Ranking

Jumat, 10 Mei 2013

DIMANA KU HARUS MENCARI " JUPE "?????

DIMANA KU HARUS MENCARI " JUPE "?????

Nama JUPE, sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bahkan beberapa waktu yang lalu sering ditayangkan dalam sebuah stasiun TV. Siapa sich yang tak kenal JUPE ??? Lalu kenapa pula harus mencari JUPE, dimanakah JUPE berada???

Sob, tahu kan kalao dalam postingan sebelumnya juga sering aku sampaikan tentang berbagai singkatan kata, seperti yang dulu juga kali ini aku juga akan sampaikan lagi. Jupe berati JUJUR DAN PEDULI. Nah, sudah tahu kan? trus kira-kira dimana ya bisa menemui JUPE?

Dirumah?....bisa kah JUPE ditemui dirumah kita. Sebagai orang tua aku selalu mengajarkan anak-anak dan semua anggota keluargaku untuk bisa berbuat jujur. Membiasakan jujur sejak kecil. Sebagai contoh ketika anak-anak sedang menghadapi ujian semester ataupun ujian nasional. Aku beserta istri menanamkan pada anak-anak harus jujur, artinya jangan sampai ikut-ikutan nyontek, apalagi beli kunci jawaban. Inilah yang tetap aku wanti-wanti. 

Tentang kepedulian, dirumah juga sering kita ajarkan masalah ini, misalkan tentang sadar kebersihan lingkungan. Artinya setiap kali kita melihat lingkungan kotor maka setiap anggota keluarga bertanggung jawab atasnya. Ini mungkin sebagian kecil tenang kepedulian.

Di sekolah ? bisa kah JUPE ditemui ?. Setiap hari bapak ibu guru mengajarkan tentang arti pentingnya suatu kejujuran. Bahkan sebagian ada yang mengatakan bahwa "jika kalian mencari ilmu niscaya nilai itu akan kamu dapatkan, tetapi jika kalian mencari nilai belum tentu kalian dapat ilmunya.". Begitulah kira-kira. Namun pada kenyataanya masih juga banyak anak didik yang lupa akan hal itu. Sewaktu ulangan semester nyontek, dan ketika sudah UN beli kunci jawaban, seolah anak-anak itu tidak percaya diri. Dan yang anehnya lagi jika ini disuruh oleh gurunya sendiri atau bahkan kepala sekolahnya. Nah, apakh disini ini yang namanya guru peduli kepada anak didiknya ??

Dipasar ? mungkinkah JUPE bersembunyi dipasar. Masih ada para penjual yang mengurangi timbangan ketika menimbang barang dagangannya, demikian juga masih ada para pembeli yang mengambil barang dan ketika bayar tidak sesuai dengan apa yang diambilnya, artinya ada barang yang disembunyikan tapi tidak diikutkan bayar. Apakah ini yang dinamakan peduli antar penjual dan pembeli?

Tolong donk sob, jika ketemu JUPE kabari aku ya ???


10 komentar:

  1. ketika masyarakat dan sekolah dalam perannya membentuk karakter jujur dan peluli semakin tak kikis maka peran keluargalah yang masih bisa kita upayakan. Artinya dari eluargalah anak menemukan oase jupe.

    BalasHapus
  2. berarti sebenernya JUPE ada dihati kita masing-masing, Mungkin karena si Jupe juga lagi ditahanan, apakah JUPE yang dimaksud disini juga sedang tertahan????(nyambungkah????)

    BalasHapus
  3. Meski pun keduanya kini...dianggap langka dan mahal harganya...

    Minimal kita selaku orang tua..tetep menerapkan dan memberi contoh yg nyata ke anak2 kita ya mas :)

    BalasHapus
  4. pastinya di dalam hati kita sendiri ya
    tapi jujur...kadang kita sulit menemukan keduanya di dalam hati kita, karena memang mereka sedang tidak ada disana...kadang mereka pergi entah kemana
    salam kenal

    BalasHapus
  5. Jupe adanya di deket Gaston (Ganjarane Setunggal Ton). hehe..

    BalasHapus
  6. .. jarang banget orang jujur di masa sekarang ini. bisa^ jujur itu malah dikalahkan dengan kebohongan. orang jujur vs orang bohong, orang bohong akan selalu menang. begitulah dijaman sekarang ini ..

    BalasHapus
  7. smg aja JUPE yg skrg bisa mempunyai sifat JUPE *smile

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...