Ranking

Jumat, 17 Mei 2013

Pie Ye Ben da Die Wong Sieng A Piek

Pie Ye Ben da Die Wong Sieng A Piek

Kalau ditanya siapa sih yang  mau menjadi orang yang baik ???. Tentu saja semua akan menjawab pasti menginginkan dirinya menjadi yang baik, bahkan seorang pencuripun terkadang juga kepengin menjadi orang yang baik. Namun masih banyak hal yang mengahanginya untuk menjadi baik. Paling tidak ada sebagian pencuri yang mengatakan pada anak-anaknya jangan sampai mengikuti pekerjaaan ayahnya.

Untuk menjadi orang yang baik, banyak hal yang mesti dilakoninya, minimal ada empat hal penting untuk menjadikan pribadi yang baik.

Yang pertama, KESUNGGUHAN. Dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan untuk menjadi pribadi yang baik. Karena tanpa ini susah untuk menjadi baik. Melakukan kesalahan meski tanpa diajari terkadang terasa ringan dan sangat mudah namun untuk melakukan yang  baik dan benar walau sudah ada contoh dan sering diingatkan tetap saja sulit. Artinya butuh kesungguhan dari diri sendiri. Ibda' binafsika

Yang kedua,untuk menjadi pribadi yang baik membutuhkan Pembibing. Pembimbing yang mempunyai tugas untuk membimbing, mengarahkan dan memberi nasihat ketika kita lupa. Jujur saja sob, kita sring lupa akan beberapa hal makanya jika ada pembimbing tentunya ini yang akan mengarahkan kita supaya tidak terjatuh dalam kesalahan yang lebih besar. Dan pada akhirnya jika jauh dari kesalahan-kesalahan maka tak menutup kemungkinan untuk menjadi pribadi yang baik.

Yang ketiga hidup di lingkungan yang baik ( bi'ah sholihah ). Secara pribadi kita sudah bisa menempatkan diri kita sesuai dengan aturan-aturan yang ada, baik aturan agama maupun aturan didaerah itu, akan tetapi jika lingkungan kita belum mendukung rasanya sulit dan berat untuk bisa bertahan dilingkungan seperti itui. maka sudah kmerupakan kewajiban kita untuk memberi warna bukan terwarnai. Apapun  posisi kita di dalam masyarakat itu tetap saja kita punya peran untuk memberi yang terbaik buat lingkungan kita.

Yang keempat yaitu jadwal atau program yang berkelanjutan, artinya meski ketiga hal tersebut diatas sudah dipenuhi namun jika tak ada jadwal ( program ) yang berkelanjutan maka tak menutup kemungkinan masih ada ganjalan untuk memnjadi pribdi yang baik. Maka sudah sepantasnyalah jika mulai saat ini kita program dengan baik dan rapi sehingga tujuan untuk menjadi pribadi yang baik itu bisa terrcapai.


7 komentar:

  1. betapa sulit memang menjadi orang baik meski secara naluri semua orang ingin menjadi baik, oleh karena itu perlu kesungguhan hati

    BalasHapus
  2. susah jadi orang yang baik.. tar baik luarnya tapi dalamnya jelek..hehehe

    BalasHapus
  3. saya setuju bahwa ini harus berkelanjutan. dipupuk seperti tanaman, biar baiknya kita menjadi subur, hehe

    BalasHapus
  4. setuju...kelanjutannya bisa berupa aplikasi praktek dalam keseharian..karena kalau cuma teori yang dikuasai untuk menjadi orang baik..tak akan ada manfaatnya..tanpa pernah mempraktekkan bagaimana menjadi orang baik yang sebenarnya...salam

    BalasHapus
  5. suka dengan kalimat (kata) di paragrap awal...
    dan saya jd teringat dengan ucapan guru SD dulu....
    "Jangan sampai Anak ....meniru dan sama tentang hal buruk orang tuanya"

    Great..

    BalasHapus
  6. jadi dari keempat program diatas yang terpenting adalah programnya harus berkelanjutan, agar pemberdayaannya lebih fokus terhadap sistem swakelola yang sedang digalakkan pemerintah....apa coba?

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...