Ranking

Selasa, 31 Januari 2023

 SAWO ( SAyang Walaupun Orang lain membenci )

 

Seorang muslim hendaknya memiliki sifat kasih sayang dan menjahui perangai yang buruk yaitu sifat saling membenci diantara kaum muslimin,dan hendaknya ia senantiasa menumbuhkan sifat kasih sayang di segala aspek kehidupannya,Allah subhanahu wa ta’ala mensifati Nabi kita salallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya radhiallhu ‘anhum jami’an adalah orang memiliki sifat rahmah (kasih sayang).

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman

محَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاء عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاء بَيْنَهُمْ

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka (Q.S; Al Fath:48)

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di Rahimahullah berkata mengenai ayat ini di dalam Tafsirnya (Taisirul Karimur Ar-Rahman. hal/761) :

“{رُحَمَاء بَيْنَهُمْ} Mereka adalah orang yang saling mencintai,saling berkasih sayang, saling berlemah lembut seakan-akan mereka satu tubuh ,mereka mencitai untuk saudara apa yang dia cintai untuk dirinya ,inilah mu’amalah mereka terhadap manusia.”

Keutamaan Sifat Penyayang

1. Disayang Oleh Allah Subhanahu wa ta’ala

Didalam beberapa hadist dijelaskan bahwasannya Allah tidak menyayangi bagi siapa yang tidak memiliki sifat penyayang,diantaranya hadist yang diriwayat Jarir bin Abdullah ia berkata:Rasulullah bersabda

مَنْ لَا يَرْحَمْ النَّاسَ لَا يَرْحَمْهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya (HR.Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ :أَنَّ الْأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ الْحَسَنَ فَقَالَ إِنَّ لِي عَشْرَةً مِنْ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( إِنَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ)) (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:Bahwa Aqra’ bin Habis pernah melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang mencium Hasan. Dia (Aqra’ bin Habis) lalu berkata: Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi “(HR.Muslim)

Dari Ayat dan hadist diatas memberikan faidah penting kepada kita agar memiliki sifat penyayang dan menjauhi sifat permusuhan dan saling membenci.

Maka hendaknya seseorang muslim menumbuhkan sifat penyayang tersebut di dalam kehidupannya,adapun terhadap kafir kita dianjurkan bersikap tegas dan keras terhadap mereka.

2. Diampuni Dosanya

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ امْرَأَةً بَغِيًّا رَأَتْ كَلْبًا فِي يَوْمٍ حَارٍّ يُطِيفُ بِبِئْرٍ قَدْ أَدْلَعَ لِسَانَهُ مِنْ الْعَطَشِ فَنَزَعَتْ لَهُ بِمُوقِهَا فَغُفِرَ لَه ( رواه مسلم)

Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pada suatu hari yang sangat panas seorang wanita pelacur melihat seekor anjing sedang mengelilingi sebuah sumur sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Ia kemudian melepas sepatu kulitnya (untuk mengambil air sumur yang akan diminumkan kepada anjing), lalu wanita itu diampuni dosanya (HR.Muslim)

Ancaman Bagi yang tidak memilki Sifat Penyayang

Diancam Neraka

Di dalam satu hadist disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa ada Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka.

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhu : ia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ((عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ لَا هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَسَقَتْهَا إِذْ حَبَسَتْهَا وَلَا هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ)). ( رواه مسلم)

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karenanya, yaitu karena ketika mengurungnya ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum sebagaimana ia tidak juga melepasnya mencari makan dari serangga-serangga tanah (HR.Muslim)

Didalam hadist ini ada beberapa pelajaran penting ,di antaranya :

Dilarang membunuh kucing

Dilarangnya mungurungnya tanpa memberi makan dan minum

Wanita tersebut disiksa dan di masukkan kedalam Neraka karena perbuatanya tersebut.

Dalam pembahasan ini kita melihat bagaimana akhlaq seorang muslim bermuamalah antara satu muslim dengan muslim yang lain yaitu dengan bersifat saling menyayangi dan mengasihi.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala :

“Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara…” (Q.S; Al-Hujurat :10).

Oleh sebab itu orang –orang yang beriman mereka adalah saudara seagama dan seaqidah, walaupun mereka berbeda nasab ( keturunan) bangsa dan Negara ataupun zaman akan tetapi mereka adalah tetap saudara seiman.

Allah subhanahu wata’ala juga berfirman

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka adalah menjadi penolong bagi sebahagian yang lain.” (Q.S; At-Taubah :71).

Sampai-sampai Rasulullah bersabda dalam suatu hadist bahwa seorang muslim turut merasakan sakit ketika saudaranya mendapat musibah ataupun penderitaan

Nabi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَثَلُ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ تَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ كَالْجَسَدِ الْوَاحِدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالْحُمَّى وَالسَّهَرِ

“Perumpamaan kaum muslimin di dalam kasih sanyangnya, belas kasihnya dan sayang-menyayanginya bagaikan satu tubuh, apabila satu bagian tubuh merasa sakit (menderita) maka seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur karenanya.”(HR.Bukhari dan Muslim)

Nabi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضَهُ بَعْضًا

“Seorang mukmin yang satu dengan mukmin yang lainnya bagaikan bangunan yang kuat, menguatkan sebagian yang satu atas sebahagian yang lainnya.” (HR.Bukhari dan Muslim )

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَدَابَرُوا وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَاناً وَلاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ

Artinya :

Dari Anas bin Malik t bahwasanya Rasulullah e bersabda: “ Janganlah kalian saling membenci, saling hasad (dengki), saling membelakangi. Dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak dihalalkan bagi seorang muslim menjauhi saudaranya lebih dari tiga hari” (Muttafaq Alaih – Shohih Bukhori Hadits no : 5840)[1]

Allah ta’ala mengabarkan bahwa orang-orang mukmin bahwa mereka adalah saudara seagama, sebagai saudara mereka menjalin hubungan saling menyayangi dan saling mengunjungi.

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

Artinya :

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan hal itu). (Q.S Al-Maidah : 91)

Allah mengharamkan sesuatu yang menjadi penyebab permusuhan dan kebencian antar sesama orang-orang beriman.

Asbabul Wurud Hadits

Hijrahnya Rasulullah Saw dan para sahabatnya ke kota Madinah membawa perubahan besar, menghentakkan perhatian dunia, menggoncang altar sejarah umat manusia. Perubahan drastis terjadi, arus perubahan itu pada utamanya terletak dalam semangat saling tolong menolong, meniupkan angin persatuan, keadilan, membungkam suara perpecahan, fanatisme etnis, suku, dan ras, semuanya bersatu di bawah bendera Laa Ilaaha Illallah Muhammad Rasulullah.

Rasulullah saw menegakkan masyarakat Islam atas dasar persaudaraan yang kokoh dan kuat. Karenanya kaum muslimin itu bersaudara. Dalam Islam, persaudaraan tidak mengenal batas-batas teritorial, geografis, suku, etnis, ras, maupun warna kulit. Persaudaraan dalam Islam senantiasa mengikat dan mempersatukan tujuan serta memperkuat barisan, mengajak kepada kerjasama, gotong royong, bahu membahu atas dasar kebaikan dan kasih sayang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...