Ranking

Jumat, 27 April 2012

YANG SEDANG-SEDANG SAJA........


YANG SEDANG-SEDANG SAJA........

Yah semua harus ada batasnya, terlebih yang ada kaitannya dengan akhlak atau  perilaku kita sehari  hari.  Karena hanya dengan mengetahui batasan –batasan itulah maka kita akan mencapai  kemaslahatan di dunia hingga akhirat.

Kemarahan  adalah sifat yang melekat pada diri manusia, ia harus dibatasi yaitu suatu keberanian yang terpuji yang dapat meningkatkan harga diri, namun jika marah itu berlebihan akan menakutkan dan jika berkurang dari batas itu akan menjadi pengecut dan tidak punya harga diri.

Sifat Tamak juga harus dibatasi dengan merasa cukup terhadap masalah dunia, melebihi batas menjadikan terjerumus dalam hal-hal yang tidak terpuji, kurang dari batas menjadikan hina dan kesengsaraan.

Dengki demikian juga harus dibatasi dengan persaingan dalam mencari kesempurnaan dan harga diri, terlalu berlebihan menjadikan berbuat dzalim jika kurang dari batas itu  tidak memiliki gairah dan cita-cita dan rendah diri.

Nafsu syahwat apalagi ini harus dibatasi dengan istirahatnya hati dan akal dari ketaaan  dan mencari keutamaan jika lebih akan durjana dan turun derajatnya seperti binatang sedangkan bila berkurang menjadi seorang yang lemah dan hina.

Pemberani, batasannya  adalah maju saat dituntut untuk maju dan mundur saat dituntut untuk mundur jika melebihi itu akan membahayakan dan jika kurang akan menjadi pengecut.

Dan sifat sifat yang lain seperti dermawan, tawadhu’ dan sampai cmburu pun harus dibatasi,  sebab jika tidak sifat kedermawaanya akan membawa kemubadziran tau bahkan menjadi bakhil atau juga pelit. Sedang tawadhu yang berlebih akan hina dan rendah diri bahkan juga bisa menjadi sombong atau besar kepala. Dan cemburu bila melebihi batas akan berburuk sangka pada orang lain atau menajadi lalai dan masa bodoh.

Yang tepat dari semua sifat diatas adalah kesederhanaan, yaitu pertengahan antara terlalu berlebihan dan terlalu berkurangan, karena diatas kesederhanaan itulah bangunan kemaslahatan dunia dan akhirat dapat ditegakkan bahkan kemaslahatan badan tidak tercapai kecuali dengannya.

Wallahu a’lam bishowab

2 komentar:

  1. he he yang enak memang sedang-sedang saja. orang jowo bilang ayu ke kayunen atos, elek kekelek'en kecut, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bu yang atos dan yang elek semua kurang pas, yang pas yaitu yang sedang sedang saja

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...