Ranking

Jumat, 25 Mei 2012

JANGAN TAMAK DALAM MENCARI RIZKI


JANGAN  TAMAK  DALAM  MENCARI  RIZKI

Sungguh Mahasuci Allah Yang Memberi rizki. Dialah yang memberi rizki cacing di dalam tanah, ikan di dalam air, burung di udara, semut yang ada di lubang yang gelap dan ular yang ada diantara  bebatuan yang besar dan liang persembunyiannya.

Ibnul Jauzi telah menceritakan suatu kisah yang mengandung faidah lembut, yaitu seekor ular buta yang tinggal di puncak pohon kurma dan seekor burung pipit yang biasa datang kepadanya dengan membawa secuil daging untuk diletakkan di mulut ular itu. Apabila telah berada di dekatnya, burung pipit mengepak-ngepakkan sayapnya seraya mengeluarkan suara kicauan, maka ular pun mengangakan mulutnya dan burung pipit meletakkan daging itu ke mulutnya. Mahasuci Allah yang telah menundukkan burung pipit untuk memberi makan ular tersebut. “Dan tiadalah burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan mereka sebagai makhluk seperti halnya kalian.” ( QS . 6 : 38).

Sehubungan dengan hal tersebut seorang penyair mengatakan :

Jika kaulihat ular menyemburkan racunnya
            Tanyakan kepadanya
“Siapakah yang memberimu racun itu”
Tanyakan pula kepadanya:
“Hai ular, bagaimana engkau bisa hidup, padahal racun itu ada di mulutmu?”

Dahulu Maryam rizkinya datang kepadanya di mihrabnya setiap pagi dan petang. Ketika ditanyakan kepadanya :” Hai Maryam , dari manakah kamu dapatkan makanan ini?” Maryam menjawab : “Dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah memberi rizki siapa yang dikehendaki Nya tanpa batas.”

6 komentar:

  1. jangan tamak, kikir dan bakhil

    BalasHapus
  2. bener banget sobat, gak ada enaknya juga jadi orang tamak :)

    BalasHapus
  3. tamak itu sifat syaitan, dan sangat digemari oleh manusia untuk menjadi kaya dengan cepat..hehe

    BalasHapus
  4. semoga saja kita semua di jauhkan dari sifat itu.......

    BalasHapus
  5. dengan demikian, betapa bahagianya menyandarkan sepenuh jiwa kepada-Nya

    BalasHapus
  6. setuju! jangan tamak dalam mencari rizki, sadar gak sadar kadang kita lebih berorientasi ke dunia dan ngelupain akhirat. nice post kakak! :)

    BalasHapus

 ZAITUN ( Zaman Akhir Ini Untuk Ngaji )   Salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan pada zaman kita saat ini adalah rendahnya semangat d...