Ranking

Rabu, 16 Januari 2013

TAMU TAK DI UNDANG TU DATANG LAGI,....

TAMU TAK DI UNDANG TU DATANG LAGI,....

Tamu... yah mestinya ada perlakuan yang istimewa buat para tamu itu, bahkan dalam agama kita pun dianjurkan untuk senantiasa menghormati tamu, menjamunya hingga tiga hari tiga malam. Namun tamu - tamu yang sekarang berkunjung kerumah kita tak selamanya mempunyai niatan yang baik. Banyak cerita yang mengungkapkan akan masalah ini.

Tak kusangka cerita yang dulu hanya saya dengar di beberapa berita, yang saya lihat di televisi ternyata kejadian itu sekarang betul-betul terjadi dihadapanku. Kejadian yang menimpa temen - teman kerjaku, tetanggaku dan orang-orang yang ada disekelilingku.

Kejadian pertama, ketika suatu hari di rumah temenku didatangi dua orang tamu, ngakunya sich tamu dari jauh hingga ketika memasuki rumah itu kelihatan sangat letih dan lelah sehingga langsung saja tamu itu minta air putih pada si tuan rumah. Tanpa keberatan si tuan rumah masuk kedapur untuk mengambilkan air putih. Namun apa yang terjadi ketika si tuan rumah masuk kedalam. Dengan cekatan dan sangat cepat tamu-tamu itu menyambar dua hand phone yang ada di ruang tamu. Betapa terkejutnya si tuan rumah begitu kembali ke ruang tamu, oh.....ternyata tamu itu sudah menghilang dengan membawa dua hand phone nya. Marah...kesal...jengkel namun itu semua tak bisa mengembalikan hand phone nya yang sudah hilang...

Yang kedua menimpa tetanggaku, yang kebetulan dia punya warung kelontong. Siang itu mestinya rame dengan orang-orang yang berlalu lalang didepan rumahnya. Namun siapa yang menyangka kalau di siang hari yang cukup rame itu harus mengalami kejadian itu. Berawal dari seorang  GEPENG yang menghampiri warung itu untuk memminta sumbangan pada si tuan rumah. Dengan segera tuan rumah memberikan sumbangannya sekedar bisa beli es...akan tetapi ternyata si gepeng  gak mau beranjak dari tempat itu. Melihat kejadian itu akhirnya ditinggal masuk sama si tuan rumah toh dia sudah kasih itu sumbangan. Tanpa diduga sebelumnya dalam waktu, yang sangat cepat diiringi suara mak ...glontaang..gepeng tadi sudah pergi dari tempat itu dengan membawa gas elpiji. Anehnya ditaruh mana ya elpijinya.....padahal dia sudah tua.....jalan kaki ....tapi begitulah kejadiannya.

Dan yang ketiga baru kemaren menimpa temen kerjaku, dia juga berjualan seperti tetanggaku, kejadian itu berawal ketika ada seseorang yang ingin membeli barang di tempat itu. Dengan suara yang keras orang itu memanggil si punya warung. "bu...tumbas...bu tumbas.....". begitu si punya warung keluar untuk menemui orang itu ternyata orang itu menuju ke rumah belakang, dan kebetulan diruang itu ada dompet langsung saja dompet itu disambarnya. Namun selang beberapa waktu dompet itu dikembalikan pada si punya warung dengan meminta imbalan. Ia minta uang imbalan karena ngakunya sudah menemukan dompet itu. Si punya warung nampaknya berbaik hati. ya sudah,,,tak kasih tiga puluh ribu asalkan surat-surat penting itu bisa kembali ketanganku. Padahal si punya warung juga tahu bahwa sebelum dikebalikan sudah mengambil lima puluh ribuan. Tapi ya itulah yang bisa dilakukan nya.....

Nah bagaimana ditempat kalian semua apakah juga ada kejadian seperti ini?

16 komentar:

  1. Balasan
    1. mudah mudahan saja diajuhkan dari tamu -tamu yang seperti itu

      Hapus
  2. tetamu yg tak di kenali mmg kak tak bagi masuk walau pun jualan barang..buka pintu jauh sekali..

    BalasHapus
  3. intiny kita harus lebih waspada memang Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat sama mas Dani ...

      Hapus
    2. makasih Dan, Wong saya juga sependapat dengan itu

      Hapus
  4. iya mas, kejadian kayak gitu banyak terjadi dan bikin geram rasanya. saya sekarang masih dalam kualitas tega untuk menangkap dan gebukin penjahat kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh ya masa memang kadang perlu juga digebuki biar kapok

      Hapus
  5. .. widichhhh,, kalo aq sich pagar rumah slalu tergembok, n nanti kalo ada tamu yg aq gak kenal gitu, jd gak akan dibuka. namun kalo masalah dompet,, aq pernah tuch. dompet aq jatuh di jalan, namun alhamdulillah dompet aq dikembalikan sama 2 orang cowok yang mampir kerumah. yachhhh,, walo pun duitnya raip gpp lah. asalkan surat^ gak ada yang ilank ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah pasti rumahnya besar ya ada temboknya seperti benteng.sama dengan temen aku duit hilang gpp yang penting surat-surat nya gk hilang

      Hapus
    2. .. rumah ortu lumayan kok gak kawan n bukan besar. namun klo masalah pagar, emank rumah yg ada gemboknya itu gede apa?!? gak kan?!? he..86x. kalo masalah dompet, alhamdulillah yg nemuin 2 cowok yg sepantaran dengan aq, jd di dompet kan aq kasih foto, jd alhamdulillah dikembalikan. he..86x ..

      Hapus
  6. Tamu itu harus di hormati walaupun g di undang, namanya juga tamu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. menghormati tamu adalah kewajiban, akan tetapi tidak salah jika kita juga waspada bukan curiga lho

      Hapus
  7. semoga kita terhindar dari keburukan orang yang berniat buruk dengan dibungkus kebaikan

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...