Ranking

Rabu, 07 Maret 2012

Manusia simpatik….


Manusia simpatik….


Termasuk kebahagiaan seseorang adalah kemampuannya untuk merebut hati orang lain dan menarik simpati mereka. Ibrahim AS pernah berkata dalam doanya sebagaimana yang disebutkan dalam firman Nya: ” Jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian.”(QS 26:84).


Dalam sebuah hadits shahih disebutkan “Kalian adalah saksi-saksi Allah yang ada di muka bumi”. Dalam sebuah pepatah dikatakan bahwa lisan makhluk adalah pena kebenaran.

Di antara sikap yang dapat meraih kecintaan orang lain adalah menampilkan wajah yang cerah, kata-kata yang lembut, dan pekerti yang penuh dengan toleran. Sesungguhnya di antara faktor yang paling kuat untuk mengais hati orang lain agar simpatik kepada anda ialah sikap lemah lembut. Oleh karena itu Nabi pernah bersabda : “Tidaklah sekali-kali kelembutan diberikan kepada sesuatu, melainkan akan menghiasi penampilannya; dan tidaklah sekali-kali kelembutan dicabut dari sesuatu, melainkan akan memperburuk penampilannya.”

Dalam kesempatan  yang lain beliau pernah bersabda:” Barangsiapa yang tidak dikaruniai kelembutan, berarti  tidak akan memperoleh kebaikan barang sedikit pun.

Salah seorang yang bijak mengatakan : ”Dengan sikap yang lembut, ular dapat dikeluarkan dari liangnya.”

Orang –orang Barat mengatakan: ” Ambillah madunya, tetapi jangan kau rusak sarangnya.”

Dalam sebuah hadits shahih lain disebutkan: “ Orang mukmin itu bagaikan lebah, yang dimakannya baik dan yang dikeluarkannya baik pula; bila hinggap pada ranting, ia tidak mematahkannya.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...