Ranking

Selasa, 22 Oktober 2013

TUGAS BERAT ORANG TUA

TUGAS BERAT ORANG TUA

Menjadi orang tua bukanlah kemudian tanpa tugas ataupun bebas tugas, justru ketika menjadi orang tua tugas itu sudah menunggu di depan kita bahkan tugas itu akan menjadi berat ketika kita tidak sabar  dan telaten dalam melakukannya.

Tanpa menggurui dan merasa pintar sendiri, marilah kita sama-sama mengingat kembali bahwa tugas kita sebagai orang tua itu betul-betul berat:

Yang pertama sebagai orang tua kita harus mengkhususkan waktu secara rutin untuk anak-anak kita dengan cara mengamati cara belajar, membaca dan memperhatikan sesuatu. Nah, ternyata masih banyak dari kita yang kurang memperhatikan tugas ini. Dan ini terlihat masih banyak orang tua yang masa bodoh terhadap masalah ini. Sebagian orang tua sibuk dengan kerjaan nya sendiri sehingga melupakan tugas ini.

Yang kedua sebagai orang tua juga harus sering duduk bersama anak-anaknya untuk memberikan pandangan terhadap apa yang dipelajarinya dan melatih memecahkan masalah-masalah yang sedang dihadapinya. Namun, masih ada diantara kita yang karena kesibukannya sehingga tidak pernah berkumpul sama keluarganya terutama dengan anak-anaknya dan pada akhirnya anak-anak kita kesulitan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapinya,

Yang ketiga,sebagai orang tua kita mesti melatih anak-anak kita untuk bisa berbicara dan mendengar dengan baik. Berbicara yang baik artinya tidak berbicara dengan suara keras, banyak bicara, bicara terlalu cepat, atau ikut campur dalam pembicaraan orang lain. Sebisa mungkin anak-anak kita terhindar dari perbuatan buruk ini. Sedangkan menjadi pendengar yang baik adalah bagaimana kita mengajari anak-anak kita tahu kapan dia harus berbicara, tidak boleh memotong pembicaraan, tidak boleh tergesa-gesa menanggapi pembicaraan orang lain, hendaklah mereka menunggu sa,pai orang lain selesai berbicara meskipun berbeda pandangan.

Yang keempat sebagai orang tua kita juga harus melatih anak-anak kita untuk meluruskan pikiran dengan cara yang halus, merapikan tulisan, dan memperbaiki ucapan. Hal ini dilakukan dengan harapan kebiasaan-kebiasaan buruk yang banyak dijumpai pada orang dewasa dapat dihindari sejak kecil karena kebiasaan buruk merupakan hal serius yang mengkhawatirkan dan membahayakan.

Masih banyak tugas berat yuang lain yang belum bisa saya tulis disini, dan saya yakin sobat semua juga mempunyai masalah yang serupa dengan diatas. Bagaimana sobat menjalankan tugas berat itu ?

2 komentar:

  1. saya banyakin berdoa Mas, khususnya terkait dengan tantangan dan ancaman terhadap anak-anak di luar sana yang tidak bisa kita kendalikan. semoga Allah melindungi kita semua, juga semua generasi kita.

    BalasHapus
  2. terimakasih masukannya mas. Amiin semoga saja demikian

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...