Ranking

Jumat, 03 Mei 2013

IBARAT JENDELA....

IBARAT JENDELA....

Jika hubungan antarmanusia dapat diumpamakan sebagai jendela, jendela itu terbagi menjadi empat bagian, yang dalam situasi berbeda dapat berubah pula luas masing-masing bagiannya.

1.Bagian daerah bebas ( aku tahu, orang lain juga tahu ). Dalam bagian ini kita tidak menyembunyikan apa-apa dan dapat bergerak sangat bebas/merasa leluasa. Bagian diri ini kita kenali diri sendiri dan juga dikenali/diketahuai orang lain

2.Bagian gelap/buta ( orang lain tahu, aku tidak tahu ). Dalam bagian ini orang lain lebih mengenali/mengetahui diri kita daripada kita sendiri. Selain itu, pada bagian ini tercakup semua perasaan, kebiasaan,prasangka, dan kecenderungan yang tidak kita sadari. Kita sering terheran-heran jika orang lain membuka mata kita tentang hal-hal yang berhubungan dengan diri kita, tetapi sma sekali tak kita ketahui.

3.Bagian pribadi ( aku tahu-orang lain tidak tahu ). Inilah bagian dari pemikiran dan tingkah laku kita yang secara sadar kita sembunyikan dari orang lain, misalnya keinginan-keinginan rahasia kita, titik lemah kita ataupun hal-hal yang kita anggap tidak akan disukai orang lain.

4. Bagian ketidaksadaran ( aku tidak tahu, orang lain juga tidak tahu ). Bagian dari Diri ini tidak kita ketahuai dan juga tidak diketahui orag lain.

2 komentar:

  1. semoga kita mambu menjadi jembatan bagi semua orang

    BalasHapus
  2. prumpamaannya sangat mengena dan bermakna mas...dan saya sepaham dh mbak mbak Is.
    salam sehat selalu :)

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...