Ranking

Senin, 09 Juli 2012

Konsep Dasar Program Outdoor Dan Fun Games Activities


Konsep Dasar Program Outdoor Dan Fun Games Activities
Saat ini situasi persaingan global yang semakin keras dan tajam kian merebak, membongkar berbagai pembatas antar negara sehingga aliran dana, informasi dan sumber daya lainnya bebas mengalir ke mana saja mengikuti hukum ekonomi. Secara langsung atau tidak, situasi tersebut mengharuskan kita untuk lebih memperhatikan pelatihan dan pembangunan SDM sebagai salah satu aset paling mendasar yang melekat pada organisasi. Dengan demikian, SDM tersebut mampu bersaing dengan para pesaing yang datang tak terbendung dari berbagai tempat di belahan dunia lainnya.

      Namun di sisi lain, harus disadari bahwa SDM merupakan sumber daya unik yang agak berbeda dengan sumber daya yang lain. Hal ini disebabkan oleh hal-hal berikut.

1.     SDM dikatakan unik karena diantara mereka tidak ada yang “persis sama satu sama lain”. Sekalipun mereka kembar identik. Secara individual, mereka tetap mempunyai perbedaan.

2.    Jika SDM memperoleh perlakuan yang pas, maka hasil kerja yang sama bisa menghasilkan efek sinergi, yaitu suatu efek hasil pertambahan nilai yang tidak mengikuti deret tambah (1+1=2), tetapi mengikuti deret ukur sehingga hasilnya lebih besar ( 1+1=7..., dan lain –lain) .

3. Sampai kapan pun , SDM tidak bisa “dimiliki”, tapi sangat membutuhkan “investasi” agar bisaberprestasidengan baik.

4.    Pada dasrnya SDM mempunyai potensi “konstruktif dan destruktif” yang sama dahsyatnya. Potensi yang akan muncul pun sangat tergantung dari bagaimana cara memperlakukan mereka.

5.   Apabila unsur sumber daya yang lain bisa dievaluasi, aspek SDM ini justru kebalikannya, mereka sangat membutuhkan “reapresisasi” mengikuti jalannya waktu.

      Oleh karena itu, sudah saatnya mencari pendekatan lain yang bisa dilakukan untuk melatih dan mengembangkan pootensi SDM secara lebih efektif dan efisien. Dalam upaya itulah, pendekatan outdoor dan fun games activities training menjadi salah satu alternatif jalan keluarnya yang patut dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...