Ranking

Selasa, 30 Oktober 2012

MEMILIH PASANGAN HIDUP


MEMILIH PASANGAN HIDUP

Memilih pasangan berarti kita memilih sesuatu yang tidak ada dalam diri kita, atau memilih sesuatu yang lain yang keberadaanya untuk menyempurnakan kita. Kelebihannya menutupi kekurangan yang kita punya. Kehadirannya menjadikan kita lebih harmonis. Pasangan itu kalau menurut saya memang tidak sama , mengapa saya katakan demikian karena sesungguhnya Allah swt telah menciptakan didunia ini berpasang pasang ada laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada baik adapula yang buruk, ada kanan pasti ada kiri.

Memilih pasangan hidup adalah masalah paling penting dalam kehidupan seseorang. Barangsiapa yang memilih secara tepat berarti ia telah merealisir langkah tepat dalam mewujudkan kebahagiaan yang diidamkan oleh setiap manusia. Begitu pentingnya masalah ini, sehingga logis jika Islam menaruh  perhatian besar. Tepat tidaknya memilih seorang pasangan hidup mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan hidup seseorang.  Terutama dalam kehidupan rumah tangganya.

Unsur terpenting adalah “Saling Mengenal”. Pengenalan yang tidak terbatas pada segi phisik saja, tetapi juga menyangkut segi kejiwaan, pribadi, dan pola-pola pemikirannya. Yang jelas kedua belah pihak harus sailng mengetahui apakah masing-masing cocok dengan yang lain.

Ukuran penting lain dalam hal menentukan kelangsungan dan kemantapan kebahagan hidup adalah adanya kesamaan, baik dalam prinsip, nilai, orientasi, pemikiran, tempramen, dan kehormonisan suami istri. Allah SWT telah berfirman:

àM»sWÎ7sƒø:$# tûüÏWÎ7yù=Ï9 šcqèWÎ7yø9$#ur ÏM»sWÎ7yù=Ï9 ( àM»t6Íh©Ü9$#ur tûüÎ6Íh©Ü=Ï9 tbqç7ÍhŠ©Ü9$#ur ÏM»t6Íh©Ü=Ï9 4 y7Í´¯»s9'ré& šcrâ䧎y9ãB $£JÏB tbqä9qà)tƒ ( Nßgs9 ×otÏÿøó¨B ×-øÍur ÒOƒÌŸ2 ÇËÏÈ 
 
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).


“Jiwa-jiwa merupakan serdadu yang berbondong-bondong. Jika saling merekan akan menjadi bersatu. Sebaliknya, jika saling tidak mengenal maka akan terpecah belah.”(HR.Bukhori).

8 komentar:

  1. lantas, kenapa sekarang banyak sekali terjadi perceraian? baik bagi yang masih baru seumur jagung usia pernikahannya, maupun yg telah puluhan tahun?

    apakah ini indikasi, bahwa sebenarnya mereka adalah bukan pasangan yg seperti ditulis di ayat tersebut?

    oh ya Narno, itu mungkin maksudnya tulisan arab ya? tapi di laptop bunda kok, malah yg muncul huruf gak karuan yg kriting2, jd gak bisa dibaca .... :)

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pikir perceraian terjadi karena masing masing ingin memenangkan egonya, bisa jadi ini merupakan indikasi sebab ayat tersebut menyebutkan bahwa yang keji akan mendapat yang keji sedang yang baik juga akan mendapatkan yang baik pula. ya Bunda itu tulisan arab, maaf kalao tidak bisa terbaca tapi maksudnya sudah ada di terjemahannya Bun

      Hapus
  2. bagus sekali ini sob untuk pedoman mencari jodoh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Thanj, boleh juga semoga gak salah dalam memilih

      Hapus
  3. Mas, itu tulisan AlQurannya nggak kebaca sama sistem ya..

    ya, sekufu kan... lalu kita harus menjaga selalu sikap dan perilaku, agar pasangan kita melakukan hal yang sama dengan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas kalao gak kebaca, iya sekufu. betul sekali mas dengan melakukan hal hal yang bisa mengharmoniskan rumah tangga kita

      Hapus
  4. namanya jodoh juga sih ya Pak.. bagaimanapun isaha kita memilih kklo belom jodoh juga ga akan kejadian. setekah ketemu baru kudu kita siap membina hubunganny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betu mas, setelah berjodoh kita siap untuk membina hubungan jangan sampai retak

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...