Ranking

Minggu, 11 November 2012

PEMBIASAAN ITU PENTING LHO….


PEMBIASAAN ITU PENTING LHO….

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sholih, anak yang baik, ber,bakti kepada kedua orang tuanya, dan senantiasa melakukan perbuatan yang terpuji. Namun untuk menjdikan anak-anak kita tumbuh menjadi seperti itu dibutuhkan perjuangan yang sangat panjang dan tentunya juga berat.

Banyak cara yang harus dilakukan jika seorang tua harus bercita cita seperti itu, diantaranya adalah dengan membiasakan anak sejak kecil.” Anak adalah amanah bagi kedua orangtuanya. Hatinya yang suci adalah permata yang sangat mahal harganya. Jika dibiasakan pada kejahatan dan dibiarkan lepas seperti hewan, ia akan celaka dan binasa. Sedang memeliharanya adalah dengan upaya pendidikan dan mengajari akhlaq yang baik.”  (Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin ).

Manusia adalah makhluk kebiasaan artinya mereka akan mengerjakan hal-hal yang sudah biasa mereka kerjakan. Karena itu metode untuk mendidik anak yang baik adalah dengan pengajaran dan pembiasaan. Jika anak sudah baligh terlanjur jadi buruk, kita harus mengupayakan terapinya dengan jalan : Mengingatkannya dengan aqidah, menjelaskan cela dari kejahatan-kejahatan yang dilakukan, merubah lingkungan atau hijrah kalau memang diperlukan.

Insya Allah dengan upaya yang keras dan tentunya juga memohon pertolongan Allah, watak yang kurang baik itu bisa diubah bila Allah berkenan memberikan hidayah. Umar bin Khatab ra sahabat yang mulia dahulunya juga pernah berada dalam kegelapan kejahiliyahan.

Sementara bagi yang belum terlanjur menjadi buruk, karena mereka terlahir fitrah, “kullu mauluddin yuladu ‘alal fitrah”  mereka harus tetap dijaga dan dibiasakan tetap dalam fitrahnya yang suci, bersih dan hanif.

Mengajarkan dan membiasakan sholat
“suruh anak-anakmua shalat ketika berusia & tahun, pukul jika enggan tatkala berusia 10 tahun dan pisahkan antara anak-anak laki-laki dan perempuan ketika tidur.”

Mendidik dan membiasakan anak mencintai rasul, keluarga dan para sahabatnya serta mendidik dan membiasakan anak - anak untuk membaca Al Qur’an.

Bagaimana anda membiasakan anak - anak anda?


10 komentar:

  1. wah .. aku belum punya anak nih :)

    BalasHapus
  2. السلم عليكم ورحمة الله

    Mendidik anak-anak itu bermula dari ibunya mula hamil sehinggalah ia lahir ke dunia dengan didikan rohani dan jasmani..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali tadz, pendidikan dimulai sejak masih dalam kandungan

      Hapus
  3. membiasakan sholat dengan puasa pada anak kok lebih mudah pada amalan puasa ya. itu mengapa ya pak narno?

    BalasHapus
  4. waduh...belum bisa jawab bu min, mungkin bu min lebih tau masalah ini

    BalasHapus
  5. Mendidik anak itu teramat mudah, tanpa kata kata malah. Hanya dengan memperbaiki diri dan memberi contoh yang baik.

    BalasHapus
  6. itu hanya satu diantara metode mendidik anak mas, masih banyak lagi yang lain

    BalasHapus
  7. maturnuwun Pak Narno berbagi ilmunya.. :)

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...