Ranking

Jumat, 11 Mei 2012

TANDA – TANDA CINTA..


TANDA – TANDA CINTA..

Sob,

Tahu gak sich kamu apa yang dirasakan ketika orang baru jatuh cinta? Wooo.... pasti semua sudah merasakannya, ya kan? . Jujur saja tanda-tanda yang kita rasakan saat merasakan cinta, baik cinta pada Allah maupun kepada selain Allah, adalah  SAMA. Tanda-tanda bahwa kita mencintai sesuatu seperti selalu mengingat, mengagumi, rela, siap berkorban, ada rasa takut ditinggalkan atau senantiasa berharap akan kehadirannya muncul pada perasaan-perasaan orang yang mencintai.

Baiklah sob, akan kita ngebahas tanda-tanda itu satu persatu saja biar jelas, okey....

Mari kita simak tanda yang pertama, yaitu banyak mengingat ( Katsroh adz dzikr ).

Sob, masih ingat kan beberapa tahun yang lalu ada sebuah syair seperti ini:

                Aku mau makan, ingat kamu
                Aku mau tidur, ingat kamu
                Aku mau belajar, ingat kamu

Yup, karena cinta dan proses hormonalnya adalah kerja otak –seperti penelitian si Bartels kemarin maka banyak mengingat ini dilakukan oleh seseorang yang jatuh cinta atau dalam perilaku mencintai.

Karena mencintai yang lain selain Allah  kita bisa benar-benar lupa pada hal hal lain karena kita sibuk mengingatnya. Nah,  kalau menganalisa lagi penelitiannya, ketika relawan yang diteliti otaknya ditandai dengan alat pemindai, ia sedang mengingat seseorang yang dicintainya kan? Nah,apa efeknya? Ups, ternyata efeknya jelek banget, menurunkan kecerdasan. Ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah sirkulasi darah ke otak berkurang baanyak, dalam hal ini bagi otak ini hanya berarti satu: aktivitas sel-sel otak menurun dan kecerdasanpun menurun.

Tetapi ketika kita mengingat Allah dengan berdzikir, apa yang terjadi?. Penelitian yang dilakukan oleh F.N Pits Jr dan J.N Mc.Lure dari Washingthon University menyimpulkan bahwa dzikir jiwa atau relaksasi mengakibatkan konsumsi oksigen menurun dan produksi gelombang alpha seimbang, sehingga terjadi penurunan lactate darah, yaitu zat yang diproduksi oleh metabolisme urat saraf, sehingga seseorang menjadi TENANG, terhindar dari rasa takut, khawatir, sedih, bingung (PSIKOMATIK). Kemudian penelitian yang dilakukan David R Frew yang dimuat dalam academy of Management Journal 17 no 2 tahun 1974 di Amerika Serikat menyatakan bahwa terjadi produktifitas otak yang meningkat pada orang yang melakukan DZIKIR jiwa atau RELAKSASI.

Beda banget khan?!

Persis apa yang sudah difirmankan Allah dalam surat Al Anfal ayat 2 :”Sesungguhnya yang orang-orang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah ( mengingat Nya), gemetarlah hati mereka, dan bila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Nya, maka bbertambahlah iman mereka karenanya dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal.

3 komentar:

  1. ”Sesungguhnya yang orang-orang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah ( mengingat Nya), gemetarlah hati mereka ..." wah aku kok ga gemetar ya :O

    BalasHapus
  2. Talking bout love is always interesting :)

    Cinta paling hakiki ya cinta sama Allah. Takkan kecewa sebesar apapun cinta kita padaNya. Makin besar cinta pada Allah, makin bahagia :)

    BalasHapus
  3. Sip Mas..., saya setuju...
    Cinta kepada Allah banyak mendapat manfaat....

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...