Ranking

Sabtu, 06 April 2013

JIUS OPO JIPING NIE ...?

JIUS OPO JIPING NIE ...?

Sobat semua pernah dengar kan kata jius atau juga jiping? oooaalah kalo yang itu sering donk. Ya kalo dah denger coba apa artinya ? hemmm mudah sekali JIUS itu kan Ngaji serius, kalao JIPING itu Ngaji kuping, betul kan?. He he  pinter kamu, trus maksudnya apa ya kok ada jius dan jiping?

Jius ( ngaji serius ) ini kalo yang ngaji itu tidak hanya mengandalkan satu indra saja, misalkan mata ataupun telinga tetapi melibatkan seluruh anggota tubuh untuk menerima info yang disampaikan sang pemateri, sehingga harapannya ilmu yang sudah disampaikan itu bisa berguna bagi dirinya dan orang lain. Itu harapannya. Makanya untuk jius ini juga susah, karena tentunya banyak kendala. Yang biasa ni kalo lagi ada ceramah pada ngantuk, karena terlalu lelah, atau juga ngantuk karena tidak mau berfikir, sehingga jauh dari harapan. Yang mestinya ngaji itu untuk kebaikan bersama akan tetapi malahan tidak mendapat apa-apa.

Sedangkan Jiping ( ngaji kuping ) ini hanya mengandalkan satu indra pendengaran saja. Banyak juga sih ini di daerah-daerah ditempat aku juga banyak. Jiping tidak buruk, betapapun ngaji itu tidak ada yang buruk, namun sob, karena kita itu manusia yang jauh dari sempurna sehingga jika hanya  mendengar saja akan sangat sedikit yang bisa kita terima. Lain halnya jika didukung dengan mencatat dengan tulisan ataupun juga dengan merekamnya sehingga bisa diputar ulang. Sehingga ilmu yang disampaikan itu bisa kita terima dengan maksimal.

Bagaimana ketika anda ngaji ??

4 komentar:

  1. sy seringnya denger cius mas... cius?? miapah???...nah yang itu!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo serius ya...tu kayaknya. Bhsa gaul mbak

      Hapus
  2. .. waduch,, istilah nya ada^ aja pak. he..86x. aq kira tuch nama alay vs nama makanan. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya maaf mbak, karena yang kutahu itu mungkin didaerah lain bisa nenjadi nama makanan ya..

      Hapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...