Ranking

Selasa, 06 Maret 2012

OBAT STRES


Stres………


Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.


Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka. 


Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukkan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Cara menghindarkan stress  :
Jangan selalu tergantung pada orang lain

  1. Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau membicarakan anda
  2. Jangan selalu mengingat kesalahan masa lalu, perasaan bersalah dan penyesalan yang dalam dapat mempersulit, karena menguras segenap pikiran dan tenaga.
  3. Jangan menyimpan kemarahan dan frustasi, utarakan dan bicarakan dengan orang lain yang bertanggung jawab atas terjadinya hal tersebut.
  4. Luangkanlah waktu setiap hari, mulailah kegiatan baru
  5. Jangan menjad pengendara agresif. Mengalah pada “setan jalan”. Jalankan kendaraan dengan sikap mengalah
  6. Jangan menyimpan rasa dengki dan cemburu, rasa dengki memakan energi
  7. Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Tindakan tersebut menjurus pada Kesalahan-Penyesalan-Stress.
Nah, jika anda mengalami stres cobalah resep ini, semoga terobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...