Ranking

Senin, 01 Oktober 2012

PENDIDIKAN ORANG DEWASA


PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang aktif dan kreatif yang memerlukan kesempatan untuk mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapinya. Orang dewasa belajar lebih banyak apabila mereka menemukan jawaban dan pemecahan masalah, dalam mengembangkan gagasan-gagasan serta pertimbangan teori-teori.

Dalam proses belajar orang dewasa mempunyai sikap yang berbeda dengan anak-anak, sikap itu  adalah :

Yang pertama, belajar bagi orang dewasa adalah suatu pengalaman yang diinginkan. Maka orang dewasa tidak diajar, akan tetapi dimotivasi untuk mencarai pengetahuan yang mutakhir, ketrampilan baru, sikap yang lain.

Yang kedua, orang dewasa belajar kalau diketemukannya arti pribadi bagi dirinya dan melihat sesuatu mempunyai hubungan dengan kebutuhannya.

Yang ketiga, belajar bagi orang dewasa kadang-kadang merupakan proses yang menyakitkan. Sebab belajar adalah perubahan perilaku, sedang perubahan sering kali berarti meninggalkan kebiasaan, norma dan cara berfikir lama yang sudah lama melekat.

Yang keempat, belajar bagi orang dewasa adalah hasil dari mengalami sesuatu. Sedikit sekali hasil diperoleh apabila orang tua diceramahi, dikhotbahi, digurui untuk melakukan hal tertentu atau bersikap secara tertentu. Ia harus mengalaminya untuk dapat dan mau terus melakukannya. Orang tak bisa diruruh bertanggung jawab tanpa diberikan tanggung jawab untuk dialaminya.

Yang kelima, bagi orang dewasa proses belajar adalah khas dan bersifat individual. Setiap orang punya cara dan kecepatan sendiri untuk belajar dan memecahkan masalah. Dengan kesempatan mengamati cara-cara yang dipakai orang lain, ia dapat memperbaiki dan menyempurnakan caranya sendiri agar menjadi efektif.

Yang keenam, sumber terkaya untuk belajar terdapat di dalam diri orang dewasa itu sendiri. Setumpukan pengalaman masa lampau telah tersimpan di dalam dirinya, perlu digali ditata kembali dengan cara yang lebih berarti.

Yang ketujuh, belajar adalah proses evolusi. Kemampuan orang dewasa untuk mengerti, menerima, mempercayai, menilai, mendukung, memerlukan suatu proses yang berkembang secara perlahan. Tidak dapat dipaksakan sekaligus. Perubahan perilaku tidak dapat terjadi dalam seketika, melainkan terjadi perlahan lahan melalui percobaan-percobaan.

16 komentar:

  1. Bener Pak. Belajar untuk orang dewasa itu sebagian besar motivasinya datang dari dalam diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa motivasi dari diri sendiri sulit orang dewasa untuk belajar

      Hapus
  2. orang dewasa lebih efektif belajar dari pengalaman dan mengamati ya pk, daripada dengan diceramahi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali wong, begitulah cara efektif untuk memberikan pelajaran pada orang dewasa yaitu dengan pengalaman dan pengamatan

      Hapus
  3. orang dewasa belajar dengan waktu informal lebih enak, bertukar pandangan dengan pasangan lebih enak saat-saat menjelang tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap sekali bu min, aku juga sering dapat ilmu dari diskusi sebelum tidur bersama istriku

      Hapus
  4. saya pribadi lebih menikmati menjadi pengajar utk adult learners daripada yang anak2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang berusaha untuk menjadi pengajar tapi kalo belum mampu ya belajr, cz dua dua nya harus diusahakan

      Hapus
  5. Hmm... memang kerap orang menjadi dewasa karena pengalaman, terlebih lagi bila pengalamannya menyakitkan. Jadi semakin tertempa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pengalaman akan menambah kedewasaan

      Hapus
  6. belajar sampai kapanpun ya ,s ebagai orang tua juga kta terus belajar setiap hari, terima kasih atas kunjungannya ya. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali balajar dari buaian sampai keliang lahat, salam kenal kembali

      Hapus
  7. terima kasih atas pembelajarannya :)

    BalasHapus
  8. pengalaman yang ditata kembali. kena banget nih. masuk banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas pengalaman banget ni, semoga bermanfaat. trims

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...