Ranking

Sabtu, 17 Maret 2012

PENUTUP PINTU TAUFIK


PENUTUP PINTU TAUFIK

Pintu taufik tertutup bagi manusia dari enam hal, ini menurut pendapat Syaqiq Ibn Ibrahim. Enam hal tersebut adalah :

1.   Tidak bersyukur terhadap nikmat. Terlalu  banyak nikmat pemberian Allah pada kita, bahkan kalau kita hitung  tak mampu menghitungnya satu persatu. Akan tetapi sedikit sekali yang mau mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan, masih banyak yang mengkufurinya.

2.   Mencintai Ilmu tanpa melaksanakannya.  Tidak sedikit orang yang mencari ilmu, mempunyai ilmu bahkan mencintai ilmunya itu. Namun ilmu yang tidak diamalkan apalah artinya. Ibarat pohon yang tak ada buahnya.

3.   Berbuat dosa dan mengakhirkan tobat. Manusia sering kali lalai sehingga yang dilakukannya adalah dosa. Baik dosa kecil ataupun yang besar. Namun demikian kita jangan terlalu pesimis karena Allah Maha Pengampun. Yang akan mengampuni segala dosa dan kesalahan kita semua asalkan kita mau bertobat. Masalahnya sekarang banyak yang melakukan dosa tetapi tidak segera tobat malah terkesan mengakhirkan tobatnya. Padahal kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput.

4.      Bersahabat dengan orang sholeh tetapi tidak meneladaninya. Pergaulan membutuhkan contoh. Contoh yang baik dan yang buruk semua ada dihadapan kita, tinggal bagaimana kita bisa memilihnya. Salah pilih dalm pergaulan akan berakibat fatal. Tetapi  tidak dengan pergaulan yang baik yang senantiasa bersahabat dengan orang sholeh, kita akan banyak mendapat manfaatnya. Ini ibarat orang yang dekat dengan penjual minyak wangi.


5.    Mengakui rendahnya dunia tetapi mencarinya. Dunia artinya dekat. Dekat bisa diartikan juga rendah, tetapi banyak orang yang terlena karena dekatnya itu, padahal masih ada yang lebih tinggi nilainya jika dibandingkan dengan semuai itu.

6.    Mempercayai akhirat tetapi meremehkannya. Akhirat kampung terakhir kita semua, banyak yang percaya akhirat namun tidak sedikit masih saja ada yang meremehkannya. Sehingga amalan-amalan yang bernilai akhiratpun diremehkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...