Ranking

Jumat, 02 November 2012

INGATLAH WAHAI SUAMI


INGATLAH WAHAI SUAMI

Kalau pada postingan kemaren ada pesan buat para istri, nampaknya tidak adil jika tidak ada pesan untuk para suami. Buat mengingat-ingat maka saya beranikan untuk menuliskannya, mungkin juga bermanfaat bagi teman teman blogger yang sudah menyandang predikat suami atau para calon suami juga boleh baca tulisan ini sebagai bekal nantinya.

Ada hal-hal yang harus diingat suami, terutama berkenaan dengan keadaan yang menimpa istri. Haid misalnya. Ini jelas akan memberikan perubahan-perubahan tertentu di badan dan jiwa stri. Kadang istri akan berbuat tidak sebagaimana mestinya yang dia lakukan. Suami harus mengingat ini sehingga dapat menempatkan diri secara tepat. Istri yang sedang haid memerlukan perlakuan dan penanganan yang lebih lembut dan lebih halus. Istri  akan menjadi sangat peka terhadap hal-hal yang biasanya tidak menimbulkan apa-apa-apa.

Para ahli biologi dan anatomi telah mengadakan penelitian tentang akibat yang ditimbulkan wanita yang sedang menstruasi. Berikut hasilnya :

1.  Daya tahan fisik menurun, frekuensi panas yang keluar dari tubuh meningkat tetapi panas tubuh menurun.

2.     Denyut nadi melemah, tekanan darah dan jumlah sel darah merah menurun.

3. Kelenjar gondok, kedua amandel (Tonsil), dan kelenjar lympa mengalami perubahan.

4.     Pengeluaran hormon ovarium berkurang.

5.     Frekuensi pengeluaran garam fosfat dan kalori dari fisik menurun

6.    Pencernaan mengalami gangguan, kadar lemak dan bagian-bagian esensial dalam makanan menurun.

7.     Pernafasan lemah dan organ-organ bicara mengalami perubahan.

8.  Perasaan menjadi peka dan organ tubuh menjadi malas, daya ingat, kecerdasan, dan daya kemampuan pemusatan pikiran menjadi kalut.

Perubahan ini menjadikan kondisi seorang wanita cenderung ke sakit. Tidak jelas perbedaan antar sehat dan sakit. Dari 100 wanita yang diteliti, hanya 23 wanita saja yang tidak merasakan sakit demikian.

Penelitian yang sama pernah dilakukan terhadap 1020 wanita. Ditemukan 74% dari 100 0rqng merasakan sakit perut dan gangguan kesehatan yang lain ketika sedang menstruasi.

Dokter Emil Nork, seorang spesialis mengatakan : “Penyakit yang umum diderita wanita saat sedang menstruasi adalah sakit kepala, payah, linu, lemah perut, lemah tabiat, perut mengalami perubahan, kadang-kadang pencernaan dan daya tubuh berkurang, pikiran sering merasa kacau. Ada pula wanita-wanita yang merasakan dadnya sakit, bahkan teramat sakit. Ketika menstrusai. Kelenjar kulit wanita menjadi bengkak sehingga suarapun berubah menjadai parau. Ini banyak menimpa mereka. Yang paling banyak adalah pencernaan yang tidak normal dan sukar bernafas.”

Metode Islam yang bijak memperhatikan adanya perubahan ini. itulah mengapa Islam melarang suami menceraikan istri yang sedang haid. Sebab permasalahan kadang kala timbul karena tidak stabilnya emosi si istri. Diriwayatkan bahwa Nabi saw melarang Ibnu Umar ra menceraikan istrinya ketika sedang haid. Beliau bersabda: “Wahai Ibnu Umar! Bukan begitu caranya Allah memerintahkan kamu. Kamu benar-benar telah menyalahi sunnah. Sebab sunnah mengajarkan untuk menunggu masa suci istrimu.”

Rasanya hal ini penting diketahui oelah para suami. Diharapkan dengan memahami keadaan ini, para suami dapat memperlakukan istri sesuai dengan kondisinya. Dan masa-masa kritis itupun akan berlalu dengan semangat.

Begitulah sob, sedikit pesan dari saya banyak kekurangan mohon bisa ditambahkan komennya supaya menjadi lebih sempurna tulisan ini, thanks.

6 komentar:

  1. bacaan bagus nih buat para suami :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya cenderung baik2 saja di setiap siklus bulanan saya :)
    Namun tak sedikit saya temukan perempuan yang merasa amat sangat kesakitan dan lemah saat haid. Istri yang demikian membutuhkan suami yang amat sangat perhatian dan pengertian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kakaakin memang ada istri yang seperti itu butuh perhatian dan pengertian lebih dari suami terlebih ketika lagi datang

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...