Ranking

Sabtu, 05 Mei 2012

MENGOPTIMALKAN PENDENGARAN UNTUK MENDAPATKAN PENGETAHUAN..


MENGOPTIMALKAN PENDENGARAN UNTUK MENDAPATKAN PENGETAHUAN..

Mendengar merupakan piranti terpenting untuk mendapatkan ilmu. Tidak hanya itu, denga mendengar kita bisa meredam emosi orang, mnarik simpatinya dan mengatasi berbagai problem yang sedang kita hadapi atau yang sedang dihadapi orang lain yang ada di sekeliling kita. Tetapi anehnya banyak diantara kita yang lebih senang untuk banyak bicara dibanding mendengar. Ada perlunya bila kita merenungkan ucapan Abu Darda’:” engkau harus berbuat  adil terhadap kedua telingamu. Sesungguhnya Allah telah menciptakan untukmu dua telinga dan satu mulut agar engkau lebih banyak mendengar daripada berbicara.”

Berikut ini beberapa tknik untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan agar banyak mendapatkan ilmu dan informasi yang penting;

Tataplah mata orang, selagi ia berbicara memberikan pelajaran ataupun ceramah jangan sampai engkau terusik oleh gangguan apapun juga. Al Mubarrid bertutur:” Mendengar itu dengan tatapan mata’”. Maka jika kita melihat tatapan mata orang yang berbicara dengan kita itu tertuju kepada kita, maka berarti orang itu mendengarkan dengan baik dan serius apa yang kita kemukakan kepadanya.

Usahakanlah bebas dari gangguan, jangan sampai di saat mendengarkan pelajaran atau pengajian ada suara-suara yang mengganggu sehingga kita tidak bisa menerima pelajaran dengan optimal.

Bersabarlah!, dengarkanlah pelajaran hingga selesai, jangan sampai mengantuk atau ngobrol sendiri karena merasa jenuh mendengarkan. Karena kalau kita bersabar dalam memndengarkan hingga selesai tentunya ilmu dan informasi penting akan kita peroleh semakin banyak.

Bukalah pikiran anda, Ingat bahwa anda mendengarkan pembicaraan untuk mendapatkan ilmu dan informasi penting darinya. Memang ilmu itu bisa salah menurut anda, atau gagasannya berbeda denagn gagasan anda,atau informasinya berbeda dengan apa yang anda peroleh dari sumber lain, tetapi anda harus tetap mendengarkan dan jangan menyela pembicaraan. Bila ada tanya jawab sampaikan gagasan, dan informasi yang anda miliki.

Hargai isinya, bukan cara penyampaiannya. Dalam sebuah Atsar” Perhatika apa yang dibicarakan dan jangan memperhatikan siapa yang membicarakan.”Tetapi  hal ini tidak menafikan pentingnya memiliki kemampuan retorika yang menarik ketika berbicara didepan umum.

Turunkan senapan, seringlkali pendengar menghabiskan seluruh waktunya untuk memikirkan cara membatah si pembicara dan lalai untuk memndengrakan apa yang sedang dia bicarakan. Jika anda bersedia mengendalikan egao dan menurunkan senapan anda mungkin anda bisa mendapatkan sesuatu yang betul-betul baru dan berharga.

Belajarlah mendengarkan sesuatu yang tersirat, seringkali anda bisa mengetahui lebih jauh lewat apa yang tidak dikatakan oleh orang lain daripada melalui apa yang dikatakannya.pembicaraan tidak selalu mengekspresikan semua yang ia pikirkan ke dalam kata-kata. Perhatikan perubahan nada dan volume suaranya,kadang-kadang anda bisa memndapatkan maksud yang nyata-nyata bertentangan dengan ucapannya. Perhatikan ekspresi wajah, sopan santun, gerakuan tubuh, serta isyarat-isyarat tangan. Menjadi pendengar yang baik berarti harus memakai mata dan sekaligus telinga anda.

7 komentar:

  1. manusia memang suka didengar sebab ia berkarakter suks kelu kesah. jika sikap keluh kesahnya bisa dikelola dengan baik maka ia akan naik peringkat suka mendengarkan.

    BalasHapus
  2. betul bu, mudah-mudahan saja kita termasuk orang-orang yang senang mendengarkan jadi banyak hal yang kita dapatkan

    BalasHapus
  3. yaiy..dengan mendengar kita jadi banyak ilmu^^
    ihi..

    BalasHapus
  4. tapi jangan dengar gosip ya sob,, gak baik tu,, hihihihihi

    kunjungan perdana sob, salam kenal :D

    BalasHapus
  5. betul sekali himi, banyak yang kita dapat asalkan serius dalam mendengarkannya

    BalasHapus
  6. yah.. pilih pilih berita mana yang bisa banyak membawa manfaat natur, trims kunjungannya

    BalasHapus
  7. Kata orang bijak sedekah kuping sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan... (???)

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...