Ranking

Jumat, 21 September 2012

BAGAIMANA KITA MEMIMPIN


BAGAIMANA KITA MEMIMPIN

Memimpin  bukanlah soal yang mudah, memimpin adalah suatu amanat dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu dibutuhkan ketrampilan khusus dalam memimpin.  Agar supaya yang kita pimpin bisa merasa nyaman, aman dan damai.

Pada dasarnya kita semua adalah menjadi pemimpin. Boleh jadi sekarang ada yang memimpin sebuah perusahaan, atau kalaupun tidak memimpin sebuah lembaga (organisasi), dan paling tidak kita memimpin ditingkat yang paling kecil yaitu dalam keluarga. Setiap pemimpin akan berusaha untuk membahagiakan yang dipimpinya.

Alangkah baik dan bijaknya jika saja seorang pemimpin itu mau menengok ataupun melihat tanda –tanda kebesaran Allah yang setiap hari kita lihat dan ada disekitar kita, apa itu ? kalau boleh saya singkat menjadi suatu kata  yaitu :

A L B Bu M, apa itu :

Yang pertama  A ( angin ) , sebagai pimpinan apa yang kita ambil pelajaran dari angin, angin bisa kita rasakan keberadaannya dimana mana, bahkan kehadirannya membawa ksesegaran bagi semuanya, begitulah seharusnya seorang pemimpin dapat membawa kesegaran didalam lingkungannya.

Yang kedua L ( laut ) , sebagai pimpinan bisa mengambil pelajaran dari laut, yaitu sebanyak apapun sampah dan kotoran yang terbuang dilaut dalam waktu yang tidak lama laut itu akan kembali bersih lagi, demikian juga seorang pimpinan banyak orang yang tidak suka kepadanya banyak cemoohan, ejekan fitnah dan lain sebagainya akan tetapi semua itu akan dimaafkannya, seorang pimpinan diharapkan mempunyai dada yang luas dalam artian mau memberi maaf kepada semuanya meski besar kesalahannya.

Yang ketiga B ( Bulan ) apa yang diperoleh ketika melihat bulan, adalah suatu kesejukan dan cahaya yang terang itulah yang bisa kita ambil sebagai pemimpin. Kehadiran seorang pimpinan dapat membawa kesejukan dan cahayanya memberi penerangan dan pencerahan bagi yang dipimpinnya.

Yang keempat Bu ( Bumi ), bumi selalu memberikan hasilnya bagi semua penghuninya, sebagai pimpinan seberapa yang kita dapatan harusnya bisa memberkahi kepada semua yang kita pimpin.

Yang kelima M ( matahari) , sinarnya memberi kehangatan bagi tubuh bahkan panasnyapun juga bisa mengeluarkan peluh. Seorang pimpinan harus bisa memberikan kehangatan pada para anggotanya, demikian juga ketika anggotanya dalam kondisi yang kurang bersemangat pimpinan harus bisa membakar semangatnya kembali agar apa yang sudah disepakati sebelumnya bisa tercapai.

4 komentar:

  1. setuju gan,,,, semoga saja kedepan semua pemimpin menjadi pemimpin yang "A L B Bu M"

    BalasHapus
  2. sangat cocok itu dengan falsafah jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oy falsafahnya yang bagaimana ya, aku lupa mas

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...