Ranking

Senin, 21 Mei 2012

HIKMAH DARI MUSIBAH


HIKMAH DARI MUSIBAH

Siapapun tak pernah mau jika musibah menimpa pada dirinya, keluarganya ataupun kerabat dan orang-orang yang dicintainya. Namun demikian karena musibah adalah kehendak Yang Maha Kuasa, maka tidak bisa dihindarkan oleh siapapun.

Musibah yang ditimpakan Allah kepada kita seolah hanya kerugian, kesedihan, dan kesengsaraan bahkan tidak ada manfaatnya sama sekali. Itu pandangan kita manusia ketika memandang sebuah musibah. Akan tetapi jika kita perhatikan lebih cermat lagi ternyata musibah yang datang dari Allah ini banyak mendatangkan hikmah,  diantaranya :

Yang pertama, musibah akan memunculkan do’a penghambaan diri yang selama ini terpendam. Seseorang diantara ahli hikmah mengatakan: “Mahasuci  Allah yang telah memunculkan do’a melalui musibah yang menimpa diri hamba yang bersangkutan.” Para ulama menyebutkan sebuah atsar sehubungan dengan hal ini, yaitu bahwa sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada seorang hamba shalih diantara hamba-hamba Nya, lalu Dia berfirman kepada para malikatnya :” Aku ingin mendengar suara rintihannya,”yakni melalui do’a dan permintaannya yang mendesak.

Yang kedua, musibah dapat mematahkan keliaran nafsu diri dan kesesatannya, karena Allah swt telah berfirman : ”Ketahuilah, sesungguhnyamanusia benar-benar melampaui batas,karena dia melihat dirinya serba cukup.” ( QS. 96 : 7 )

Yang ketiga, musibah akan menggugah kesadaran manusia untuk memberi kasih sayang dan simpati serta mendo’akan kebaikan kepada orang yang tertimpa musibah. Demikian itu karena sesungguhnya manusia mempunyai kecenderungan bersatu diantara sesama mereka untuk mengasihi orang yang tertimpa musibah dan memberikan santunan  kepadanya.

Yang keempat, musibah dapat menghindarkan yang bersangkutan dari musibah lain yang lebih parah, karena apa pun musibah yang menimpanya masih ada musibah lain yang lebih besar daripadanya.

Yang kelima, musibah menjadi penghapus terhadap dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang bersangkutan dan juga membawa pahala dan imbalan dari Allah swt baginya.

Apabila kita menyadari bahwa seperti itulah hikmah dari musibah, niscaya akan terhibur, merasa senang, tidak terkejut ataupun putus asa karenanya. Allah swt telah mengingatkan “ Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersaAbarlah yang akan dicukupkan pahala tanpa batas.” ( QS. 39:10 )

4 komentar:

  1. "Yang kelima, musibah menjadi penghapus terhadap dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang bersangkutan dan juga membawa pahala dan imbalan dari Allah swt baginya." aku malah jdi bingung, ini bisa nambah pahala gimana ceritanya ya?

    BalasHapus
  2. menambah pahala karena kesabaran kita mas hadi, dengan kesabaran itulah Allah akan menambahi pahala pada kita yang tertimpa musibah.

    BalasHapus
  3. allah maha hikmah semua diksih hikmahnya

    BalasHapus
  4. betul sekali Allah Maha Segala galanya, setiap kejadian akan membawa hikmah

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...