami adalah pasangan istri, maka sering juga kita mendengar istilah pasutri ( pasangan suami istri ). Suami adalah kepala rumah tangga, suami adalah yang bertanggung jawab terhadap permasalahan yang dihadapi dalam keluarga dan masih banyak tugas suami yang lainnnya yang tak bisa kusebutkan disini. He he anda lebih tahu  ....

Nah, sob kalau menurut pendapatku suami itu mempunyai watak dan karakter yang berbeda-beda lhoh, dan kali ini akan aku sampaikan sedikit saja. Dan ini bukan berarti menyinggung para suami akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari nampaknya memang inilah yang terjadi.

Untuk lebih mudah mengingatnya maka akan ku buat singkatan, tapi mohon maaf jika para pembaca ada yang sama namanya dengan tulisan ini. Sekali lagi ini hanya sekedar singkatan.

SU HAR SO,  Artinya Suami Harus Sobar. Ini yang pertama harus dilakukan oleh para suami harus tetap sabar mengahadapi istrinya, anaknya dan segala permasalahan yang ada di dalam keluarga. Tanpa kesabaran mana mungkin seorang suami bisa mengarahkan istri dan anaknya pada jalan yang benar. 

SU TA RI, Artinya Suami Takut Istri. Model yang kedua inipun banyak kita jumpai. Seorang suami yang "kalah" dengan istrinya. Banyak alasan kenapa sampai terjadi demikain dan salah satunya adalah karena tidak adanya keseimbangan antara pasutri tadi. Yach...terlebih jika suaminya miskin, pendidikan rendah ,gaji lebih rendah dari istri ini yang kebanyakan menjadikan ia takut sama istrinya. Mestinya, ketika sudah menjadi pasutri kedua-duanya harus saling mengisi memahami diantara keduanya sehingga kekurangan yang ada itu bukan dijadikan untuk takut ataupun menakuti akan tetapi justru dengan kekurangan itu memacu untuk lebih baik lagi dalam membangun kedekatannya.

SU JAD IM, Artinya Suami Jadi Imam. Imam itu pemimpin, suami akan memimpin jalannya bahtera rumah tangga. Dia yang akan mempertanggungjawabkan semua yang dilakukan anggota keluarganya. Sebagai pemimpin mestinya tidak hanya bisa memerintah saja akan tetapi lebih dari itu seorang pemimpin selain memerintah juga memberi contoh kepada semua yang dipimpinnya. dan ingat setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

SU HAR DI, Artinya Suami Harus Ditaati. Ditaati dalam hal yang tidak bertentangan dengan aturan agama tentunya, dan jika bertentangan maka tiada kewajiban untuk mentaatinya. Laa Tho'ata limakhluqin fie ma'shiatil Kholiq ( Tiada ketaatan kepada makhluq dalam bermaksiat kepada Allah). Dan  hal yang perlu kita tahu bahwa salah satu yang membuat suami bahagia jika apa yang diperintahnya ditaati.

SU MAN TRI, Artinya Suami Memanjakan Istri. Memanjakan itu ketika sang istri minta apa saja langsung diberi dan dipenuhi tanpa banyak pikir. Memanjakan istri memang perlu akan tetapi ini juga harus tepat dalam memilih waktu dan juga melihat kondisi keuangan kita. Jangan-jangan karena ingin memanjakan sang istri ada sebagian suami rela menempuh jalan haram untuknya.  Ini yang dikhawatirkan karena pada akhirnya masalah ini akan terungkap juga. Dan yang menanggung akibatnya adalah keluarga itu mungkin juga berimbas pada sanak saudara dan teman-teman dekatnya.

Begitulah sob, jika anda pembaca seorang suami tipe manakah yang cocok untuk anda dan jika anda kebetulan jadi seorang istri, suami macam mana yang saat ini bersamam anda ??


6 komentar:

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...