Ranking

Jumat, 30 Maret 2012

KENAPA SEBUAH PERKATAAN MENDAPAT PERHATIAN?


KENAPA SEBUAH PERKATAAN MENDAPAT PERHATIAN?

Sebagaimana kita ketahui bahwa definisi iman yang diberikan oleh ulama adalah, Keyakinan dalam  hati, perkataan dengan lisan dan amal dengan anggota badan". Jadi iman itu memiliki tiga aspek yakni keyakinan yang mantap dalam hati dan diikrarkan dengan lisan serta dibuktikan dengan amal. Allah melemparkan pernyataan retoris adalah aspek perkataan dan bukan kedua aspek yang lain. Hal ini memiliki beberapa hikmah yaitu:

1.    Karena perkataan adalah aspek yang paling mudah untuk ditampakkan seseorang. Yakni orang akan sangat mudah dan gampang untuk mengaku-ngaku mukmin dengan perkataan lisannya meskipun hatinya sangat membenci Islam dan menyimpan dendam kesumat terhadap kaum muslimin, sebagaimana orang-orang munafik yang digambarkan Allah bahwa mereka sangat mudah bersumpah dan memberikan kesaksian bahwa Tuhan mereka adalah Allah dan nabi mereka adalah Muhammad, tetapi mereka sangat berat untuk melakukan shalat sebagai bukti atas pengakuan lisannya bahwa mereka adalah mukmin.
2.    Seringkali penilaian sesaat bahwa seseorang itu baik atau buruk banyak didasarkan pada perkataan dan penuturannya. Disamping karena moment-moment tertentu seringkali kita dapatkan untuk mengenalseseorang hanya memungkinkan kita mengenalinya melalui perkataan dan penuturannya saja dan tidak memungkinkan kita untuk mengetahui banyak tentang amal perbuatan dan akhlaqnya. Karenanya aspek perkataan ini oleh Allah dipertegas agar kita tidak mudah terkecoh.
3.    Karena sebagaimana perintah agama,kita harus menilai seseorang berdasarkan dhahirnya sedang urusan batin adalah menjadi wewenang Allah, danditambah lagi dengan tuntunan syariat bahwasanya kita harus selalu berbaik sangkakepada setiap orang karena didasarkan pada asas praduga tak bersalah. Jadi kita harusmenilai seseorangberdasarkan dhahir dari perkataan dan penampilannya, dan agar kita tidak tertipu dengan semua itu maka Allah memberikan kriteria-kriteria tertentu untuk sebuah perkataan yang terbaik yang apabila salah satu criteria ini tidak terpenuhi berarti perkataan itu bukanlah perkataan yang terbaik bahkan bisa jadi perkataan yang hina.
           Wallahu a'lam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...