Ranking

Selasa, 18 Juni 2013

CENGKERAMA SUAMI TELADAN

CENGKERAMA  SUAMI  TELADAN

Kenabian Muammmad tidak menghalangi beliau dalam bercengkerama dengan istri-istrinya. Bahkan beliau selalu menggembirakan mereka dengan sendau gurau dan cumbu rayu. Aisyah ra mengisahkan : 

"Suatu hari Rasulullah saw memanggilku untuk melihat orang-orang Habsyi yang sedang bermain perang-perangan di masjid. Beliau bertanya apakah aku senang dengan permainan itu. Aku pun mengiyakan dan Rasulullah yang berdiri di depanku menundukkan kedua pundaknya agar aku dapat melihat kedepan dengan jelas. Aku meletakkan dagu dipundak beliau dan menempelkan wajah di pipi beliau. Rasulullah bertanya apakah aku sudah puas. Akupun menggelengkan kepala. Sebenarnya aku tidak begitu suka melihat mereka itu, tapi aku ingin memperlihatkan kedudukannku disisi beliau. Dan kedudukan beliau dihadapan saya. Saya ingin beliau menganggapku seperti gadis kecil yang ingin bermain."

Aisyah juga meriwayatkan sikap Rasulullah ketika pulang dari Perang Tabuk atau Hunain. Beliau melihat aneka mainan di kamar Aisyah ra karena tirai yang menutupnya tertiup angin. Beliau serta merta bertanya tentang apa yang dilihat itu. Aisyah ra menjawab :
"Anak-anakku."
"Apa itu ditengah-tengahnya?",tanya Rasulullah saw ketika melihat kuda yang mempunyai dua sayap dari kain tambalan.
"Itu kudaku," jawab Aisyah ra
"Apakah kuda mempunyai sayap?",tanya Rasulullah saw keheranan
"Tidakkah Rasulullah pernah mendengar kuda Nabi Sulaiman yang mempunyai banyak sayap," jawab Aisyah

Mendengar jawab demikian Rasulullah tertawa sampai tampak putih gigi serinya. Ini dikisahkan oleh Abu Dawud.

Satu kali Rasulullah saw di tengah perjalanan bercanda dengan Aisyah ra sebagaimana riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan An Nasai.

Aisyah ra saat itu masihmuda dah tubuhnya rampiang, kecil. Saat mereka dalam perjalanan bersama para sahabat. Rasulullah menyuruh para sahabat untuk berjalan lebih dahulu. Kepada Aisyah beliau berkata;
"Mari Aisyah kita berlomba.?"
Aisyah berhasil mendahului dan memenangkan perlombaan itu. Satu kali peristiwa yang sama terjadi lagi. Ketika tubuh Aisyah ra tidak lagi seperti semula, Rasulullah saw menyuruh para sahabat untuk berjalan dahulu. Dan kepada Aisayh beliau berkata:

"Hai Aisyah, mari kita berlomba lagi"
"Bagaimana saya dapat berlomba dengan keadaan demikian ya Rasulullah?",jawab Aisyah ra
"Tentu kamu bisa melakukannya,"jawab Rasulullah saw
Aisyah yang mempunyai tubuh gemuk tentu saja alah dalam perlombaan itu. Rasulullah tersenyum melihayt Aisyah ra yang tertinggal di belakang.

Rasulullah juga pernah minum dari tempat yang sama dengan istrinya. Bahkan di bekas mulutnya, Aisyah ra meriwayatkannya. Beliau juga menggigit daging di tempat bekas gigitan Aisyah ra meskipun saat itu Aisyah ra sedang menstruasi, sebagaimana diriwayatkan muslim.

Aisyah juga pernah mandi bersama Rasulullah dalam satu tempat. Saat itu beliau berdua mandi janabat. Tangan mereka bersilang di bejana dan Rasulullah mendahului Aisyah. Terdengar Aisyah ra  berseru kepada beliau;

"Sisakan airnya untuk saya, sisakan untuk saya"

Rasulullah saw selalu bersiwak jika akan 'Dukhul" sebagaimana disebutkan Aisyah ra dalam riwayat Muslim.

Selain bercengkerama, Rasulullah saw juga selalu membantu istrinya dalam menyelesaikan urusan rumah tangga. Beliau mengerjakan sendiri apa-apa keperluan bagi dirinya selama itu dapat beliau kerjakan sendiri. Beliau tidak ingin membebani istrinya dengan hal-hal yang dapat beliau lakukan sendiri.

Bagaimana dengan anda wahai para suami, apakah anda juga sering becanda dengan istri anda?

2 komentar:

  1. Ya Allah kita tak terikutkan..

    bergurau senda,kejar2 masa jogging,main badminton sma2 adalah.

    suami jahit jubah yg koyak..sbb knor tak terjahit..bz bangat.

    BalasHapus
  2. Beliau sholallohu'alaihi wa sallam memang teladan terbaik..
    Tulisan yg bagus akhi.. klo boleh kenalan, saya Erlang 0857 1065 4720

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...