Ranking

Senin, 25 November 2013

HATI-HATI ITU PENTIIINGG !!!!!

HATI-HATI ITU PENTIIINGG !!!!!

Termasuk hal yang dapat memberikan kebahagiaan kepada kita adalah sikap hati-hati dalam menghadapi berbagai urusan dengan menggunakan semua sarana yang semestinya dibarengi dengan sikap penuh kepasrahan kepada Allah SWT. Sesungguhnya Rasulullah SAW sendiri bila ikut dalam peperangan, beliau selalu memakai baju besi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, padahal beliau adalah penghulu orang-orang yang bertawakal.

Menggunakan sarana yang semestinya dan bertawakal kepada Allah merupakan inti ajaran Tauhid. Tidak menggunakan sarana yang semestinya dan hanya mengandalkan tawakkal kepada Allah artinya sama dengan mengabaikan peraturan. Sebaliknya, hanya mengandalkan sarana yang semestinya tanpa rasa tawakal kepada Allah sama artinya dengan mengabaikan ajaran Tauhid.

Ibnul Jauzi sehubungan dengan hal ini menyebutkan bahwa pernah seorang lelaki memotong kukunya, tetapi tidak pernah bersikap hati-hati sehingga pisau yang digunakannya melukai hinggga akkhirnya ia mati ( karena kehabisn darah ).

Pernah juga ada seorang lelaki yang memasuki kandang keledai sardan ( yang terkenal liar ) dengan sikap tidak hati-hati, maka keledai itu menendang perutnya dengan kaki belakangnya hingga lelaki itu meninggal dunia.

Diceritakan bahwa Thaha Husain, penulis Mesir yang terkenal, berkata pada sopirnya:" jangan ngebut agar kita bisa sampai ke tujuan lebih awal". Hal inilah yang dimaksud oleh peribahasa yang mengatakan :"Adakalanya sikap tergesa-gesa berakibat dengan keterlambatan."

Sikap waspada dan hati-hati tidak bertentangan dengan ketentuan taqdir. Ia termasuk bagian darinya, bahkan termasuk ke dalam intinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...