Ranking

Rabu, 30 Oktober 2013

NGAYOMI DAN NGAYEMI

NGAYOMI DAN NGAYEMI

Bagi sebagian orang mungkin ada yang belum tahu apa tu ngayomi dan juga ngayemi. Dua kata ini seharusnya  disandang oleh semua para pemimpin. Padahal kita semua adalah pemimpin, minimal menjadi pemimpin terhadap diri sendiri.

Ngayomi artinya memberi perlindungan. Sebagai seorang pemimpin sudah selayaknya memberi perlindungan kepada para anggotanya, para pengikutnya yang menjadi tanggung jawabnya. Seorang suami misalnya dia harus bisa memberikan perlindungan kepada istri dan anaknya  dari bahaya yang mengancamnya. Dia harus berani mempertaruhkan segalanya demi untuk menjaga keluarganya. Dengan demikian karena pimpinannya sudah memberikan pengayoman maka akan sangat terasa sekali betapa teduhnya hidup dibawah pimpinan yang memberikan perlindungan. Dan inilah yang harus kita upayakan bersama terutama sebagai suami yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keluarga.

Ngayemi artinya memberikan ketentraman, adem ayem. Sebagai seorang pemimpin harus mampu memberikan ketentraman, kenyamanan, ketenangan pada setiap yang dipimpinnya. Demikian juga sebagai suami mestinya harus bisa ngayemi terhadap istri dan anaknya sehingga diharapkan istri dan anak akan merasakan ketenangan, ketentraman dan kedamaian. Karena yang namanya ketenangan, ketentraman itu bukan karena banyaknya materi yang dimiliki akan tetapi karena hatinya merasakan tenang, damai dan tentram.

Nah, bagaimana dengan pimpinan anda sekarang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...