Ranking

Senin, 15 April 2013

KEDAMAIAN ITU BERMULA DARI KESEDERHANAAN

KEDAMAIAN ITU BERMULA DARI KESEDERHANAAN

Ali bin Ma'mun Al -"Abbasi adalah seorang amir putra Kholifah. Sejak kecil ia hidup dalam istana yang mewah dan semua kesenangan duniawi tersedia dengan mudah dan berlimpah. Suatu hari ia melonggokkan pandangannya dari balkon istana dan pandangannya tertuju pada seorang lelaki yang bekerja keras sepanjang hari, mulai pagi hari. Apabila matahari naik sepenggalahan, ia mengambil air wudhu' dan sholat dua rekaat dipinggir sungai Tigris. Bila mentari beranjak terbenam, ia pulang kerumah keluarganya. Pada suatu hari Ali memanggilnya dan menanyai orang tersebut, lalu ia menjawab bahwa dirinya mempunyai seorang istri, dua orang saudara perempuan, dan ibu yang harus diberinya makan dengan kerja keras. Ia mengatakan bahwa ia tidak punya persediaan makanan pokok dan tidak pula pemasukan, kecuali apa yang dihasilkannnya dari pasar sebagai kuli pengangkut barang dan bahwa dirinya senantiasa puasa setiap harinya. Bila mentari terbenam, ia berbuka dari hasil yang didapat dengan seadanya, sedang sisanya buat makan keluarganya. "Ali bertanya:"Apakah engkau pernah mengeluh tentang sesuatu?" Ia menjawab:" Alhamdulillah, saya tidak pernah mengalami keluhan apa pun."

Mendengar jawaban itu dan setelah merenungkannya, si amair pun pergi meninggalkan istana diam-diam dan meninggalkan baju keamirannya, lalu mengembara tanpa tujuan. Selang beberapa tahun kemudian ia dijumpai dalam keadaaan tidak bernyawa alias meninggal dunia. Disebutkan bahwa selama itu ia bekerja menjadi tukana kayu di Khurrasan. Ia melakukan tindakannya itu karena menemukan kebahagiaan dalam pekerjaannya ini yang tidak dapat dijmpainya di istana. "Adapun orang-orang yang mendapat petunjuk, maka Allah menambahkan petunjuk kepada mereka dan memberikan kepada mereka balasan ketaqwaannya."

1 komentar:

  1. .. orang yg slalu bersyukur itu memang indah. smoga aq menjadi salah satu orang yg slalu bersyukur. aamiin,, ..

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...