Ranking

Rabu, 17 April 2013

BUKAN SALAH MEREKA....

BUKAN SALAH MEREKA....

Kesalahan yang terjadi pada setiap orang adalah suatu kewajaran. Bahkan manusia itu aslinya tempat lupa dan salah. Artinya setiap kita pasti melakukan kesalahan. Siapapun itu,,... selagi kita masih mengaku diri menjadi manusia. Kecuali kalo kita dah mengingkarinya.

Dalam keseharian sering kita jumpai, bahwa kesalahan itu begitu nampak di depan kita,. Entah kesalahan karena diri kita atau juga kesalahan yang dilakukan orang-orang yang ada disekitar kita. Yang mudah dan sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mencari kesalahan orang lain, artinya kalo ada yang salah itu berasal dari luar kita ( orang lain ). Jarang  kita temui orang yang mengaku dirinya bersalah. Apalagi jika perbuatannya disalahkan. pastinya akan mencari berbagai dalih untuk membenarkan kesalahan yang dilakukannya.

Siapa sich yang mau berbuat salah ? tentu gak ada kan  ? tapi jika saja tetap melakukan kesalahan mungkin saja saat itu  dia baru lemah. Bisa lemah fisik atau juga lemah imannya. Lalu bagaimana jika kita mengahadapi orang yang lagi begini ? apa yang harus kita lakukan? menyalahkan...? ataukah kita gak kasih maaf pada mereka itu ..?

Sebenarnya mengakui kesalahan itu sudah menunjukkan jiwa yang besar, akan tetapi memberi maaf pun juga membutuhkan jiwa yang lebih besar. Jadi hanya orang yang berhati besarlah yang mempunyai sifat seperti itu..




8 komentar:

  1. kadang maafkan org tu..tiba bila teringat dtg balik sakit hati tu..maafkan tapi mcm tak redha pulak...susah ye nak jaga hati ni..

    BalasHapus
  2. betul sekali, memberi maaf pun juga membutuhkan jiwa yang lebih besar. Memaafkan jauh lebih utama,dan memberi petujuh dan meluruskan akan kesalahan teman.

    BalasHapus
  3. smoga kita bisa jdi org yang berhati besar ya...

    BalasHapus
  4. .. pengen nya sich memaafkan. namun itu tak semudah apa yg di ucapkan. percuma aja memaavkan namun kalo orang itu tetep aja bikin sakit hati lagi. nach loch,, jika ada orang yg disakitin n disakitin berulang^ lalu memaavkan, itu hebat. Namun jarang sekali orang yg seperti itu di dunia ini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sangatlah berat untuk memaafkan orang lain, tapi punya apalah kita . Allah saja maha pemberi maaf..

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...