Ranking

Minggu, 21 Oktober 2012

MENGHITUNG DIRI


Bismillahirrahmanirrahim

MENGHITUNG DIRI

Umar bin Khattab  pernah mengatakan : “ koreksilah dirimu sebelum dikoreksi, evaluasilah sebelum dievaluasi, dan berbekalah dengan amal shaleh untuk menyambut hari penampilan yang besar ( Hari Perhitungan ).

Suatu hal yang sangat penting kita lakukan adalah membuat catatan pribadi mengenai amal perbuatan yang kita lakukan saben hari. Catatan itu berfungsi sebagai alat kontrol terhadap amal kita sekaligus mengingatkan akan semua hal negatif yang terlanjur kita lakukan agar supaya kita dapat segera menaggulanginya, sehingga kita akan mengalami kemajuan pada langkah berikutnya.

Salah seorang pemikir barat dalam pengakuannya mengatakan :”Aku punya map tebal di dalam laci meja kerjaku yang kutuliskan pada sampulnya judul Kebodohan yang Pernah Kulakukan. Map tersebut kumaksudkan untuk menghimpun arsip setiap kekeliruan, hal sepele, dan puluhan kebiasaan buruk lainnya yang telah kulakukan sepanjang siang dan malam hari agar aku tidak mengulanginya lagi esok harinya.”

Dahulu Ar Rabi’ bin Khutsaim mencatat ucapanya dari satu jumat ke jumat yang lain. Jika mendapatkan kebaikan ia bersyukur kepada Allah dan jika menemui keburukan ia segera beristighfar memohon ampun kepada Allah.

Saya yakin temen temen blogger punya pengalaman sendiri tentang masalah ini, bagaimana temen temen mengevaluasi diri. Kalau bisa berbagi disini sangat bersyukurlah untuk menyempurnakan postingan ini.

10 komentar:

  1. saya sering lalai mengevaluasi diri. kebaikan yang mungkin ada pada diri saya (kali aja ada ya, hehe)lebih banyak merupakan karakter yang sudah kebawa sejak kecil, jarang yang dari hasil menempa diri.

    tapi kalo berusaha boleh kan.. yang sekarang sering saya lakukan ya membayangkan gimana kalo saya tiba2 mati, apa nggak menyesal dan rugi. sementara bekal amat sangat minim. kalo udah kepikir gitu, langsung shalat sunnah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sifat manusia memang lalai mas, makanya perlu juga saling mengingatkan, dzikrul maut memang yang paling mujarab

      Hapus
  2. buatku untuk menghitung diri, cukup ingatlah dengan kematian.. semua didunia ini yang namanya "hidup" pasti akan menemui yg namanya kematian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak Nay, semua akan mati. ingat mati akan beramal lebih berhati hati

      Hapus
  3. menghitung diri bisa selaku mengingatkan kita untuk berada di jalurNya ya Pak.. tfs. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah mas Rachmat selalu menghitung diri supaya tetap di jalan Ilahi

      Hapus
  4. Ingat seakan2 bsk akan meninggal. dah serem sendiri dan mulai perhitungan lagi

    BalasHapus
  5. begitulah kalau kita mau menghitung diri terutama kalau ingat mati

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...