Ranking

Jumat, 11 Januari 2013

MEMAINKAN SEBUAH PERAN


MEMAINKAN SEBUAH PERAN

Seorang aktor yang baik adalah jika ia dapat melakoni berbagai peran. Suatu saat ia menjadi seorang pemuda yang sedang jatuh cinta, di lain waktu ia bisa memerankan seorang ayah yang sangat setia kepada keluarganya dan di kesempatan yang lain ia juga mampu berperan sebagai seorang kakek-kakek yang sudah sangat tua.

Peran sebenarnya tidak hanya dimainkan di dalam sebuah sandiwara ataupun di sinetron, akan tetapi juga dalam kehidupan - hari sebagaimana sekarang yang sedang kita lakoni. Dan yang perlu kita ketahui bahwa masing-masing dari kita mempunyai peran yang berbeda-beda. Artinya kita itu bertingkah laku sesuai dengan harapan orang lain akan perannya.

Seorang guru hanya dapat bertingkah laku dalam kerangka tertentu. Ia dituntut peran yang berbeda dari pihak murid, orang tua, kepala sekolah, teman - teman guru lainnya, dan juga dari masyarakat dimana ia bertempat tinggal. Secara tidak tertulis ada aturan tingkah laku bagi guru itu; ia harus berpakaian yang rapi, kemudian juga tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk, tepat waktu, memberikan pelajaran dengan baik, ramah terhadap anak-anaknya, dan juga menjalankan tugas tertentu bagi masyarakat disekitarnya

Sebagaimana saya katakan diatas bahwa setiap manusia mempunyai peran yang berbeda-beda. Narno misalnya, selain berperan sebagai seorang ayah dari tiga anak, ia juga berperan sebagai suami, dokter, anak bungsu, anggota partai politik, ketua RT, dan juga menjadi bendahara di klub sepak bola.

Bagi Narno, kesulitan akan timbul jika ada pertentangan antara harapan dari peran-peran berbeda yang dimilikinya. Di rumah sakit ia diharapkan mengobati pasien yang sedang sakit dengan baik. Hal itu berarti ia harus mau lembur, kalau diperlukan. Keluarganya mengharapkan agar ia membawa pengahasilan yang cukup kerumah. Dengan demikian, ia harus menjalankan praktek pribadi pada sore dan malam hari. Dari organisasi partainya, ia juga diharapkan aktif dan itu mungkin saja dapat menghambat perjalanan kariernya. Demikian juga sebagai ketua RT diharapkan dapat memenuhi keinginan warga setempat.

Nah, bagaimana anda memainkan peran ? 

13 komentar:

  1. hehe... iya Mas. berperilaku kontekstual sesuai profesi dan peran sosial menjadi kebutuhan benar ya..

    saya memainkan peran yang hampir sama dengan Mas Narno, cuma saya nggak sehebat Njenengan. intinya saya sepakat kalo memainkan peran memang memerlukan kecerdasan, dan seni.

    BalasHapus
  2. memberi dan menerima..apa2 pun hati perlu di jaga.

    BalasHapus
  3. Harus bisa memainkan peran apapun sebaik mungkin ya Pak untuk bisa dibilang amanah..

    BalasHapus
  4. السلم عليكم ورحمة الله

    Perhatikan peranan kita kepada Yang Maha Esa, kepada Rasulullah s.a.w. dan seterusnya sebagai pemimpin dalam keluarga, di kantur, dan sebagainya.

    BalasHapus
  5. Ternyata manusia bisa jadi superman dan superwoman ya... Satu orang bisa berbagai peran yang dilakoninya. Namun ketidakseimbangan sulit tuk dielakkan.

    BalasHapus
  6. Intinya harus bisa multi talenta dan profesional ya sob.

    BalasHapus
  7. .. setelah dipahami,, bener juga ya?!? ternyata slama ini kita udah memerankan berbagai macam peran. he..86x ..

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...